Pesona Desa Wisata Tepus di Gunungkidul, Gunung hingga Pantai - WisataHits
Yogyakarta

Pesona Desa Wisata Tepus di Gunungkidul, Gunung hingga Pantai

KOMPAS.com – Topografi berupa pegunungan tepat di tepi pantai menempatkan Desa Wisata Tepus di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022.

“Gunungkidul terkenal dengan keindahan alamnya, disini kita diajak untuk merasakan sensasi desa wisata tepi laut yaitu Desa Wisata Tepus,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, Senin. Kompas.com diterima, Rabu (31/8/2022).

Baca juga:

Desa Wisata Tepus terletak 70 kilometer dari kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dengan kendaraan darat dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Desa Tepus sendiri memiliki 12 pantai yang bisa dikunjungi wisatawan. Enam di antaranya dijuluki “pantai perawan” karena masih sepi dan belum dikenal banyak orang.

Wisatawan hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 untuk mengunjungi pantai ini.

Baca Juga: 7 Wisata Dekat Gua Pindul, Gunungkidul Cocok Untuk Pecinta Alam

Atraksi Desa Wisata Tepus

Ombak pantai selatan dengan pasir putih di sepanjang pantai membuat wisatawan betah berada di desa yang dikenal dengan Desa Wisata Desa Madani Tepus ini.

Menparekraf Sandiaga saat melakukan kunjungan ke Top 50 Desa Wisata ADWI 2022 di Desa Wisata Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, Rabu (31/8/2022)Dermaga. Kemenparekraf Menparekraf Sandiaga saat berkunjung ke Top 50 Desa Wisata ADWI 2022 di Desa Wisata Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, Rabu (31/8/2022)

Desa ini juga menawarkan paket wisata berbasis budaya. Wisatawan diajak berkeliling desa dengan mengunjungi berbagai potensi wisata alam dan buatan jadesta.kemenparekraf.go.id.

Selain itu, letak geografisnya yang berada di pesisir selatan memungkinkan tempat ini menawarkan wisata Virgin Beach kepada wisatawan dengan menggunakan transportasi jeep.

Baca Juga: 18 Wisata Pantai di Jogja, Daerah Paling Terkenal di Gunungkidul

Oleh karena itu, selain potensi wisata yang dekat dengan alam, Desa Wisata Tepus juga kaya akan objek wisata lainnya.

Diantaranya seni budaya yang terus dibudayakan, dari seni Jathilan, seni Ketoprak, Karawitan, Rasulan, Telaga Bersih, Kenduri, Send Dowa, Nglengani Pari, Pasang Gawar hingga Larungan.

Fasilitas dan biaya atraksi wisata

Pendakian Desa dengan Jeep di Desa Wisata Tepus di Gunungkidul, DI Yogyakarta. Dermaga. Jadesta Kemenparekraf Naik jeep di Desa Wisata Tepus di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Desa Wisata Tepus memiliki fasilitas yang lengkap. Ini termasuk tempat parkir, ruang pertemuan, toilet umum, mushola, ruang makan, area WiFi dan banyak lagi Keluarga tuan rumah.

Untuk bermalam atau keluarga angkatada beberapa pilihan dengan biaya mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 250.000.

Baca Juga: Pantai Ngrenehan Gunungkidul, Wisata Sambil Makan Seafood Murah

Tempat wisata yang bisa dinikmati wisatawan juga tak kalah beragam. Ada Silver Craft, objek wisata buatan yang mengedukasi pengunjung tentang berbagai souvenir logam perak mulai dari Rp 10.000.

Kemudian Anda bisa melihat proses dan membuat batik seharga Rp 75.000, naik jeep dengan harga mulai Rp 300.000, jamuan makan malam dengan harga mulai Rp 45.000, melihat dan belajar alat musik mulai Rp 15.000 dan belajar kuliner olahan singkong dengan harga mulai Rp 10.000.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button