Penyelenggara Cuan melakukan "Mengiler": Acara kecil sebagai batu loncatan - WisataHits
Jawa Tengah

Penyelenggara Cuan melakukan “Mengiler”: Acara kecil sebagai batu loncatan

SUKOHARJO – Pandemi Covid-19 melanda. Perusahaan, otoritas atau individu sudah mulai melakukan banyak kegiatan yang menarik banyak orang. Tentunya kerjasama dengan pihak penyedia jasa sangat diperlukan demi suksesnya acara tersebut Pengelola acara (EO). Memulai EO tidaklah mudah.

Penyelenggara adalah tim di balik kesuksesan sebuah acara. Layanan EO biasanya digunakan untuk menangani berbagai jenis acara. jauh mulai Produk, pameran, rapat, permainan menyenangkan, perencana pesta, Acara olahraga, festival budaya dan pameran dari semua jenis.

Memiliki EO akan membantu klien yang ingin menyelenggarakan acara tetapi kekurangan waktu dan sumber daya yang tepat. Mendirikan perusahaan ini tentu tidak mudah.

Namun untuk membangun bisnis ini juga tidak sulit. Setidaknya kamu harus mulai mencoba acara kecil pada awalnya sehingga Anda dapat menanganinya nanti acara lebih besar di masa depan sesuai dengan permintaan pelanggan.

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah legalitas formal menjadi badan hukum. Karena setahu saya EO itu minimal harus punya resume, bukan orang. Karena nanti ada hubungannya dengan pajak,” kata Wahyu Soni, Ketua Penyelenggara Leburan.

Tahap selanjutnya adalah mulai bekerja acara skala kecil sebelum mulai bekerja acara yang dalam skala yang lebih besar. Misalnya, membantu mengatur acara tujuh belas residen, turnamen permainan atau olahraga kecil, pernikahan teman atau kerabat, melaksanakan kegiatan wisata kelompok atau kegiatan outbond dan sebagainya. Tentunya ini menjadi patokan yang tidak terlalu besar dan membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Ya, Anda harus mulai dari yang kecil. Karena dulu, 50 persen anggaran untuk menjalankan sebuah acara berasal dari EO. Seperti halnya event 17 Agustus, banyak juga perusahaan yang bermitra dengan EO untuk menjalankan aktivitasnya. Hanya anggaran kecil untuk memulai,” jelasnya.

Kemudian langkah selanjutnya adalah membangun tim yang solid. Tim ini sangat pemalu, karena EO bisa bergerak hingga dua sampai empat orang saja. Sisa pekerjaan dapat didelegasikan ke vendor.

Juga perlu bekerja sama dengan penyedia yang telah membuktikan kualitas pekerjaan mereka. Beberapa jenis penyedia sangat penting dan umumnya diperlukan untuk beberapa jenis acara, misalnya penyedia panggung, suara sistemPetir (Petir), dekorasi dan penyediaan alat. Baik itu seperti genset, AC portabeleProyektor dengan layar, tenda dan sebagainya.

“Sebagai EO, harus pintar-pintar dalam menyusun konsep, menyiapkan anggaran dan proposal. Setiap orang bahkantkita bisa dapat 10 persen,” pungkasnya. (w/nik)

Source: radarsolo.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button