BEC 2022 besok digelar, putri wisata cilik Jawa Timur bakal jadi talenta - WisataHits
Jawa Timur

BEC 2022 besok digelar, putri wisata cilik Jawa Timur bakal jadi talenta

Setelah dua tahun tidak digelar akibat pandemi Covid-19, Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) akan berlangsung besok pada Sabtu, 10 Desember 2022. Untuk melengkapi persiapan, digelar gladi resik pada Jumat, 9 Desember 2022. Acara ini juga dihadiri oleh Putri Cilik Pariwisata Jawa Timur 2022.

Gladi bersih ini dilakukan tepat di venue BEC di depan Gesibu Blambangan. Puluhan talenta akan memainkan perannya sesuai dengan yang akan ditampilkan pada puncak acara BEC Sabtu mendatang. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Direktur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata M Yanuar Bramuda juga hadir dalam gladi bersih tersebut.

“BEC merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, dan ini erat kaitannya dengan pariwisata,” jelas Ipuk Fiestiandani di sela-sela menghadiri gladi bersih.

Setelah dua tahun vakum, Ipuk berharap BEC bisa menjadi pendorong pariwisata Banyuwangi untuk lebih berkembang lagi, meski belum seoptimal dulu. Namun menurutnya, ini merupakan langkah awal untuk memperluas kembali momentum pariwisata Banyuwangi. Dari segi talent dan invite, jumlahnya setengah dari event BEC sebelumnya.

“Namun dengan rilis yang terus digencarkan, diharapkan bisa menjadi sarana promosi, dan masyarakat mengetahui bahwa sudah ada kegiatan kesenian di Banyuwangi yang mendukung pariwisata,” ujarnya.

Tema BEC tahun ini adalah Tamansarine Nusantara. Tema ini, menurut Ipuk, menggambarkan bahwa Banyuwangi memiliki suku dan budaya yang berbeda. Mulai dari Osing, Jawa, Bali, Madura, Mandar hingga Arab. Jadi dibandingkan dengan Tamansari Nusantara. Keberagaman ini merupakan modal untuk bersama-sama membangun daerah. “Beda, tapi tujuannya sama, yaitu membangun Banyuwangi.

Ratusan seniman muda terlibat dalam BEC ini. Dimulai dengan bakat yang terlibat sebagai desainer kostum, musisi, dan perancang busana. Talenta dari siswa sekolah dasar hingga perguruan tinggi telah mengikuti workshop oleh para profesional yang menawarkan berbagai materi seperti catwalk, fashion dance, ekspresi dan tari tradisional.

Salah satu talenta yang memeriahkan BEC adalah Putri Cilik Pariwisata Jawa Timur 2022, Elvira Adijaya. Gadis yang masih duduk di bangku SD ini merupakan putri dari daerah Banyuwangi. Ia saat ini masih duduk dibangku kelas V SD Sinonegaran di Banyuwangi.

Elvira terpilih sebagai model prototipe Banyuwangi Ethno Carnival 2022. Saat gladi resik, Elvira terlihat mengenakan kostum yang akan dikenakannya di acara besok. Dengan pengalamannya sebagai putri wisata cilik Jawa Timur, Elvita tampil anggun saat berjalan di atas runway.

“Saya sangat senang bisa terlibat dalam ajang bergengsi ini. Saya akan melakukan yang terbaik untuk masyarakat Banyuwangi,” ujarnya.

Pengalaman tampil di BEC diharapkan bisa menjadi modalnya dalam kontes Miss Tourism tingkat nasional pada Juni 2023, menurut Elvira. Ia pun meminta dukungan masyarakat Banyuwangi agar bisa mengangkat nama Banyuwangi di kancah nasional. “Semoga nanti kita bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button