Pecinta durian berkumpul! Inilah Rangkaian Wisata Kebun Durian di Kota Semarang - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Pecinta durian berkumpul! Inilah Rangkaian Wisata Kebun Durian di Kota Semarang – Solopos.com

Pecinta durian berkumpul!  Inilah Rangkaian Wisata Kebun Durian di Kota Semarang – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengunjung memajang buah Durian saat berkunjung ke Kebun Durian Watu Simbar. (Instagram @watusimbardurian)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang sampai sekarang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil durian di Jawa Tengah (Jawa Tengah). Oleh karena itu, banyak juga tempat wisata di Semarang yang menawarkan konsep kebun durian.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, Kota Semarang mampu menghasilkan 11.267 kwintal durian per tahun. Ada dua daerah di Semarang yang menjadi sentra penghasil durian, yakni Kecamatan Mijen dan Gunungpati.

Special Offers Penawaran spesial yang menarik, menginap di Loa Living Solo New Bisa nonton Netflix sepuasnya!

Selama setahun, kawasan Mijen bisa menghasilkan 7.288 kwintal durian. Gunungpati kini memproduksi sekitar 2.386 kwintal durian.

Sebagai salah satu kawasan penghasil durian di Semarang, Gunungpati juga memiliki banyak tempat wisata yang mengusung konsep kebun durian.

Pos tunggal EMagz

Berikut ini adalah wisata kebun durian di kota Semarang yang sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Gunungpati.

1. Kebun Durian Temu Kencono

Kebun Durian Temu Kencono berada di kawasan Kecamatan Gunungpati tepatnya di Jalan MR Koesbiyono Tjondro Wibowo, Sumur Jurang, Sumurejo. Kebun Durian Temu Kencono telah dibuka sejak tahun 1995 dengan konsep agrowisata.

Di sini pengunjung bisa menikmati kesegaran alam dan menyantap durian di bawah rindangnya pepohonan. Lokasi taman ini tidak jauh dari kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Di kebun ini para pecinta durian juga bisa menikmati berbagai jenis durian seperti durian manuk, durian sunan, durian montong dan durian sukun.

Solopos interaktif

2. Kebun Durian Monti

Dikutip dari situs gunungpati.semarangkota.go.id, salah satu varietas durian yang terkenal di Gunungpati adalah Durian Montong. Durian jenis ini juga sering disebut sebagai Durian Monti yang merupakan akronim dari Montong Gunungpati.

Untuk menikmati durian tersebut, pecinta durian bisa berkunjung ke Monti Durian Garden di Desa Sekorame. Di sini pengunjung bisa menikmati Durian Monti yang terkenal manis, rasanya jumbo asli.

3. Kebun Durian Watu Simbar

Kebun Durian Watu Simbar sangat populer di kalangan pecinta durian di kota Semarang. Dilaporkan oleh Direktori pariwisata.idKebun Durian Watu Simbar merupakan tempat wisata yang menawarkan konsep kebun durian di kota Semarang.

iklan

Di tempat ini, wisatawan tidak hanya bisa merasakan sensasi menikmati durian sepuasnya dengan harga yang cukup terjangkau. Di Kebun Durian Watu Simbar, wisatawan juga disuguhi pemandangan perkebunan menghijau yang menyegarkan mata.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat berbagai wahana untuk wisatawan mulai dari paviliun, flying fox, pondok penginapan hingga tempat ibadah.

4. Kafe Kebon Duren Markonah

Tempat wisata yang menawarkan konsep kebun durian di Semarang ini tidak berada di kawasan Gunungpati. Tempat wisata ini sebenarnya berada di kawasan Banyumanik.

Restoran durian ini memiliki konsep kembali ke alam atau bersandingan dengan alam, di mana sebuah kafe didirikan di tengah-tengah kebun durian. Pengunjung yang datang juga disuguhi suasana taman sambil menikmati buah durian.

Selain itu, kafe ini juga menawarkan makanan olahan dengan bahan dasar durian seperti cendol dawet durian, kebab durian, durian dan masih banyak lagi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button