Pemkab Bekasi ajak UMKM jadi penyelamat saat resesi ekonomi - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Bekasi ajak UMKM jadi penyelamat saat resesi ekonomi

Bekasi, Jawa Barat (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengatakan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi salah satu penyelamat di masa resesi ekonomi.

“Saat Indonesia menghadapi ancaman resesi ekonomi global, UMKM harus menjadi penyelamat,” kata Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan usai meresmikan kepemimpinan Forum UMKM Kabupaten Bekasi di Cikarang, Jawa Barat, Rabu.

Dani mengatakan, UMKM berulang kali menjadi penyelamat perekonomian nasional di masa resesi. Ketangguhan UMKM telah membuktikan dirinya ketika negara menghadapi krisis keuangan atau ekonomi akibat pandemi COVID-19.

“Ketika pelaku ekonomi utama mengalami hambatan, kemunduran atau kebangkrutan karena masalah mata uang dan ekonomi global, UMKM adalah penyelamatnya,” katanya.

Baca Juga: Forum UMKM Kabupaten Bekasi Wajib Luncurkan Pengusaha Baru

Menurut dia, ketahanan UMKM terhadap berbagai krisis ekonomi karena usaha para pemain kecil ini fleksibel, tangguh dan bisa kemana saja.

“Namun, kunci utama keberhasilan UMKM adalah mentalitas, mentalitas bisnis yang dimulai dari level bawah. Baru kemudian ada dukungan dalam bentuk permodalan,” ujarnya.

Dani berharap Forum UMKM Kabupaten Bekasi dapat menjadi motor penggerak yang dapat menggairahkan sektor usaha kecil masyarakat dan membantu para pemangku kepentingan UMKM menampilkan produk unggulan di daerahnya masing-masing.

Baca juga: Asperwi Bekasi Minta Pemangku Kepariwisataan Gandeng UMKM

“Saya yakin dengan hadirnya forum ini, koordinasi dan pengembangan sektor usaha kecil di Kabupaten Bekasi bisa jauh lebih baik ke depan,” ujarnya.

Ia juga berharap Forum UMKM Kabupaten Bekasi dapat menjalin koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah. “Ya, tentunya pengembangan UMKM merupakan komitmen pemerintah yang selama ini berjalan,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi fokus menekan angka pengangguran melalui dua pilar, yakni meningkatkan penyerapan industri dan membuka usaha sendiri.

Baca Juga: Bupati Bekasi: Bazar UMKM Tingkatkan Produk Lokal Berkualitas

“Dalam rangka meningkatkan asupan industri, menjadikan karyawan atau karyawan industri, maka kami melakukan cara yang kami lakukan pendidikan, pelatihan dan koordinasi dengan perusahaan,” katanya.

Sedangkan mereka memulai usaha sendiri dengan mengembangkan UMKM atau sektor pengolahan hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan pariwisata sehingga dapat menjadi wirausahawan.

“Karena dengan berwirausaha kita tidak hanya bisa menghasilkan pendapatan, tapi juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” ujarnya.

Source: megapolitan.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button