KEK Singhasari resmi beroperasi dan siap menggaet penyelenggara pendidikan kelas dunia dan menjadi jantung ekonomi kreatif dan digital - WisataHits
Jawa Timur

KEK Singhasari resmi beroperasi dan siap menggaet penyelenggara pendidikan kelas dunia dan menjadi jantung ekonomi kreatif dan digital

KEMENTERIAN KOORDINASI BIDANG PEREKONOMIAN
REPUBLIK INDONESIA

KONFERENSI PERS
HM.4.6/682/SET.M.EKON.3/11/2022

KEK Singhasari resmi beroperasi dan siap menggaet penyelenggara pendidikan kelas dunia dan menjadi jantung ekonomi kreatif dan digital

Jakarta, 22 November 2022

Transformasi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terus ditingkatkan pemerintah, salah satunya dengan pembentukan KEK Singhasari melalui Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2019. Pendirian KEK Singhasari bertujuan untuk menambah nilai penguasaan teknologi dan sumber daya manusia serta dirancang dengan pendekatan pariwisata dan budaya. Selain itu, KEK Singhasari juga dilengkapi sebagai pusat pendidikan kelas satu sekaligus jantung ekonomi kreatif dan digital.

KEK Singhasari kini resmi berfungsi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Hal itu diwujudkan dengan diserahkannya Surat Keputusan Menko Perekonomian selaku Ketua Dewan Nasional KPK No. 2 Tahun 2022 oleh Deputi Bidang Koordinasi Pembangunan Wilayah dan Penataan Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo dan Plt. . Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Elen Setiadi di Malang, Senin (21/11).

“Perkembangan pendidikan di dunia menunjukkan peningkatan inisiatif untuk Transnational Education & Going Global Partnership. Hal ini terlihat dari banyaknya perguruan tinggi asing dari negara maju yang melebarkan sayapnya ke negara berkembang. Dalam hal ini Indonesia termasuk dalam posisi teratas sebagai destinasi yang termasuk dalam pengembangan ini,” ujar Plt Seknas KEK Elen Setiadi.

KEK Singhasari akan menghadirkan King’s College London (KCL), salah satu universitas terkemuka di peringkat 37 dunia dan 7 di Inggris. Kings College London akan bermitra dengan Universitas Indonesia dalam mewujudkan pengembangan pendidikan transnasional di KEK Singhasari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2022, dipimpin oleh Wakil Gubernur Jawa Timur bersama Sekretariat Jenderal Dewan Nasional KEK, Dewan Daerah KEK Provinsi Jawa Timur, Pengurus dan Badan Usaha Pembinaan dan Pengelolaan (BUPP) , KEK Singhasari diketahui secara fisik dan administratif telah memenuhi kriteria kesiapan operasional.

“Dengan diperolehnya status kesiapan operasional KEK Singhasari, kami akan meminta janji Badan Usaha Pembangun dan Pengelola KEK Singhasari untuk segera memenuhi targetnya sesuai dengan proposal tersebut,” kata Plt. Seknas KEK Elen Setiadi.

Dengan resmi beroperasi sebagai KEK, Badan Usaha (BU) dan Pelaku Usaha (PU) di KEK Singhasari nantinya berhak menggunakan fasilitas dan fasilitas tersebut terakhir itulah keistimewaan KEK. Fasilitas pajak berikut dapat digunakan: Liburan Fiskal dan tunjangan pajak, bebas bea masuk dan lain-lain. Untuk fasilitas non fiskal, PU dan BU di KEK Singhasari dapat menggunakan fasilitas khusus di bidang ketenagakerjaan, pertanahan, keimigrasian, ramah lingkungan dan dukungan infrastruktur terpadu.

Dengan memanfaatkan fasilitas dan kemudahan yang ada, BU dapat lebih meningkatkan daya saingnya dalam menarik investasi. Sekaligus fasilitas dan kemudahan tersebut mampu mengoptimalkan kegiatan usaha para pelaku usaha di KEK Singhasari. (KEK/peta/fsr)

***

Kantor Komunikasi, Layanan Informasi dan Hukum Acara
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Haryo Limanseto

Website: www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube: @EconomyRI
Email: [email protected]
LinkedIn: Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button