Di Tangan Jokowi Bali Baru Diciptakan, Itu Tempatnya - WisataHits
Jawa Timur

Di Tangan Jokowi Bali Baru Diciptakan, Itu Tempatnya

Jakarta, CNBC Indonesia – Di era pemerintahan Joko Widodo, Indonesia menjadikan pariwisata sebagai bagian dari Nawa Cita. Ada program 5 destinasi prioritas yaitu Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika dan Labuan Bajo yang akan menjadi 10 “Bali Baru”.

Pariwisata dianggap sangat penting bagi pembangunan ekonomi baik di negara miskin maupun negara maju karena dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat karena hubungannya dengan aktivitas bisnis dan mendorong pemerintah daerah untuk membangun dan memelihara infrastruktur.

Sebelum pandemi, Jokowi sempat mengisyaratkan pariwisata sebagai ekonomi baru pada 2018. Saat itu, pertumbuhan pariwisata mencapai 7%, dua kali lipat dari pertumbuhan ekonomi dunia yang hanya 3,5%.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Kita perlu melihat tren seperti itu, jadi mau ke mana, itu yang ingin kita hitung, hitung, kenapa kita ingin membangun 10 Bali baru. Ya karena ada peluang ini, pertumbuhan 7% tadi dan terlepas dari perang dagang dan lonjakan dolar AS,” kata Jokowi.

Sebagai bentuk kehormatan, terdapat 5 Destinasi Prioritas (DSP) “Bali Baru” dan 8 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. Khusus untuk 8 kawasan KEK, kebutuhan investasi dan pembiayaan mencapai Rp 226,79 triliun, terdiri dari Nongsa, Tanjung Kelayang, Morotai, Singhasari, Tanjung Lesung, Likupang, Lido dan Mandalika.

Bahkan setelah pandemi, nama-nama KEK ini masih masuk dalam proyek yang akan diproses.

Berikut adalah 8 kawasan KEK pariwisata:

KEK Nongsa:
Terletak di kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, KEK Nongsa diresmikan dengan Keputusan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2021. Lokasinya yang dekat dengan Singapura dan luar negeri menjadikan KEK Nongsa sebagai entry point bagi perusahaan IT internasional.

Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa tidak hanya menarik perhatian investor di bidang IT, tetapi juga menarik perhatian investor asing dan domestik serta wisatawan dengan kegiatan pendukung berupa pariwisata seperti residensi bioskop, villa perumahan dan kafe-restoran.

KEK Tanjung Kelayang
Ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2016, Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang terletak di Pulau Belitung. KEK yang termasuk dalam 10 destinasi pariwisata prioritas diharapkan dapat menarik investasi sebesar Rp. 10.3T dan tenaga kerja yang diproyeksikan 5.000 orang pada tahun 2036.

Kawasan ekonomi khusus pariwisata ini memiliki keunggulan geostrategis yang terletak di antara Indonesia dan negara-negara ASEAN, yang merupakan target pasar untuk penggunaan domestik. Dihiasi dengan batu-batu granit besar, pantai adalah fitur dari pantai-pantai di daerah ini. Kawasan ini berbatasan dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya, yang juga memiliki pesona tersendiri.

KEK Tanjung Baca
KEK Tanjung Lesung merupakan KEK pariwisata pertama dan diresmikan pada Februari 2015. KEK Tanjung Reading memiliki lokasi yang strategis dan akses yang mudah yaitu 170 km dari ibu kota Jakarta dan dapat ditempuh melalui jalan darat dalam waktu 2,5 sampai 3 jam.

KEK Tanjung Lesung juga dekat dengan tempat wisata Banten lainnya seperti kawasan purbakala Banten, budaya Badui dan Debus, Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Krakatau dan wisata pulau. KEK ini diharapkan dapat menarik investasi sebesar Rp 92,4 triliun dan diharapkan dapat menampung 85.000 pekerja pada tahun 2025.

KEK lido
KEK Lido terletak di Kabupaten Bogor di provinsi Jawa Barat dan dapat dicapai dengan kereta api atau transportasi darat melalui jalan tol. KEK Lido didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 69 Tahun 2021 dengan kegiatan wisata utama diusulkan oleh PT MNC Land Lido.

Di atas lahan seluas 1.040 ha, akan dibangun resor wisata dengan berbagai atraksi mulai dari taman hiburan kelas dunia, lapangan golf, studio film, pusat musik dan seni hingga toko dan restoran.

KEK Singhasari
KEK Singosari yang terletak di Kabupaten Singosari di Kabupaten Malang ini memiliki orientasi geografis, wilayah yang dekat dengan Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Perak, serta terhubung dengan Ruas Tol Pandaan – Malang.

SWZ ini harus memiliki efek sinergis dalam pengembangan platform ekonomi digital. KEK Singhasari diharapkan dapat menarik investasi sebesar Rp11,92 triliun dan diharapkan dapat mempekerjakan 6.863 pekerja pada tahun 2030.

KEK Mandalika
Dengan luas 1.035,67 hektar dan menghadap ke Samudera Hindia, KEK Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang mempesona.

KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata ramah lingkungan dengan pengembangan objek wisata dan daya tarik wisata selalu bertujuan untuk melestarikan nilai dan kualitas lingkungan yang ada di kotamadya.

Berdasarkan potensi dan manfaat yang ada, PT Indonesia Tourism Development (Persero) yang mengembangkan Nusa Dua Bali mengusulkan pembentukan KEK Mandalika.

KEK Likupang
Likupang Timur di Kabupaten Minahasa Utara memiliki alinyemen geografis wilayah yang berbatasan dengan Bandara Internasional Sam Ratulangi dan Pelabuhan Bitung. KEK Likupang diharapkan dapat menarik investasi sebesar Rp 5 triliun dan diharapkan dapat menampung 65.300 pekerja pada tahun 2040.

KEK Morotai
KEK Morotai yang terletak di Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2014, memiliki luas 1.101,76 ha.KEK Morotai memiliki keunggulan geostrategis karena merupakan pulau terluar di sisi timur laut Indonesia, yang dekat dengan negara-negara ASEAN dan Asia Timur.

Kawasan Ekonomi Khusus Morotai ditetapkan menjadi tujuan wisata internasional. Kawasan Ekonomi Khusus Morotai diharapkan dapat menarik investasi sebesar Rp30,44 dan menyerap 30.000 pekerja pada tahun 2025.

[Gambas:Video CNBC]

artikel berikutnya

Jokowi “Peringatkan” Para Menteri Kurangi Impor!

(Hei/hai)

Source: www.cnbcindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button