Pengemudi Mobil Listrik Bali Bangga Hadiri KTT ASEAN 2023 Di Labuan Bajo - WisataHits
wisatahits

Pengemudi Mobil Listrik Bali Bangga Hadiri KTT ASEAN 2023 Di Labuan Bajo

Pengemudi Mobil Listrik Bali Bangga Hadiri KTT ASEAN 2023 Di Labuan Bajo

Piknikdong.com – Ratusan unit Kendaraan Elektronik/EV (Electric Vehicles) dikerahkan untuk mobilitas para delegasi pada KTT ASEAN ke-42 2023 yang diselenggarakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dewa Made (26), pemuda asal Bali, menjadi salah satu yang terpilih menjadi pengemudi kendaraan tersebut.

Pengemudi mobil listrik bangga berpartisipasi dalam KTT ASEAN ke-42 2023Pengemudi mobil listrik bangga berpartisipasi dalam KTT ASEAN ke-42 2023

Ia mengaku tugas ini membanggakan dirinya karena bisa kembali berpartisipasi mensukseskan kegiatan internasional.

“Jelas bangga, selain mendapatkan pengalaman, bisa berwisata ke Labuan Bajo, tapi yang terpenting membawa nama Indonesia.

Sangat senang,”

ujar Dewa Made saat ditemui di Hotel Zone Bintang Flores, Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023).

Menjadi pilot di ajang internasional yang diakui Dewa bukanlah yang pertama kali baginya. Jelang KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Dewa Made juga menghadiri KTT G20 2022 di Bali.

“Pada 2022, saya juga akan menjadi pembalap. Jadi sudah ada 90 driver asal Bali yang dimutasi ke KTT ASEAN 2023,”

kata Tuhan.

Negara-negara ASEAN telah sepakat untuk meningkatkan kontribusi energi terbarukan menjadi 23% pada tahun 2025 dan bergerak menuju masa depan yang rendah karbon.

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia harus mampu mendorong seluruh negara anggota ASEAN untuk lebih agresif mencapai transisi energi.

Seperti mengulang semangat kepresidenan G20 tahun lalu, ketika transisi energi juga menjadi isu prioritas.

Transisi energi merupakan isu yang semakin hangat selama beberapa dekade mendatang dan telah menjadi komitmen komunitas internasional.

Dengan potensi sumber daya energi terbarukan yang melimpah, Indonesia juga dipandang memiliki potensi untuk berperan lebih besar dalam transisi energi regional.

Sejalan dengan Presidensi ASEAN 2023, Indonesia dapat menjadi acuan transisi energi di kawasan Asia Tenggara.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengungkapkan, ASEAN Leaders’ Statement on Creating the Regional Electric Vehicle Ecosystem merupakan dokumen inisiatif pertama yang akan menjadi panduan kerja sama dan kolaborasi untuk mengembangkan kendaraan listrik yang aman, efisien, dan berkelanjutan. ekosistem kendaraan di kawasan ASEAN.

Indonesia juga disebut telah mengembangkan roadmap energi terbarukan, untuk digital dan EV (kendaraan listrik) yang akan dipadukan dengan energi terbarukan, baik berbasis air maupun surya.

Rangkaian KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo mempertemukan delapan Kepala Negara, Sekjen ASEAN dan Perdana Menteri Timor Leste untuk membahas sejumlah isu yang menjadi kepentingan bersama ASEAN.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button