Pelaku Pariwisata di Jateng Harus Bersatu untuk Maju Bersama – PETISI.CO - WisataHits
Jawa Tengah

Pelaku Pariwisata di Jateng Harus Bersatu untuk Maju Bersama – PETISI.CO

SEMARANG, PETISI.CO – Pemangku kepentingan pariwisata di Jawa Tengah perlu bersatu dan memanfaatkan perubahan perilaku masyarakat yang menjadikan kegiatan pariwisata sebagai gaya hidup sementara pandemi covid-19 secara bersamaan menurun.

Konsultan Pelaku Pariwisata (PPW) Jawa Tengah, Dr. dr Budiyanto, SH, M.Hum mengatakan sektor pariwisata sempat terpukul dan lumpuh total selama pandemi Covid-19 dua tahun lalu.

“Tidak hanya sektor pariwisata di dalam negeri, tetapi juga seluruh dunia lumpuh ketika dunia dilanda Covid-19. Saat ini sektor pariwisata mulai bangkit seiring dengan tren penurunan Covid-19,” kata Budiyanto saat ditemui pejabat PPW Jateng di Jakarta. Extreme Culinary Resto, Jalan Pamularsih Semarang, Senin (3/10)

Menurutnya, revitalisasi sektor pariwisata membutuhkan kerja sama semua pihak, mulai dari pemerintah, pemangku kepentingan pariwisata, dan masyarakat.

Khusus bagi para pemangku kepentingan pariwisata, lanjutnya, harus menghindari keegoisan demi keuntungan sendiri, semangat berbagi dan saling memberi nilai tambah harus ditumbuhkan, karena untuk mendongkrak sektor pariwisata, dimanapun berada harus diciptakan suasana kebersamaan.

“Suasana kebersamaan akan mendorong munculnya multiplier effect atau dampak ganda yang menggerakkan sektor riil secara langsung,” kata Budiyanto.

Namun, menurut Budiyanto, saat ini ada kecenderungan pariwisata menjadi gaya hidup masyarakat terutama di semua kalangan seperti kelompok ibu-ibu PKK di RT, pengurus RT dan RW, kelompok pengajian dengan program wisata ziarah ke instansi pemerintah, swasta, BUMN. lembaga pendidikan maupun swasta.

“Perubahan gaya hidup ini perlu dirangkul dan dirangkul sebagai peluang yang dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata. Kondisi serupa, yakni perluasan sektor pariwisata, juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan dan kekayaan masyarakat,” imbuhnya.

Di penghujung acara, seluruh pengurus PPW Jawa Tengah sepakat untuk bersatu padu dan membangun kebersamaan untuk merevitalisasi sektor pariwisata dengan mengimplementasikan slogan yang digagas Budiyanto, yaitu:

“Tali sepatu, masyarakat pariwisata perlu bersatu jika ingin maju,” tambahnya.

Oleh karena itu, mulai sekarang para pemangku kepentingan pariwisata harus mulai bekerja cerdas dan bekerja keras untuk membangun jaringan semua pihak yang terkait dengan sektor pariwisata, misalnya pengelola objek daya tarik wisata, akomodasi, transportasi, pemandu wisata, pusat oleh-oleh dan semua masyarakat yang terkait. ke dunia pariwisata pariwisata.

“Selain itu akan dibuat program paket wisata yang meriah dan murah agar menjadi pilihan banyak orang, dan meningkatkan keramahan atau keramahan dalam pelayanan,” kata Budiyanto.

Dalam Forum Persahabatan PPW Jateng ini hadir seluruh pengurus dan pendiri PPW Jateng yaitu; Ketua Umum Arief Amarudin, Sekretaris, Lilik, Pendiri PPW Jawa Tengah; Nazri Indris, Hendro, Joko Dhika, Sarjono dan Teguh serta Ketua Panitia HUT PPW Jateng; Budi Primadiaksa. (jeruk nipis)

Kunjungan: 181

->

Source: petisi.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button