Pemerintah Kabupaten OKU membuka pasar Talang Jawa Emak yang menyajikan makanan khas daerah - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten OKU membuka pasar Talang Jawa Emak yang menyajikan makanan khas daerah

Baturaja (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Sumatera Selatan mendirikan Pasar Emak Talang Jawa yang menawarkan berbagai makanan khas daerah untuk sarapan pagi dengan harga terjangkau.

Asisten III Sekretariat Daerah OKU Romson Fitri mengatakan, Senin, pada peresmian pasar Talang Jawa Emak di Baturaja, pasar yang terletak di Desa Talang Jawa Kecamatan Baturaja Barat ini didukung oleh banyak pihak termasuk pemerintah setempat, mendapat perhatian khusus sehingga itu bisa berkembang lebih jauh.

Menurutnya, kehadiran pasar induk yang menjadi wisata kuliner di pagi hari sangat membantu perekonomian masyarakat, terutama setelah dua tahun pandemi COVID-19.

Selain nasi uduk, lontong, nasi goreng, pecel, gado-gado dan mie ayam, pasar induk ini menjual berbagai macam lalapan dengan harga terjangkau.

Ia berharap pasar yang dikelola ibu-ibu atau ibu rumah tangga ini bisa berkembang sehingga menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah tersebut.

“Kelola pasar dengan baik sehingga menjadi destinasi bagi masyarakat luas sehingga pasar Talang Jawa Emak bisa menjadi salah satu ikon Kabupaten OKU ke depan,” ujarnya.

Koordinator Pasar Talang Jawa Emak Eva Susanti menjelaskan, kehadiran pasar kuliner ini merupakan ide kreatif bagi ibu-ibu di desa Talang Jawa yang berpotensi menyiapkan menu sarapan dan jajanan untuk dijual di seluruh rumah. “Kemudian muncul inisiatif ibu-ibu untuk memulai pasar ini, sehingga kami menyebutnya pasar ‘Emak’,” jelasnya.

Saat ini, Mother Market yang buka setiap akhir pekan mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB ini dikelola oleh 50 pedagang yang menjual berbagai jenis makanan olahan rumahan dengan harga yang relatif murah.

“Makanannya home made semua dan harganya berkisar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per porsi,” katanya.

Source: sumsel.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button