PHRI Gunungkidul Bantu Pemkab Bangun Pantai - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

PHRI Gunungkidul Bantu Pemkab Bangun Pantai – ANTARA News Yogyakarta

Gunungkidul, DIY (ANTARA) – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia di Prefektur Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung rencana pemerintah kabupaten setempat untuk menata kawasan pesisir dan menaikkan retribusi.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Sunyoto mengatakan di Gunungkidul, Kamis, pemberlakuan dan kenaikan pajak pantai seiring dengan peningkatan fasilitas umum yang disediakan, seperti B. penyediaan toilet gratis bagi pengunjung, harus konsisten.

“Kami optimistis, aksi balas dendam yang dibarengi dengan peningkatan fasilitas tidak akan mengurangi jumlah kunjungan. Kami dukung jika dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Ia mengatakan, PHRI Gunungkidul sebelumnya telah mengajukan reorganisasi retribusi wisata pantai. Pajak turis saat ini dikenakan di banyak pantai pada saat yang bersamaan.

Menurut dia, pajak turis yang saat ini Rp 10.000 untuk sejumlah pantai, juga perlu disesuaikan. Termasuk juga pembagian Poin Retribusi Retribusi (TPR) menjadi poin selanjutnya.

“Misalnya TPR hanya dibuat untuk dua atau dua pantai dengan tarif retribusi Rp 5.000 per pantai tujuan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dispar Gunungkidul Mohamad Arif Aldian mengatakan pihaknya masih mengkaji wacana penataan retaliasi pantai. Salah satunya adalah TPR Baron yang mencakup 14 pantai sekaligus.

Menurutnya, salah satu wacana yang sedang berlangsung adalah membagi zona pembalasan pantai menjadi lebih kecil. Peraturan ini juga dapat mempengaruhi tarif pajak wisatawan.

“Selama ini kajiannya baru sebatas penataan kawasan pesisir, belum sampai tarifnya,” kata Arif.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button