Gudeg Manggar yang enak bikin ketagihan, kuliner khas Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Gudeg Manggar yang enak bikin ketagihan, kuliner khas Yogyakarta

EINFALL24.COM-Hingga saat ini, terdapat berbagai jenis masakan Yogyakarta yang populer di kalangan masyarakat karena keunikan dan kelezatannya.

Ketika kita pergi ke Yogyakarta, kita dapat dengan mudah merasakan masakan khas yang membuat kita tak terlupakan.

Di antara kelezatan kuliner tersebut, ada kuliner yang unik yaitu Gudeg Manggar seperti dikutip dari indonesiakaya.com. Kemendikbudristek).

Nama Gudeg Mangar berasal dari bahan yang digunakan yaitu kuntum kelapa atau biasa disebut mangar.

Syarifuddin Murbawono (2013:84) dalam Monggo Mampir: Jajan Rasa di Jogja menjelaskan bahwa mangga digunakan sebagai alternatif pengganti nangka muda yang harganya mahal.

Namun, keadaan ini tidak berlangsung lama, karena nangka telah menjadi bahan makanan yang relatif murah dan mudah ditemukan.

Seiring bertambahnya jamur gudeg nangka, gudeg manggar kini menjadi hidangan langka dan banyak dicari pembeli karena ragam rasa dan keunikannya sendiri.

Cara pembuatan gudeg manggar mirip dengan gudeg nangka. Namun, Gudeg Mangar memakan waktu lebih lama dari Gudeg Gori.

Dibutuhkan sekitar 3 hari untuk menghilangkan rasa astringen dan membuat tekstur kuntum kelapa lebih lembut untuk dimakan.

Beberapa warung Gudeg Manggar yang bisa anda kunjungi adalah Warung Gudeg Manggar Bu Dullah atau Gudeg Manggar Bu Yayuk di kawasan Kadipiro yang buka 24 jam***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button