18 Tempat Wisata Bengkulu Paling Populer Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

18 Tempat Wisata Bengkulu Paling Populer Yang Wajib Dikunjungi

Pemandangan & Tengara di Bengkulu Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Kata “Bengkulu” sendiri berarti “Pantai Barat”, karena posisi tepatnya provinsi ini berada di barat daya Sumatera. Bengkulu sendiri merupakan salah satu daerah yang menerapkan ajaran Islam dengan pendekatan yang cukup ketat dan disiplin.

Bahkan, cara berpakaian Bengkulu kini diatur dalam Raperda. Namun, peraturan tersebut tidak dimaksudkan untuk menjadi buruk, tetapi untuk menjaga harkat dan martabat masyarakat itu sendiri dengan mewajibkan mereka untuk berpakaian rapi dan bijaksana. Bengkulu sendiri memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan dikenal luas oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Destinasi wisata di Bengkulu

Berikut Wisataseru.com yang merangkum daftar tempat wisata di Bengkulu terpopuler yang wajib dikunjungi saat mengunjungi provinsi yang dulunya merupakan pengasingan Bunga Karno:

1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah pengasingan bersejarah Bung Karno di BengkuluRumah pengasingan bersejarah Bung Karno di Bengkulu

Akibat tindakannya yang blak-blakan melawan penjajah Belanda, Bung Karno beberapa kali diasingkan. Termasuk di Bengkulu dimana ia kemudian menikah dengan Ibu Fatmawati. Untuk memasuki tempat wisata bersejarah yang terletak di desa Aggut ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500,- saja.

2. Pantai Panjang

Tempat Wisata Pantai Panjang BengkuluTempat Wisata Pantai Panjang Bengkulu

Dari pusat kota Bengkulu, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai destinasi wisata favorit ini. Berlokasi di Jalan Pesisir Pantai Panjang, pengunjung tidak akan dikenakan biaya untuk masuk ke Pantai Panjang atau gratis. Sedangkan fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari restoran hingga toilet umum.

3. Benteng Marlborough

Tempat Wisata Bersejarah Benteng Marlborough BengkuluTempat Wisata Bersejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Tempat wisata yang terletak persis di seberang Pantai Panjang ini menjadi saksi bisu konflik antara dua kekuatan kolonial Indonesia, yakni Belanda dan Inggris. Pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500,- untuk dapat memasuki benteng ini. Di sini ada banyak spot foto menarik dari bangunan bergaya Inggris tersebut.

4. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi via Instagram.com @pesonabengkuluPantai Tapak Paderi via Instagram.com @pesonabengkulu

Hanya 100 meter dari Pantai Panjang dan Benteng Marlborough terdapat Pantai Tapak Paderi yang pada masa penjajahan Belanda di Bengkulu menjadi pelabuhan utama. Menikmati sunset menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Pengunjung juga tidak dipungut biaya sepeser pun untuk menghabiskan waktu di pantai yang indah ini.

5. Danau balas dendam belum

Lokasi telaga balas dendam belum jadi BengkuluLokasi telaga balas dendam belum jadi Bengkulu

Destinasi wisata ini tidak seseram namanya, kok. Termasuk dalam kawasan cagar alam, danau ini masih sangat alami dan belum terjamah oleh campur tangan manusia. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau dan pepohonan secara gratis. Sayangnya tidak ada fasilitas pendukung yang memadai, sehingga agak merepotkan.

6. Danau Mas Harun Bastari

Pemandangan & Tengara di Danau Mas Harun Bastari BengkuluPemandangan & Tengara di Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

Terletak di Kabupaten Rejanglebong, tempat wisata air ini menawarkan pemandangan danau yang dikelilingi perbukitan. Dengan tiket masuk seharga Rp 10.000,- pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam di sekitar danau yang sayang jika tidak digunakan untuk berfoto. Fasilitas pendukungnya lengkap, mulai dari toilet hingga penginapan.

7. Pulau Tikus Bengkulu

Menuju ke Pulau Tikus BengkuluMenuju ke Pulau Tikus Bengkulu

Pulau ini merupakan pulau tersendiri di sebelah barat Bengkulu. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus menggunakan speedboat atau perahu nelayan. Biasanya perjalanan ke pulau ini diatur oleh agen perjalanan dengan tarif Rp 150.000,-. Anda bisa bermain pasir, berenang, dan snorkeling di pulau ini.

8. Kebun Stroberi

Kebun stroberi melalui MildainiKebun stroberi melalui Mildaini

Berlokasi di Kota Curup, destinasi agrowisata ini dibandrol dengan harga Rp 7.500,- untuk anak-anak dan Rp 10.000,- untuk dewasa. Di sini pengunjung bisa mencicipi strawberry segar, memetik sendiri, lalu membawanya pulang dengan harga Rp 8.000,- hanya per ons. Fasilitas penunjang berupa toilet umum untuk pengunjung.

9. Air Terjun Curup

Objek Wisata Alam Air Terjun Maung (Curup Maung)Objek Wisata Alam Air Terjun Maung (Curup Maung)

Juga di Curup, ada objek wisata alam yang cocok untuk dikunjungi saat musim kemarau tiba, yaitu Air Terjun Curup. Tanpa membayar tiket masuk, pengunjung bisa langsung menikmati keindahan alam air terjun yang dibawahnya terdapat danau dangkal. Meski cukup populer, belum ada fasilitas umum seperti toilet.

10. Kebun Teh Bukit Daun

Tempat Wisata Kebun Teh Bukit Daun BengkuluTempat Wisata Kebun Teh Bukit Daun Bengkulu

Sebagai wilayah dengan struktur pegunungan, Bengkulu memang cocok menjadi penghasil teh. Salah satu perkebunan teh yang terkenal adalah Bukit Daun dan terletak di Curup. Agrowisata ini milik PT. Teh Dandang dan terbuka untuk umum secara gratis. Fasilitas lain yang tersedia adalah toilet umum.

11. Pantai Jakarta

Pantai Jakat via SunflowordsPantai Jakat via Sunflowords

Hanya 1 km dari pusat kota Bengkulu, wisatawan akan datang ke Pantai Jakat yang juga merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, namun dikenakan biaya parkir mulai Rp 2.000,- tergantung jenis kendaraan. Wahananya cukup lengkap yaitu banana boat, jet ski dan boat.

12. Pusat Makanan Khas Bengkulu

Pusat Makanan Khas Bengkulu via RajawalimediaPusat Makanan Khas Bengkulu via Rajawalimedia

Terletak di perempatan lima Suprapto, destinasi wisata kuliner unik ini akan memanjakan lidah pengunjung. Aneka makanan khas Bengkulu mulai dari lontong hingga lempuk hingga kerupuk tersedia untuk memanjakan lidah wisatawan. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 3000,- pengunjung cukup menikmati berbagai menu yang ditawarkan.

13. Kampung Cina Kuno Bengkulu

Kampung Cina Kuno Bengkulu via PinterestKampung Cina Kuno Bengkulu via Pinterest

Pemerintah Kota Bengkulu menjaga kelestarian Pecinan yang terletak di sebelah selatan Benteng Marlborough ini. Wisatawan tidak dikenakan biaya apapun saat mengunjungi salah satu kawasan tertua di Bengkulu ini. Disarankan untuk berkunjung selama perayaan Tahun Baru Imlek karena selalu ada pesta meriah yang terbuka untuk umum.

14. Sungai Berau

Wisata Alam Sungai Berau BengkuluWisata Alam Sungai Berau Bengkulu

Terletak di kota Muko-muko, sungai dengan air yang sangat jernih ini menjadi tujuan wisata favorit untuk dijadikan arena arung jeram. Wisatawan tidak dikenakan biaya jika hanya berjalan di sekitar sungai dimana ikan-ikan kecil di sungai dapat terlihat dengan jelas dari permukaan. Fasilitas umum yang tersedia berupa toilet saja.

15. Air Terjun Suban

Air Terjun SubanAir Terjun Suban

Tidak jauh dari Kota Curup, terdapat destinasi wisata alam yang indah, yaitu Air Terjun Suban. Wisatawan bisa mandi langsung di sungai yang mengalir tepat di bawah pancuran air terjun. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, Rp 10.000,- untuk dewasa dan Rp 5.000,- hanya untuk anak-anak.

16. Museum Negeri Bengkulu

Tempat Wisata Museum Negeri BengkuluTempat Wisata Museum Negeri Bengkulu

Berlokasi di Jalan Harapan Pembangunan No. 08, museum rumah adat Bengkulu bergaya etnik ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 untuk umum. Tiket masuknya juga sangat murah, hanya Rp 2.000,- untuk anak-anak dan Rp 3.000,- untuk dewasa. Di sini, pengunjung dapat merasakan sejarah Bengkulu.

17. Pantai Teluk Sepang

Tempat Wisata Pantai Teluk Sepang di BengkuluTempat Wisata Pantai Teluk Sepang di Bengkulu

Terletak di desa Teluk Sepang, pantai ini disebut sebagai permata tersembunyi Bengkulu oleh para pelancong. Karena keberadaannya belum terlalu populer di kalangan wisatawan dan belum ada tindakan eksplorasi dari pemerintah. Tidak dipungut biaya, pengunjung bebas menikmati keindahan alam dan keunikan pepohonan di sekitarnya yang condong ke arah laut.

18. Bukit Kaba

Tempat Wisata Alam Bukit Kaba BengkuluTempat Wisata Alam Bukit Kaba Bengkulu

Jika Anda menyukai panjat tebing, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukannya di Bukit Kaba yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong. Anda akan disambut lintasan terjal selama beberapa jam kemudian sampai di lokasi kawah tiga mata. Untuk pendakian, wisatawan tidak akan dikenakan biaya apapun.

Penutupan

Demikian ulasan rekomendasi tempat wisata di Bengkulu terbaik yang wajib dikunjungi saat liburan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda bersama keluarga tercinta.

Kunjungi juga: 19 Pantai Terbaik Di Bengkulu

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button