Pesona Pantai Klayar Pacitan yang kerap menjadi tujuan wisata - WisataHits
Jawa Tengah

Pesona Pantai Klayar Pacitan yang kerap menjadi tujuan wisata

AKURAT.CO Tak hanya dikenal sebagai kota seribu gua, Pacitan juga dikenal dengan keindahan pantainya, salah satunya adalah Pantai Klayar. Pantai pasir putih dan air biru jernih ini selalu menjadi tujuan wisata populer bagi warga sekitar Pacitan dan luar daerah lain, bahkan wisatawan mancanegara.

Keindahan Pantai Klayar bisa menyedot perhatian, apalagi saat musim liburan tiba. Pantai ini diapit di kanan dan kirinya oleh dua batu karang. Untuk menciptakan eksotisme alam yang dapat melengkapi indahnya panorama Pantai Klaya. Ombak yang menerjang pantai selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang keindahan Pantai Klayar, ada baiknya kita mengetahui asal usul nama Pantai Klayar. Menurut berbagai sumber, nama Pantai Klajar berasal dari cerita masa lalu yang terjadi di pantai ini.

Baca juga:

Menurut cerita yang beredar, sebuah kapal dikabarkan terdampar di pantai setelah berjuang melawan amukan ombak. Klayar sendiri berasal dari istilah glayar, yang dalam bahasa Jawa berarti kondisi perahu yang terombang-ambing diterpa ombak yang tinggi. Begitulah Pantai Klayar kemudian diberi nama.

Namun ada juga orang yang mengatakan bahwa nama Pantai Klayar berasal dari kata kluyar-kluyur yang berarti berjalan. Ada juga beberapa cerita lain yang menceritakan tentang asal usul Pantai Klayar. Apapun itu, yang jelas pantai Klayar dikenal sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Daya tarik yang dihadirkan Pantai Klajar
Pesona Pantai Klayar Pacitan yang kerap menjadi tujuan wisata - foto 1
Instagram/@ragel_wurong

Selain dua batu besar tersebut, Pantai Klayar juga dihiasi pepohonan rindang nan hijau di sepanjang tepian pantai. Biasanya digunakan pengunjung untuk berteduh atau sekedar piknik menikmati semilir angin laut. Tak hanya cantik, ternyata Pantai Klayar juga menyimpan sejuta cerita dan keunikan seperti seruling laut.

Seruling laut sendiri berbentuk seperti lubang di tengah-tengah batu karang yang berbunyi seperti seruling saat dihantam ombak. Selain itu juga disertai dengan keluarnya air dari lubang tersebut. Keunikan lainnya adalah gugusan karang yang mengapit Pantai Klayar, yang konon bentuknya menyerupai patung Sphinx di Mesir.

Tentunya Pantai Klajar dengan keunikannya menambah daya tariknya untuk dikunjungi. Pantai Klajar mendapat banyak kunjungan setelah berbagai fotonya dibagikan di media sosial. Hal ini membuat orang penasaran dan berbondong-bondong menikmati keindahan Pantai Klayar. Pantas saja Pantai Klayar di Pacitan disebut sebagai surga tersembunyi.

Hamparan pasir pantai yang luas akan memanjakan mata Anda setelah seminggu beraktivitas berat. Tidak ada salahnya menggunakan Pantai Klajar sebagai sarana dan tempat penyembuhan, agar tubuh dan pikiran menjadi segar kembali.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button