Mari Belajar Budaya Sambil Berwisata di Museum Wayang Wonogiri - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Mari Belajar Budaya Sambil Berwisata di Museum Wayang Wonogiri – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Museum Boneka Indonesia di Wonogiri. (Spesial/kultur.data.kemdikbud.go.id)

Solopos.com, WONOGIRI — Wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Wayang bahkan telah diakui oleh Unesco Mahakarya Warisan Kemanusiaan Lisan dan Nonbendawi atau karya budaya yang menakjubkan dalam bidang cerita naratif dan warisan budaya yang indah dan berharga sejak 7 November 2003.

Wayang sebenarnya sudah dikenal sejak zaman prasejarah, yakni sekitar 1500 tahun sebelum masehi. Menurut KBBI, wayang adalah sesuatu yang dimainkan oleh Ki Dalang berupa gambar pahatan yang terbuat dari kulit binatang, melambangkan karakter manusia.

PromosiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

Dilaporkan dari laporan tugas akhir yang berjudul Potensi dan Pengembangan Museum Boneka Indonesia Sebagai Objek Wisata Budaya di Kabupaten Wonogiri oleh Okiana Nur Indah Sari tahun 2010, wayang terdiri dari beberapa jenis.

Ini termasuk Wayang Golek, Wayang Kulit, Wayang Klitik, Wayang Beber Bali, Wayang Klitik, Wayang Suket, Wayang Beber, Topeng, Wayang Wayang, Wayang Kulit Purwa, Boneka Perunggu, Boneka Karton dan Usaha Wayang.

Jenis boneka ini dapat ditemukan di Museum Boneka Indonesia. Selain Wayang, ada koleksi lain berupa lukisan Semar.

Baca Juga: Seni Pertunjukan di Wonogiri Seharusnya Menjadi Sektor Unggulan, Bukan?

Museum Boneka Indonesia terletak di Jalan Raya Wuryantoro, Desa Ngebel, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Museum Boneka Indonesia didirikan oleh Bupati Wonogiri saat itu, Begug Poernomosidi.

Museum ini diresmikan oleh Megawati pada tahun 2004. Jumlah koleksi di Museum Boneka Indonesia adalah 330 buah, yang terdiri dari berbagai jenis koleksi. Pengunjung yang ingin mempelajari wayang bisa mengunjungi museum ini.

Situs Museum Boneka Indonesia berada di pinggir jalan raya. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir untuk mengakses tempat lain. Terdapat restoran, masjid, jasa transportasi, tempat parkir, toko cendera matake pemandu wisata yang disediakan langsung atau di dekat Museum Boneka Indonesia.

Jarak dari Solo ke Museum Boneka Indonesia adalah 48,4 km atau sekitar 1 jam 8 menit. Untuk sampai ke Museum Boneka Indonesia, ambil Jl. Gajah Suranto menuju Jl. Untung Suropati, lalu belok kiri setelah ATM BNI.

Baca Juga: Tradisi Encek di Jenar Wonogiri, Simbol Rasa Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Kemudian belok kiri ke Jl. DR.Radjiman, belok kiri lagi ke Jl. uh Anom/Jl. Yos Sudarso. Kemudian belok kiri menuju ATM Mandiri KCP Solo Baru. Kemudian belok kanan setelah House of Lunna dan lanjutkan di Jl. Wonogiri-Sukoharjo.

Setelah itu belok kanan ke Rumah Makan (RM) Selera Alam di sebelah kanan jalan. Kemudian dilanjutkan dengan Jl. JLK Wonogiri. Kemudian ke Jl. Kecamatan kota dan ke Jl. JLK Wonogiri.

Lanjutkan ke Jl. gondang. Kemudian belok sedikit ke kanan menuju Tentara Pelajar dan lurus di Jl. Raya Wonogiri. Terakhir, belok kanan ke Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri, lokasi Museum Boneka Indonesia, berada di sebelah kanan jalan.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button