Gunung Butak dan padang savana yang indah akan membuat Anda betah - WisataHits
Jawa Timur

Gunung Butak dan padang savana yang indah akan membuat Anda betah

Gunung Butak dan padang savana yang indah akan membuat Anda betah

Surabaya

Mendaki gunung di Jawa Timur bukan hanya tentang Semeru, Arjuno dan Raung. Banyak gunung keren lainnya yang patut dicoba.

Salah satunya adalah Gunung Butak. Gunung ini berada di perbatasan antara Blitar dan Malang.

Hal yang paling menarik dari gunung ini adalah hamparan sabana (biasa disebut savana) yang indah dan membuat betah. Selain itu, bunga abadi (edelweiss) juga mewarnai kawasan tersebut.

Menurut artikel di situs resmi Universitas Krisnadwipayana, Gunung Butak memiliki empat jalur pendakian. Berikut keempat jalur tersebut:

  1. Via Sirah-Kencong (rute Semen-Gandusari-Desa Blitar)
  2. Tentang Gunung Kawi Kepanjen
  3. Tentang Desa Gading Kulon-Dau-Malang
  4. Diatas Gunung Panderman, Batu
Salah satunya adalah Gunung Butak.  Gunung ini berada di perbatasan antara Blitar dan Malang.Pendaki di sabana Gunung Butak/ Foto: Supatra Rojali

Hal menarik lainnya, Gunung Butak memiliki dua jenis hutan. Yaitu hutan hujan tropis dan hutan lumut.

Suhu udara bisa mencapai 0-10 derajat Celcius pada malam hari. Pada siang hari suhu sekitar 15 derajat Celcius.

Gunung Butak memiliki ketinggian 2.868 mdpl. Hamparan sabana yang mempesona kerap menjadi kenyamanan bagi para pendaki dalam perjalanan menuju puncak.

Pendakian via Sirah-Kencong memiliki daya tarik lebih dibanding jalur lainnya. Karena pendaki melintasi vegetasi yang berbeda.

Di ketinggian 1.400 hingga 1.500 mdpl, pendaki akan menemukan vegetasi bergamthyst, paku-pakuan, pisang batu, dan berg mlandingan.

Salah satunya adalah Gunung Butak.  Gunung ini berada di perbatasan antara Blitar dan Malang.Gunung Butak Sabana/ Foto: Supatra Rojali

Di ketinggian 1.500 hingga 2.500 mdpl, pendaki melintasi vegetasi alang-alang, cantigi, congkok, timun hutan, bandotan, wali songo dan kirinyuh.

Sedangkan hamparan sabana berada di ketinggian 2.500 hingga 2.868 mdpl. Ada cemara, edelweiss, semanggi gunung, ageratina riparia, raspberry gunung, dan daun rusa.

“Savana Buthak selalu menjadi tempat impian bagi penikmat kabut lembut dan padang rumput. Ilalang yang benar-benar membuai mata tak mau ketinggalan apalagi menikmatinya dengan tenda-tenda dan ditemani hidangan yang kita bayangkan makan di tempat seindah ini. DUUHH WARBYAZAH!! ! Salam Lestari,” tulis seorang pendaki asal Surabaya mengutip Supatra Rojali detik Jawa TimurJumat (13/1/2023).

Pendaki yang dikenal dengan nama Drax itu mengaku empat kali mengunjungi Gunung Butak. Baginya, pendaki selalu betah berada di sabana Gunung Butak.

“Sumber air di Savana Butak banyak. Anda tidak ingin pulang lagi. Padang savana yang luas cenderung memanjakan mata para penikmatnya,” pungkasnya.

Simak video Penjelasan Psikolog Tentang Lato-Lato Bikin Anak Ketagihan
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/lemak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button