Perguruan tinggi pembibitan bersinergi mengembangkan domba Batur di Dieng - WisataHits
Jawa Tengah

Perguruan tinggi pembibitan bersinergi mengembangkan domba Batur di Dieng

jakarta

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), menggandeng peternak dan perguruan tinggi untuk beternak domba Batur di kawasan Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Hal ini diwujudkan melalui dukungan sejumlah perguruan tinggi bagi para breeder.

“Peternak didampingi salah satunya IPB (Institut Pertanian Bogor) dan hasilnya bagus. Kandungan dagingnya dianalisa oleh IPB,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Senin (19/12/2022).

Ia mengatakan, dengan bantuan tersebut, para peternak mulai beternak dengan cara modern. Salah satu praktik pertanian modern adalah inseminasi buatan (AI).

Inseminasi buatan adalah proses memasukkan sperma yang telah dicairkan dari sapi jantan unggul ke dalam saluran reproduksi betina. Melalui proses ini, kualitas genetik ternak dapat ditingkatkan dalam waktu singkat dan dapat dihasilkan anakan berkualitas dalam jumlah besar.

“Sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya butuh ketekunan dan latihan lagi. Dulu pernah minta diadakan masak batur domba. Temukan saja koki kelas dunia yang orang Indonesia. Dan daging itu dimasak dengan berbagai rasa yang nantinya akan kami pilih dan sajikan,” jelasnya.

Untuk itu, Ganjar berharap domba Batur menjadi salah satu alternatif wisata di Dieng. Disebutkannya, tidak hanya sate dan gulai yang ada, tetapi juga bentuk masakan lainnya.

“Dengan teknologi hebat ini, kami berharap menjadi sangat maju. Termasuk tadi dari Undip yang membantu inseminasi buatan. Dalam lima bulan kami akan panen cempe (anak-anak),” katanya.

“Sekaligus kami meminta bantuan dari Undip, IPB dan Unsoed untuk mengajari kelompok tani cara menjalankan usahanya. Sehingga menjadi business size yang layak,” imbuhnya.

Sebagai informasi: Ada 33 kelompok tani di Kabupaten Banjarnegara yang akan mendapatkan bantuan ternak domba dari Dana Penyelamatan APBD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun 2023. Setiap kelompok akan mendapatkan 27 ekor domba dan 6 ekor kambing Randu Jawa.

(akn/ega)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button