Tagana Kulon Progo menginformasikan bahwa jalan menuju Sendangsono tertutup longsor - WisataHits
Yogyakarta

Tagana Kulon Progo menginformasikan bahwa jalan menuju Sendangsono tertutup longsor

Akses jalan menuju tempat ziarah Mediumsono saat ini ditutup karena longsor

Kulon Progo (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta menginformasikan, akses jalan menuju Pura Sendangsono, Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, tertutup material longsor yang tidak bisa dievaluasi akibat hujan deras.

Ketua Tim Siaga Bencana Kulon Progo (Tagana) Ibnu Wibowo di Kulon Progo, Selasa mengatakan, tim Tagana masih mendata di lapangan potensi titik longsor dan kerusakan akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Kalibawang dan Samigaluh.

“Saat ini akses jalan menuju lokasi ziarah Mediumsono ditutup karena longsor,” kata Ibnu.

Dikatakannya, tim Tagana belum bisa mengevaluasi material longsor yang menutup akses jalan menuju Sendangsono. Itu karena hujan masih turun dengan intensitas sedang dan tanah masih bergerak sehingga berpotensi longsor lagi.

“Kami masih belum melakukan evakuasi karena kami mengutamakan keselamatan masyarakat dan petugas. Saat ini masih hujan,” katanya.

Selain itu, kata Ibnu, sedikitnya 10 rumah di Samigaluh dan Kalibawang terdampak longsor.

Baca juga: Jalan Menuju Tempat Wisata Kedung Pedut di Kulon Progo Tersumbat Tanah Longsor

Baca Juga: Komunitas Pemantau Kulon Progo Temukan Tiga Pantai Tempat Penyu bertelur

“Titik longsor di Kalibawang dan Samigaluh tidak terdata secara detail. Saat ini petugas sedang menuju ke lokasi. Ada beberapa titik longsor yang menutup jalan sehingga menutup jalan,” katanya.

Dikatakannya, ada titik longsor yang menutup Jalan Purwoharjo, Samigaluh, tidak bisa dibuka atau dimasuki. Begitu juga dengan akses jalan dari Sendangsono ke Suroloyo dan beberapa lokasi longsor yang menghalangi akses jalan.

“Saat ini petugas mulai melakukan pendataan longsor dan pohon tumbang yang bisa ditangani dan dijangkau petugas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Tagana Girimulyo mengatakan pejabat Tagana di wilayah utara dalam siaga tinggi. Di sisi utara Kulon Progo hujan deras dengan intensitas tinggi sejak pukul 11.00 WIB.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk waspada. Jika hujan deras dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama, segera mengungsi ke tempat yang aman,” katanya.

Baca Juga: 48.787 KPM di Kulon Progo Terima Dukungan Sosial Kenaikan Harga BBM

Baca Juga: Saka Bahari Kulon Progo Pelepasliaran 77 tukik di Pantai Bugel pada Hari Kemerdekaan Indonesia

Reporter: Sutarmi
Penerbit: Agus Salim
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button