Pulau Bawah Anambas, Wisata Indah dengan Biota Laut di Kepulauan Anambas - WisataHits
Yogyakarta

Pulau Bawah Anambas, Wisata Indah dengan Biota Laut di Kepulauan Anambas

TRIBUNJOGJA.COM – Pulau Bawah yang merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Anambas di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), termasuk salah satu pulau tropis terindah di Asia.

Selain ini harta karun tersembunyi di bagian barat Indonesia juga menawarkan Pulau Bawah resor ramah lingkungan dan berorientasi pada pelestarian alam.

Dengan luas sekitar 300 hektar (ha), pulau ini memiliki tiga laguna air laut yang terlihat jernih dengan hamparan pasir putih halus. Tak heran jika pulau ini dikenal sebagai habitat biota laut.

Wisatawan tidak hanya kaya akan biota laut, tetapi juga dapat melihat hutan bakau alami, hiu laut yang melintas di depan pantai, habitat ikan pari dan polong penyu di sekitar dermaga.

Jika ingin menjelajahi pulau bawah lebih jauh, wisatawan dapat mengunjungi pulau-pulau sekitarnya, yaitu Pulau Sanggah, Pulau Murai, Pulau Lidi dan Pulau Elang.

Selain mengamati pemandangan yang indah, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas air yang menarik, seperti: snorkeling dan Menyelam. Kedua aktivitas menarik ini sangat cocok karena Pulau Bawah memiliki warna laut yang jernih.

Bagi Anda yang tertarik untuk tinggal di dekat Pulau Bawah, Anda bisa mencoba mengunjungi Eco Resorts and Villas yaitu resor pribadi yang super mewah dan ramah lingkungan.

Eco Resort and Villa juga sangat mudah ditemukan. Karena dari dermaga, wisatawan bisa langsung melihat deretan villa air yang menjorok ke dalam air.

Direktur Konservasi dan Promosi Masyarakat PT Pulau Bawah Aji Sularso mengatakan: Eco Resort and Villa telah menerapkan konsep ekowisata pertama di Taman Wisata Perairan (TMP) di Indonesia, dengan seluruh kawasan dimasukkan sebagai cagar alam.

“Konsep vila yang diterapkan adalah ramah lingkungan, yang merupakan bagian dari pengembangan pariwisata berkelanjutan hijau dan ramah lingkungan‘, jelas Aji dalam siaran persnya, Jumat (22/7/2022).

Aji mengatakan, pengolahan sampah yang dihasilkan di Pulau Bawah akan melalui beberapa proses, yaitu proses penyaringan dari tanaman yang dipompa ke atas bukit kemudian masuk ke dalam tanah.

“Sampah kamar mandi dan cuci tangan juga diolah sehingga bisa digunakan untuk menyiram tanaman, mencuci lantai dan kegunaan lainnya. Kami akan terus memastikan bahwa semua jenis sampah dapat dan dapat didaur ulang tidak rugitermasuk lautan,” katanya.

Bagi Anda yang tertarik menikmati keindahan Pulau Bawah, ada beberapa pendekatan yang bisa dilalui, mulai dari jalur laut hingga jalur udara.

Untuk jalur laut, Anda bisa naik kapal feri atau Pelni dari Tanjungpinang di Pulau Bintan menuju ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu Kota Tarempa dengan Pelabuhan Sri Siantan.

Sedangkan untuk rute penerbangannya, Anda bisa naik pesawat dari New Yogyakarta International Airport (NYIA) Yogyakarta menuju Jakarta kemudian naik penerbangan menuju Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang menuju Bandara Khusus Matak.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button