Pemprov DKI Jakarta Rencana Akuisisi PT KCI, Erick Thohir: Belum Ada Pembahasan - WisataHits
Jawa Timur

Pemprov DKI Jakarta Rencana Akuisisi PT KCI, Erick Thohir: Belum Ada Pembahasan

TEMPO.CO, jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir angkat bicara soal rencana akuisisi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dari Pemprov DKI Jakarta. Erick mengaku belum membicarakan rencana itu dengan Pemprov DKI.

“Belum, belum ada pembahasan. Kami belum ada pembicaraan, jadi saya tidak bisa mengatakan apa-apa yang belum dibahas,” katanya pada Jumat malam, 28 Oktober 2022, di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat.

Baca: Erick Thohir: Transisi ke energi baru terbarukan perlu hati-hati dan hati-hati

Menurut Erick, semua hal yang menyangkut akuisisi atau merger harus diperhitungkan dan digabungkan. Sebab, kata dia, sekali digabungkan bisa mempengaruhi tarif. “Apakah Anda suka (tarif kereta naik)? Itu intinya,” katanya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara menjelaskan bahwa dunia sedang menghadapi perubahan pasokan, sehingga pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan daya beli masyarakat. Erick mengingatkan, sebagian besar pertumbuhan ekonomi Indonesia berasal dari Indonesia konsumsi domestik.

“Kalau kita terus menekan, tidak akan ada daya beli, itu berbahaya, itu harus diperhitungkan,” kata Erick.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan rencana MRT Jakarta mengakuisisi saham PT KCI merupakan amanat dalam rapat terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Menurut dia, Pemprov DKI sedang berupaya melaksanakan perintah tersebut.

“Jakarta terus berupaya memenuhi apa yang diperintahkan Presiden melalui Ratas untuk akuisisi KCI,” katanya saat dihubungi, Kamis, 29 September 2022.

Jokowi menggelar rapat pada Selasa, 8 Januari 2019, yang membahas tentang pengelolaan transportasi di Jabodetabek. Jokowi ingin membentuk sistem transportasi terpadu di Jabodetabek.

Gubernur DKI Jakarta saat itu, Anies Baswedan, kemudian mendirikan PT Moda Integrasi untuk Transportasi Jabodetabek. Perusahaan ini merupakan joint venture antara PT MRT Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang menangani integrasi transportasi.

PT MRT Jakarta berencana mengakuisisi 51 persen saham PT KCI. BUMD DKI ini akan mengajukan penyertaan modal daerah (PMD) senilai Rp 1,71 triliun pada 2023 untuk mengakuisisi kepemilikan pengendali di PT KCI.

Semula, kata Syafrin, akuisisi saham tersebut direncanakan tahun ini. Namun, kekuatan finansial ibu kota terdampak pandemi Covid-19, sehingga Pemprov DKI harus mencari sumber pendanaan lain.

“Saat ini tentunya kami masih berusaha mendapatkan pendanaan sesuai regulasi,” jelasnya.

Menurut dia, pemerintah daerah melakukan komunikasi intensif dengan PT KCI. Namun, sejauh ini belum ada kesepakatan mengenai rencana akuisisi saham tersebut.

KHORY ALFARIZI | LANI DIANA WIJAYA

Baca: 103 Hotel Milik BUMN Akan Ikuti Perjalanan, Erick Thohir: Pakar Perminyakan Kelola Minyak

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button