UMKM Indonesia jadi solusi resesi global, PLN dukung UMKM naik kelas - WisataHits
Jawa Tengah

UMKM Indonesia jadi solusi resesi global, PLN dukung UMKM naik kelas

DESKJABAR UMKM berperan besar dalam perekonomian nasional, menurut data yang dirilis Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia menyebutkan bahwa sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61 persen atau setara Rp 8.573,89 triliun. .

Selain itu, UMKM juga memberikan kontribusi yang besar terhadap penyerapan tenaga kerja sebesar 97 persen dari total angkatan kerja, sehingga UMKM juga menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Karena potensi yang besar ini, UMKM dapat menjadi solusi efektif untuk menghindari ancaman resesi global yang diperkirakan terjadi tahun depan.

Baca Juga: Trans Metro Pasundan, Senin 31 Oktober 2022, Mulai Bayar, Begini Cara Bayarnya, Tidak Diterima Tunai

Namun sayangnya UMKM saat ini masih menghadapi berbagai kendala, seperti: Bahkan dalam 10 tahun terakhir, UMKM masih didominasi oleh usaha mikro.

Menghadapi situasi tersebut, PT PLN (Persero) UIP Jawa Tengah mengambil peran memberikan dukungan dan pembinaan kepada stakeholders UMKM sebagai bentuk komitmen PLN untuk mendukung pengembangan potensi ekonomi masyarakat dan mewujudkan UMKM untuk memajukan kelas.

Program PLN Peduli membekali kelompok usaha di Kabupaten Semarang dengan dukungan penataran dan pendampingan UMKM dalam penataran.

Bantuan senilai 50 juta diberikan kepada tiga kelompok UMKM di Kabupaten Bergas, yaitu kelompok menjahit mandiri wanita Sekoci, kelompok pengolahan dan pemasaran ikan Mina Mekarsari Berdikari dan kelompok Jajanan Mbok. Bantuan akan diberikan dalam bentuk pelatihan, antara lain pelatihan kutipan, pelatihan pemasaran dan pelatihan manajemen legalitas.

Dirjen PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS mengatakan, dukungan yang diberikan juga merupakan bentuk komitmen PLN untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) atau Sustainable Development Goals (TPB), khususnya Goal 8, yaitu pekerjaan yang layak, dukungan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga : 2 Destinasi Wisata Candi Prioritas di Daerah Istimewa Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button