Terobosan kepadatan turis, acara malam tahun baru digelar di setiap kabupaten DIY - WisataHits
Yogyakarta

Terobosan kepadatan turis, acara malam tahun baru digelar di setiap kabupaten DIY

Harianjogja.com, JOGJADinas Pariwisata (Dispar) DIY memperkirakan selama liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), pergerakan wisatawan di DIY sebanyak 4 hingga 5 juta orang, sedangkan wisatawan yang menginap di hotel berbintang dan non bintang berjumlah 1 juta orang.

Untuk menghindari kepadatan turis di titik tertentu, tidak ada acara Malam tahun baru fokus pada destinasi wisata di kota jogja. Perayaan ini tersebar di empat kabupaten di DIY. administrasi acara Diharapkan juga akan diperpanjang durasi tinggal (LoS) di DIY.

Kepala Dinas Destinasi Pariwisata Dispar Yogyakarta Kurniawan mengatakan, libur Nataru bisa diperpanjang durasi tinggal Kalau bicara DIY, salah satu caranya adalah berorganisasi acara di destinasi wisata. Implementasi tersebar di empat pemerintahan di DIY.

“Sekarang banyak acaraApalagi malam tahun baru di kabupaten, di kota tidak ada, kecuali di penginapan hotel [event yang diadakan hotel secara mandiri]kata dia, Kamis (22/12/2022).

Saat ini, menurut Kurniawan, hingga 50% hotel di kota Jogja merayakan malam tahun baru secara mandiri. Namun perayaan malam pergantian tahun tidak dilakukan di tempat-tempat wisata di kota Jogja.

Ia menyampaikan, strategi ini dilakukan untuk memecah potensi kepadatan wisata di titik tertentu. “Mudah-mudahan sesuai arahan gubernur bisa dipecah oleh DIY agar tidak terkonsentrasi di kota seperti Malioboro. Tapi Anda bisa merayakan malam tahun baru di desa wisata, di kampdan sebagainya,” katanya.

BACA JUGA: Ledakan Keras Kamis Sore di Gunungkidul Masih Misteri

Selain itu, menurut Kurniawan, diharapkan adanya implementasi acara Malam pergantian tahun di destinasi tersebut bisa berdonasi durasi tinggal di DIY.

“Semoga bisa lebih baik lagi durasi tinggalJadi lebih lama bertahan daripada datang dan kembali lagi,” ujarnya.

Ada yang direncanakan hingga Kamis (22/12/2022) siang acara Malam tahun baru di tiap kabupaten di DIY yakni empat acara di Kabupaten Bantul lima acara di Kabupaten Sleman dan dua acara di Kabupaten Kulon Progo. Gunungkidul belum memastikan berapa event yang akan digelar acara selama Malam Tahun Baru.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button