Art Jakarta 2022, Perkuat ekonomi kreatif Indonesia - WisataHits
wisatahits

Art Jakarta 2022, Perkuat ekonomi kreatif Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung terselenggaranya pekan seni rupa “Art Jakarta 2022” yang akan berlangsung di 26-28 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya, Kamis (25/8/2022), mengapresiasi wawasan dan gagasan serta konsistensi acara Art Jakarta dalam menghadirkan ruang yang diharapkan dapat lebih memacu inovasi, kreativitas, serta semangat para pelaku kreatif Indonesia dalam pengembangan dan penyajian karya.

Kemenparekraf dukung Art Jakarta 2022 dengan memperkuat ekonomi kreatif Indonesia Art Jakarta 2022 tingkatkan ekonomi kreatif Indonesia, foto: Kemenparekraf

“Kami sangat mengapresiasi kehadiran ‘Art Jakarta 2022’ yang merupakan bagian dari semangat bangsa Indonesia untuk cepat pulih dan bangkit kembali lebih kuat.

Seni sebagai media patut diapresiasi karena membawa nilai tambah dan mendorong perekonomian Indonesia untuk bergerak ke arah yang lebih baik,”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Art Jakarta merupakan pameran seni rupa internasional di Indonesia yang dimulai pada tahun 2009 dan telah menjadi salah satu barometer ekosistem seni rupa di Asia Tenggara.

Selain sebagai ruang untuk berekspresi dan berapresiasi, kegiatan yang menghadirkan karya-karya berbagai seniman terpilih ini juga diharapkan dapat mendukung ekonomi kreatif tanah air.

Sandiaga mengatakan ekonomi kreatif memiliki peran besar dalam mendukung pemulihan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Berdasarkan data, nilai ekspor ekonomi kreatif cenderung stabil antara 2017 hingga 2020, namun akan meningkat pada 2021.

Nilai ekspor ekonomi kreatif pada akhir tahun 2020 mencapai US$18,78 miliar dan meningkat pada tahun 2021 menjadi US$23,9 miliar atau 10% dari total nilai ekspor nasional.

Kontribusi terbesar ekspor ekonomi kreatif berasal dari produk fesyen sebesar 61,6%, kerajinan 31,3%, dan produk kuliner 6,9%.

“Seni rupa memiliki potensi besar untuk terus berkembang, apalagi Indonesia memiliki potensi sumber daya yang dapat menjadi inspirasi dan sumber kreativitas”,

kata Menparekraf Sandiaga.

Pemerintah sendiri menargetkan mampu menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru pada tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Mari kita bantu seniman Indonesia untuk terus berkarya menikmati karyanya.

Dan untuk para seniman, teruslah semangat berinovasi dan berkreativitas, memanfaatkan peluang yang ada untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,”

kata Sandiaga.

Art Jakarta Art Director Enin Supriyanto mengatakan, Art Jakarta 2022 kembali dibuat sepenuhnya offline setelah dua tahun terakhir dibuat secara hybrid akibat pandemi COVID-19.

Art Jakarta sempat bertransisi ke format digital pameran yang bertajuk Art Jakarta Virtual.

Kemudian di awal tahun dengan pameran baru seni konseptual di ruang hijau Hutan Kota karya Plataran bertajuk Art Jakarta Gardens.

Pameran ini berhasil menampilkan karya-karya dari 20 galeri serta seniman-seniman terkemuka yang menampilkan karya terbaiknya, serta NFT Art di hadapan hampir 10.000 pengunjung.

“Untuk Art Jakarta tahun ini, saya senang dan optimistis acara ini bisa terselenggara setelah sempat tertunda dua kali akibat pandemi, juga karena mitra kami, dua galeri, sejumlah badan usaha, serta seniman dan kolektor lainnya, semua ingin terlibat dan berpartisipasi.

Itu mengangkat semangat kita bersama.

Ekosistem artistik kami terbukti tangguh dan aktif kembali dengan cepat.

Semoga semangat ini juga sampai ke pengunjung umum, ketika mereka menikmati dan mengapresiasi berbagai karya seni yang tampil di Art Jakarta kali ini,”

kata Enin Supryanto.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button