Kampanye MangroveMagz untuk melindungi mangrove di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Kampanye MangroveMagz untuk melindungi mangrove di Indonesia

“Cukup mengetahui apa itu mangrove, apa manfaatnya, dan membeli produk yang terbuat dari tumbuhan ini akan membantu upaya konservasi mereka,” kata Efendi mengutip berita dari jurnalis lepas Ainur Rohmah yang dirilis pada Jumat (15/7) oleh IJNet.org. diterbitkan.

perubahan perspektif

Kisah Hani Ristiawan, misalnya, menceritakan pengalamannya menjelajahi hutan mangrove purba di Cagar Alam Leuweung Sancang, Garut, Jawa Barat. Ia menemukan hutan bakau yang masih belum terjamah dan menampilkan ekosistem flora dan fauna endemik yang menakjubkan.

Ada juga cerita dari Sari Poncowati tentang kunjungannya ke Mangunharjo, sebuah desa di pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah. Dalam beberapa dekade terakhir, kawasan ini telah mengalami perusakan besar-besaran hutan bakau melalui konversi lahan. Kini, selain abrasi yang terus meningkat, budidaya mangrove juga digalakkan di kawasan ini.

Kerusakan mangrove terus terjadi di Indonesia, seiring dengan pembangunan pesisir yang masif, menurut Priyono. Hal ini disertai dengan kurangnya informasi dan komunikasi tentang pentingnya mangrove. “Jadi masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang konservasi mangrove,” kata Priyono yang juga editor di MangroveMagz. “Itulah sebabnya MangroveMagz mencoba mengisi kesenjangan informasi ini.”

Sri Weni, seorang pembaca MangroveMagz, mengatakan outlet tersebut membantu meningkatkan pengetahuannya tentang mangrove dan manfaatnya. “Sekarang saya tahu seberapa parah kerusakan mangrove dan kontribusi apa yang harus saya berikan untuk melestarikannya,” kata Weni, yang adalah seorang guru sekolah menengah.

Weni mengatakan hutan bakau telah rusak parah karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang ekosistem ini. “Saya yakin jika masyarakat mengetahui manfaat mangrove, tidak akan mudah merusaknya,” ujarnya.

Menargetkan anak muda

MangroveMagz juga menjalankan beberapa program berbasis pemberdayaan masyarakat, termasuk pelatihan jurnalistik. Kegiatan tersebut dapat berupa penanaman mangrove, workshop pemberdayaan masyarakat, penelitian, kampanye dan dokumentasi tentang mangrove. “MangroveMagz memberikan informasi dan kegiatan yang dilakukan oleh jaringan komunitas kami di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional,” kata Efendi.

Salah satu penyebab deforestasi mangrove di Indonesia adalah kurangnya kurikulum pendidikan lingkungan di sekolah-sekolah, khususnya terkait lingkungan pesisir, kata Efendi. Hasilnya, MangroveMagz membuat konten untuk anak-anak, termasuk dongeng dan kartun. Untuk menarik perhatian pembaca muda, Efendi dan timnya juga membuat podcast, menyiarkan web series, mengembangkan saluran YouTube, dan menyelenggarakan acara sukarelawan tahunan.

“Pemuda adalah faktor terpenting dalam keberhasilan atau kegagalan upaya perlindungan hutan mangrove. Anda harus memahami mangrove dan masalah yang melingkupinya. Sehingga ke depan mereka tidak lagi menjadi generasi perusak, melainkan generasi muda. generasi yang peduli terhadap kelestarian lingkungan,” kata Efendi.

Mangrove yang melestarikan gaya hidup

Kedepannya, MangroveMagz bertujuan untuk menjadi pusat informasi tentang mangrove, tidak hanya mempublikasikan karya para kontributornya tetapi juga karya masyarakat luas. “Kami percaya bahwa konservasi mangrove tidak hanya dapat dilakukan oleh masyarakat pesisir tetapi juga oleh masyarakat luas. Semua orang terhubung dan perlu saling membantu dalam kampanye ini,” kata Efendi.

Masyarakat harus cepat tanggap terhadap ancaman lingkungan dari aktivitas manusia dan krisis iklim, Efendi mendesak. Baginya, menjaga mangrove merupakan bagian dari upaya mencegah kerusakan besar-besaran. “Kami ingin upaya pelestarian mangrove menjadi way of life, artinya isu-isu tentang mangrove menjadi perbincangan sehari-hari dan upaya melestarikannya menjadi kebiasaan,” ujarnya. (ijnet)

Source: www.alinea.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button