Patung, nampan, fosil keris purba dipamerkan di Gedung Sunan Pandanaran Klaten selama 4 hari - WisataHits
Yogyakarta

Patung, nampan, fosil keris purba dipamerkan di Gedung Sunan Pandanaran Klaten selama 4 hari

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Sejumlah benda bersejarah yang terdapat di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Tengah dipamerkan di Kabupaten Klaten selama 4 hari, yakni mulai 4 hingga 8 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud) Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Klaten di Gedung Sunan Pandanaran Desa Kabupaten Klaten Tengah.

Acara tersebut bertajuk Pameran Wisata Museum Dolan Klaten.

Selain koleksi Museum Ranggawarsita, koleksi Museum Daerah Klaten, Wayang Omah Klaten, Museum BPK RI Magelang, Monumen Pers Nasional, Museum BPSMP Sangiran, Museum Rembang Putih Tuban, BPCB Jawa Tengah, Museum Samudra Raksa, Expo SMK/SMA , Cerita UKM Tanah Jawa dan Klaten.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, Museum Dolan Klaten merupakan pertama kalinya Museum Ranggawarsita menjadi tuan rumah di Jawa Tengah sekaligus merayakan HUT ke-218 pemerintahan Klaten.

“Semoga menambah khasanah anak-anak kita karena di sini (museum) banyak replika koleksi museum di Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Dikatakannya, museum merupakan pusat kemajuan budaya sekaligus ruang edukasi yang menyenangkan, apalagi jika masuk ke museum ini gratis.

“Semoga kegiatan ini mendukung potensi yang ada di Kabupaten Klaten, cagar budaya dan UMKM. Mudah-mudahan juga bisa mendongkrak perekonomian Kabupaten Klaten,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Jawa Tengah Uswatun Hasanah mengatakan, pameran keliling Museum Dolan Klaten mengambil tema museum dan menginspirasi masa depan saya.

Ia menjelaskan, kehadiran Museum Ranggawarsita merupakan salah satu inspirasi yang bisa meningkatkan museum-museum yang ada di Kabupaten Klaten.

“Kami berharap museum ini dapat menjadi salah satu objek, tidak hanya untuk pariwisata, tetapi juga untuk studi karakter di tanah air, khususnya di Jawa Tengah dan khususnya di Kabupaten Klaten, dan sumber belajar dari TK, SD , keinginan SMP dan SMA/SMK serta industri kreatif semakin meningkat,” ujarnya.

Direktur Museum Ranggawarsita Djoko Nugroho Witjaksono mengatakan, dengan adanya pameran keliling di Museum Ranggawarsita ini, Pemkot Klaten dapat memperkenalkan dan mendekatkan Museum Ranggawarsita dan enam situs warisan dunia di Jawa Tengah.

Ia menyebutkan enam situs warisan dunia yang representasinya berada di Jawa Tengah, antara lain Candi Borobudur, Situs Sangiran, Candi Prambanan, Batik, Keris, dan Wayang.

“Kami persembahkan untuk masyarakat Klaten agar lebih bangga lagi menjadi warga Jateng,” pungkasnya.

Beberapa koleksi dipamerkan pada kesempatan ini, antara lain nampan, arca, keris, batik, lurik, fosil seperti replika tengkorak manusia purba, gading gajah dan lain sebagainya.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button