Pariwisata di Jogja terus bergerak, kerjasama dan promosi adalah kuncinya | Bank Indonesia sendiri - WisataHits
Jawa Tengah

Pariwisata di Jogja terus bergerak, kerjasama dan promosi adalah kuncinya | Bank Indonesia sendiri

Pariwisata Jogja terus maju, kolaborasi dan promosi adalah kuncinya

Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan kawasan dengan potensi wisata yang terus berkembang dan dikelola dengan baik.

Pengerjaan juga dilakukan di desa-desa terpencil agar tetap bisa menarik pengunjung.Salah satu destinasi yang ingin dikembangkan adalah Bukit Obelix yang terletak di Klumprit, Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Meski baru berdiri pada tahun 2021, Obelix Hills kini menjadi salah satu destinasi wisata paling menarik di Jogja.

Promosi Daihatsu Rocky, Mobil Harga Rp 200 Jutaan Jadi Hanya Rp 99.000 Hadir dengan Menawarkan Pemandangan Jogja dari Lokasi Puncak Bukit. Tempat ini juga terlihat indah karena melestarikan bebatuan alam yang konon merupakan sisa-sisa aktivitas gunung purba. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan matahari terbenam dari destinasi ini.

Lanjut membaca:
pos solo »

Lolos uji faktual Pilkada 2024, Ketua KPU: Partai Perindo dinyatakan memenuhi syarat

Ketua KPU Hasyim Asyari menjelaskan, penilaian tinjauan faktual didasarkan pada dua hal. Yang pertama adalah administrasi dan yang kedua adalah kantor. Baca Selengkapnya >>

Ini 3 Kecamatan di Kota Semarang yang Rawan LongsorBerikut tiga wilayah rawan longsor di Kota Semarang per kecamatan menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

VW Frog akan menjadi salah satu peserta di sprint rally Jogja 2022Salah satu peserta reli di VW Frog 1974.

Bantu atasi kelangkaan air bersih di Gunungkidul, Srikandi Ganjar bangun sumur bor sendiriSrikandi Ganjar, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggelar doa bersama demi kelancaran dan pembangunan sumur bor di Desa Pengkol, Ngkimpar,…

Ditengah Masalah Ijazah Palsu, Jokowi Bertemu Teman Kuliahnya di Jogja |Republika OnlineJokowi menggunakan foto untuk mengingat aktivitasnya selama kuliah.

VIRAL Petugas Pemadam Kebakaran Jogja Bantu Wanita Lepas Cincin Di Jari Yang Terluka Kucing – Tribunnews.comPostingan petugas pemadam kebakaran Jogja yang membantu seorang wanita melepas cincin di jarinya yang sebelumnya digigit kucing peliharaannya menjadi viral di Twitter.

Bahkan target di pelosok desa sudah diedit agar tetap bisa menarik pengunjung: SOLOPOS, VW kodok hingga trek licin licin mulus, sumur bor di Desa Pengkol, Ngkimpar, Gunungkidul.

Salah satu destinasi yang ingin dikembangkan adalah Bukit Obelix yang terletak di Klumprit, Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Meski baru berdiri pada tahun 2021, Obelix Hills kini menjadi salah satu destinasi wisata paling menarik di Jogja. (Freepik. Daihatsu Rocky Promotion, Mobil Dibanderol Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99. Baca Juga: Kompas.000 Menawarkan Pemandangan Jogja dari Ketinggian di Puncak Bukit. , Bukan Hanya Potensi Menjadi sesuatu yang menyebabkan banjir, tetapi juga tanah longsor. Tempat ini juga terlihat indah karena melestarikan bebatuan alam yang konon merupakan sisa-sisa aktivitas gunung purba. Untuk itu, kami berinisiatif menghadirkan solusi untuk mengatasi kekurangan air bersih .

Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan matahari terbenam dari destinasi ini. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Winarsono mengatakan, ada tiga kecamatan di Kota Semarang yang rawan longsor saat musim hujan. com, Minggu (16/10/2022). Obelix Hills diketahui berada di atas sebuah bukit di kawasan Klumprit. Meski cukup jauh dari hiruk pikuk kota, destinasi ini tetap bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Daihatsu Rocky Promotion, harga mobil Rp 200 juta jadi hanya Rp 99. Pengelola Obelix Hill mengakui bahwa banyak upaya yang perlu dilakukan untuk menggarap destinasi wisata ini agar tetap menarik bagi wisatawan kemarin di putaran pertama, yang gagal di putaran kedua dan kali ini terjadi lagi, ”kata Ipank. Salah satunya adalah kerjasama antar pihak dalam melakukan promosi. Warga tinggal di tebing yang konturnya bertingkat-tingkat, masih aman. Kami juga berharap dapat menginspirasi orang lain.

Baca Juga: Berwisata Nyaman Tanpa Takut Hujan, Berikut Jadwal KRL Solo Jogja Hari Ini. Ia menjalin kerja sama dengan berbagai pihak di dunia pariwisata. Baik dengan pemerintah, dinas promosi pariwisata daerah, media massa dan sebagainya. Sementara itu, Camat Gajahmungkur Ade Bhakti meminta warga yang tinggal di daerah perbukitan meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana di musim hujan. “Kemarin saya menyelesaikan special stage 2 kali, yang pertama di posisi 1, yang kedua ada masalah dengan kabel busi, jadi hasilnya kurang memuaskan,” kata Ipank. Pengelola juga bekerja sama dengan BUMDes setempat dalam administrasinya. Selain itu, menurut pengelola, lokasi tersebut awalnya digunakan oleh BUMDes setempat untuk membuat destinasi ekskursi berupa jalur sepeda. Belum lama ini, pohon tumbang di Kecamatan Gajahmungkur, lebih tepatnya di Kecamatan Petompon dan Sampangan. Namun, perjalanannya kurang dikenal. Ia mengatakan hari ini masih harus menebus kekurangan kemarin, sehingga ia berharap SS2 kali ini bisa meraih hasil maksimal. Menurutnya, masyarakat Dukuh Kebonjero sangat membutuhkan sumur bor terutama di awal musim kemarau yang selalu menjadikan kelangkaan air bersih menjadi masalah serius bagi masyarakat.

“Dulu dikelola oleh BUMDes sebagai area bersepeda juga. Kawasan rawan longsor di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang meliputi sejumlah wilayah seperti Desa Bendenan, Desa Lempongsari, RW 009 Desa Gajahmungkur dan kawasan mobile land di Desa Bendan Nduwur. Tapi tidak banyak meledak, akhirnya kami coba membangun, lalu bekerja sama,” kata Rizki, Operations Representative Obelix Hills, Jumat (14/10/2022). Di dalam, Obelix Hills mencoba menawarkan hal yang berbeda kepada pengunjung. Terutama Desa Bendungan yang sudah lama memiliki banyak lahan di bawah Bukit Pereng. Sejauh ini, pengelola Obelix Hills berusaha tidak merusak lingkungan. Batu alam asli masih terjaga, pengelola hanya menambah jalur untuk pejalan kaki. Evakuasi Pemantauan aktivitas warga yang memiliki rumah langsung di bawah Pereng seiring hujan yang mengguyur kawasan Gajahmungkur belakangan ini cukup deras. Lihat juga:.

Bangunan ini juga tidak dimaksudkan untuk permanen. Dengan cara ini, suasana indah di lereng tebing yang masih berada di dekat gunung api kuno Nglanggeran tetap terjaga. Mereka tinggal tepat di bawah bukit,” lanjut Ade. Baca Juga : Harga Mahal, Nelayan Gunungkidul Tertarik Memancing & Menjual Aspek Sanitasi juga menjadi perhatian khusus di situs ini. Bahkan toilet tetap bersih. Intinya seperti penutup tebing yang masih berupa tanah. Sementara itu, disediakan tempat tersendiri bagi UMKM lokal untuk memamerkan produk lokal.

“Kami juga mengadakan pasar Jemuah setiap hari Jumat yang menjual makanan tradisional, jamu, dll yang disiapkan di area khusus,” katanya. Sementara itu, Muhammad Abdullah, Wakil Ketua Bidang Promosi dan Investasi Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY yang juga Wakil Ketua Badan Promosi Daerah DIY, mengatakan pariwisata merupakan sektor yang membutuhkan dukungan semua pihak dalam pengembangannya. Baca Juga: Gunungkidul dari Hutan Pelarian Prajurit Majapahit Jadi Wisata Populer “Mengapa Pariwisata Tumbuh di Jogja? Karena kami selalu bekerja sama. Pentahelix sangat penting untuk pengembangan pariwisata,” ujarnya. Untuk itu diperlukan partisipasi bersama dalam pengembangan pariwisata, mulai dari pemerintah, akademisi, jurnalis, pelaku usaha hingga masyarakat.

Di sisi lain, Nugroho Joko Prastowo, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, mengatakan ada formula yang perlu diperhatikan untuk mengenali potensi wisata di suatu daerah. Rumusnya adalah 3A2P (Aksesibilitas, Amenitas, Daya Tarik, Bisnis dan Promosi). Menurutnya, sebuah tujuan harus mudah dan jelas untuk diakses atau tidak membingungkan. Amenity meliputi segala fasilitas penunjang termasuk kebersihan dan kenyamanan. Lalu ada atraksi.

“Kota dengan akses yang baik, banyak hotel, tetapi sedikit atau tidak ada atraksi, kunjungan lebih sedikit,” katanya, Jumat, dalam kegiatan peningkatan kapasitas tim media di Jogja. .

Source: headtopics.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button