Penumpang angkutan umum perkotaan di kota Yogyakarta meningkat drastis selama Nataru - WisataHits
Yogyakarta

Penumpang angkutan umum perkotaan di kota Yogyakarta meningkat drastis selama Nataru

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Antusiasme wisatawan menggunakan angkutan umum Trans Jogja meningkat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Secara khusus, jumlah penumpang meningkat pada rute dari Terminal Giwangan ke sejumlah destinasi wisata unggulan di Kota Yogyakarta.

Evak Nur Wakhid, pengelola layanan data Unit Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta, mengatakan selama periode Nataru tercatat terjadi peningkatan sebesar 111 persen.

Baca Juga: BKD DIY Pertimbangkan Pemanfaatan Teknologi untuk Atasi Masalah Kekurangan Tenaga Kerja

Rata-rata 1.000 hingga 1.300 penumpang menggunakan Trans Jogja yang berangkat dari Terminal Giwangan dalam sehari.

“Jadi omzet orang di kota meningkat pesat. Penumpang pagi, siang, dan malam cukup padat, terutama di jalur utama seperti Malioboro,” ujarnya, Kamis (29/12/2022).

Evak juga mengatakan, minat wisatawan untuk mengakses Trans Jogja saat ini cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari libur Nataru sebelumnya.

Ia mengatakan, rute yang disediakan Trans Jogja kini semakin memanjakan wisatawan saat melintasi sejumlah destinasi wisata unggulan.

“Coba lihat, sudah banyak jalur bus Trans Jogja yang melewati kawasan wisata. Hal ini tentunya menjadi salah satu faktor di balik peningkatan pengguna angkutan umum, khususnya oleh wisatawan pada masa liburan ini,” ujarnya.

Koordinator Unit Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta mengatakan fenomena ini tentu akan membawa angin segar bagi masa depan angkutan umum di kota pelajar.

Pasalnya, dengan sedikit sentuhan dari pemerintah setempat, Trans Jogja semakin diminati.

“Meningkatkan ridership angkutan kota khususnya Trans Jogja ini awal yang baik ya untuk meningkatkan kualitas pelayanan angkutan untuk mendukung pariwisata,” terangnya.

Bekti menjelaskan, tingginya animo penumpang Trans Jogja dilatarbelakangi peningkatan kedatangan dan keberangkatan melalui Terminal Giwangan.

Menurut data, puncak arus penumpang pada musim liburan Nataru terjadi pada Sabtu (24/12/2022), dimana 6.126 orang tiba dan 7.382 penumpang berangkat dari agensi dalam satu hari.

Angka tersebut sudah termasuk seluruh penumpang atau pengguna moda bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang datang ke Kota Yogyakarta dari berbagai daerah.

Baca Juga: PT Angkasa Pura I Targetkan Penerbangan Internasional Rute YIA – Thailand Tahun 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button