Embung Batara Sriten, sukses wisata alam dengan panorama alam yang indah di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Embung Batara Sriten, sukses wisata alam dengan panorama alam yang indah di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 05.00-18.00 WIB, Alamat: Sriten, Pilangrejo, Kec. Nglipar, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Embung Batara Sriten telah dibuka sejak tahun 2014 dan juga telah mengalami beberapa kali perbaikan. Keindahannya yang mempesona dapat dinikmati oleh semua wisatawan yang berkunjung ke Embung. Wisatawan dapat melihat danau buatan dengan latar belakang berupa Gunung Batur Agung.

Pesonanya memang bisa membuat hati para wisatawan semakin menyenangkan. Bendungan tertinggi ini juga dilengkapi spot foto yang memiliki beragam pilihan background. Setiap kali mengambil foto, wisatawan pasti akan menyukai latar belakang danau, pemandangan perbukitan, pegunungan dan perkebunan Embung Batara.

Hal ini menjadikannya tempat wisata yang menarik yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan di daerah tujuan, wisatawan diperbolehkan berkemah agar bisa melihat perubahan langit yang disuguhkan Embung Batara Sriten. Wisata alam ini selalu berhasil menggugah minat banyak orang.

Daya Tarik Embung Batara Sriten

Daya Tarik Sriten Batara EmbungKredit Gambar: Google Maps Ranggady

1. Tingginya mencapai 859 meter

Embung Batara berpuncak pada ketinggian 859 m dpl. Tempat wisata ini merupakan bendungan tertinggi di kawasan tersebut.

Wisata ini didirikan untuk mencegah banjir dan juga untuk menjaga kualitas tanah terhadap resapan air hujan. Wisatawan tentu senang ketika melihat objek wisata tersebut karena di sejumlah tempat lain memiliki waduk yang tidak begitu tinggi.

2. Alam yang indah

Tempat wisata yang mempesona ini tidak hanya memiliki bendungan yang tinggi. Ada pesona alam lainnya seperti kebun lengkeng atau manggis. Bahkan, dari puncak Sriten Batara Embung, wisatawan bisa melihat ketinggian Gunung Batur serta jajaran perbukitannya.

Jadi, liburan di suatu destinasi wisata memang menyenangkan karena banyak terdapat pesona alam yang indah. Anda dijamin akan langsung terpukau dengan keindahan alam tempat tersebut.

3. Lokasi selfie tersedia

Tempat wisata yang mempesona dan indah ini tentunya cocok untuk olahraga selfie. Selain itu, wilayah ini memiliki pegunungan, danau, dan perkebunan yang indah. Berfoto sambil mengelilingi objek wisata alam ini bisa menghasilkan koleksi foto yang bagus.

Selain itu, wisatawan juga bisa menunggu momen indah senja untuk berfoto dengan efek siluet. Untuk itu, wisatawan harus selalu menyiapkan kamera atau smartphone untuk mengabadikan berbagai objek dan momen.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Embung Batara SritenKredit gambar: Google Maps Muji Yono

Embung Batara tepatnya berada di Desa Sriten, Gunung Kidul, Yogyakarta dimana wisatawan harus melewati daerah yang sedikit menanjak untuk mencapainya. Tempat wisata yang berada di dataran tinggi ini memiliki jalan yang sedikit berkelok-kelok dan masih berupa tanah di beberapa tempat.

Namun, mengemudi di sana harus menyenangkan karena setiap sudut pusat kota indah. Wisatawan bisa sampai ke Embung ini dengan melalui jalur tengah menuju Jalan Bausasran. Terus lurus ke Jalan Kenari dan belok ke Jalan Wonosari.

Beberapa kilometer jauhnya, wisatawan akan menemui Jalan Nglipar Ngawen dan terus lurus untuk memudahkan akses menuju Desa Sriten. Ketinggian objek wisata ini memaksa wisatawan untuk berjalan kaki saat ada tanjakan. Namun, biasanya ada juga yang membawa sepeda ontel ke Embung. Perjalanan juga dapat diakses dengan navigasi sehingga Anda tidak tersesat.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket masuk Sriten Batara EmbungKredit gambar: Beranda Google Maps Maghrib

Embung Batara Sriten buka dari jam 5 pagi hingga 6 sore. Jam bukanya memang cukup lama dan tidak pernah tutup dari Senin hingga Minggu. Berkunjung ke destinasi ini pasti menjadi incaran semua orang, apalagi tiket masuknya hanya 4000.

Dari awal kedatangan hingga kepulangan pada sore hari, harga tiket masuk selalu sama. Setiap kendaraan yang telah menempati tempat parkir dibandrol dengan harga yang berbeda-beda. Biaya parkir hanya 10.000 dan ditetapkan dari kedatangan hingga keberangkatan tur. Sedangkan untuk sepeda motor tarifnya hanya 2000.

Tenang saja karena harga parkir di kawasan tersebut hampir tidak pernah berubah. Jadi Anda bisa menyiapkan dana yang cukup jika ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Embung Batara

Aktivitas Menarik untuk Waduk BataraKredit Gambar: Google Maps asrizal annan

1. Saksikan matahari terbenam

Embung Batara Sriten adalah tempat atau tempat yang tepat untuk menunggu matahari terbenam. Momen pergantian sore menjadi malam ini memang sering dikejar-kejar para wisatawan di tempat ini. Bahkan, sunset sering dijadikan sebagai background foto.

Ketinggian Embung inilah yang membuat lokasi ini bisa dibilang sebagai spot sunset terbaik. Namun, jika Anda memang berniat menikmati sunset di sini, Anda harus bersiap jika harus pulang dengan kondisi jalan yang gelap dan sulit. Jika Anda belum siap, sebaiknya Anda menginap saja di kawasan wisata ini.

2. Perburuan Foto yang Instagramable

Anda yang pernah ke puncak Batara Embung bisa merasakan beberapa keindahan alamnya. Di kawasan tersebut terdapat taman dengan pegunungan yang menjulang tinggi. Bahkan, wisatawan bisa melihat pemandangan sebagai kolam air yang sangat menawan dilihat dari atas.

Tentu saja, Anda juga ingin memotret semua objek menawan alami yang tersedia. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan alat peraga yang mendukung hunting foto Instagrammable.

3. Bersantai dan piknik

Kegiatan menarik di Embung BataraKredit gambar: Google Maps Yosep Arifin

Menyaksikan pesona alam embung ini tidak lengkap jika Anda berdiam diri. Wisatawan biasanya membuka simpanan makanan yang telah disiapkan di rumah sambil menentukan tempat duduk dan menikmati keindahan.

Melakukan kegiatan piknik di sekitar sana memang sangat diminati oleh banyak wisatawan karena suasana alam yang terasa sangat sejuk. Selain itu, kebersihan di objek wisata sangat mendukung untuk kegiatan semacam ini.

4. Perkemahan

Embung Batara Sriten dikelilingi oleh keindahan alam dan sangat menarik jika digunakan untuk kegiatan camping. Di kawasan ini tersedia camping ground yang selalu ramai dan digunakan untuk mendirikan tenda. Juga, ingatlah untuk membawa peralatan berkemah jika Anda benar-benar ingin melakukan aktivitas ini.

Camping sendiri merupakan salah satu kegiatan seru dan menantang yang hampir tidak pernah ditinggalkan oleh wisatawan di Embung. Jadi, kamu bisa melakukan camping ini dengan mengajak orang-orang terdekat seperti teman atau kerabat sambil menunggu indahnya pemandangan matahari terbit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan Embung Sriten BataraKredit Gambar: Layanan Desain Interior Google Maps – Desain Interior

Embung Batara sedang mempersiapkan fasilitas umum yang memadai di kawasan wisata ini. Kawasan ini memiliki pondok yang terlihat tua dan tidak terlalu jauh dari pusat Embung. Spot foto yang instagenic bisa dinikmati oleh semua wisatawan dengan latar belakang alam yang cukup beragam dan indah.

Toilet yang biasa dicari wisatawan juga tersedia di sejumlah kamar. Meja reservasi tiket masuk tersedia tepat di depan gerbang masuk Embung. Kemudian, hanya beberapa meter jauhnya, terdapat area parkir untuk kendaraan. Pihak pengelola sudah menyiapkan lahan parkir yang luas.

Masjid terletak di tempat wisata, sehingga wisatawan tidak perlu keluar rumah jika ingin beribadah. Kawasan Embung juga menawarkan perburuan kuliner yang cukup mudah untuk dikunjungi. Bahkan, ada juga pedagang kaki lima yang menjajakan kopi atau teh panas.

Beberapa komentar tentang Embung Batara Sriten sebagai tempat yang tepat untuk bersantai. Ada banyak hal yang bisa kamu jelajahi saat berada di Embung. Berkunjung ke Embung yang begitu memesona tentunya menyenangkan bila dilakukan bersama rombongan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button