PHRI Malang berharap sektor perhotelan kembali pulih saat libur akhir tahun - WisataHits
Jawa Timur

PHRI Malang berharap sektor perhotelan kembali pulih saat libur akhir tahun

MALANG, Jawa Timur (ANTARA) – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang berharap sektor perhotelan di wilayahnya bisa pulih setelah dilanda pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu.

Ketua PHRI Kota Malang Agoes Basoeki di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan, diharapkan seluruh sektor perekonomian di daerah juga bisa bergerak di libur akhir tahun 2022 dan mencapai hasil yang maksimal setelah diberkahi oleh Pandemi di masa lalu. tahun.

“Kami berharap dapat benar-benar menuai hasilnya pada akhir tahun. Semua sektor ekonomi termasuk artis dan musisi bisa mencapai hasil yang maksimal,” kata Agoes.

Agoes berharap, hingga akhir tahun sejumlah sektor ekonomi di wilayah Kota Malang dapat memberikan dampak positif bagi kedatangan wisatawan yang berlibur selama periode tersebut.

Menurutnya, sektor perhotelan saat ini sedang membaik ditandai dengan peningkatan okupansi hotel di kawasan tersebut pada weekdays dan weekend.

“Okupansi weekday berkisar antara 40 hingga 50 persen, cukup tinggi hingga 60 persen. Kalau akhir pekan bisa mencapai 80 sampai 90 persen bahkan beberapa hotel sudah penuh,” ujarnya.

Ditambahkannya, salah satu pilar hunian hotel di Kota Malang adalah banyaknya kegiatan MICE (Meetings, Incentives, Conferences and Exhibition). Penyelenggaraan pertemuan yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta memberikan dampak positif bagi industri perhotelan.

“Selain itu, ada juga acara pernikahan, termasuk wisata. Hotel-hotel di kawasan cagar budaya Kayutangan ramai di akhir pekan,” katanya.

Saat ini belum ada peningkatan signifikan tingkat pemesanan kamar saat liburan akhir tahun. Turis biasanya memesan kamar hotel pada pertengahan Desember.

“Belum ada (lonjakan) pesanan, masih dalam kondisi normal. Namun, ada yang sudah memesan, acara sudah berlangsung. Sampai akhir tahun masih di kisaran 20-30 persen,” ujarnya.

Berdasarkan catatan PHRI Kota Malang, sektor perhotelan di wilayah tersebut membaik pada periode Oktober-November 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sektor perhotelan di kawasan Kota Malang disebut diuntungkan setelah dilanda pandemi wabah akibat penyebaran virus Corona beberapa waktu lalu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button