Menjelajahi wisata khusus pendaki gunung di pemerintahan Pangandaran - WisataHits
Jawa Barat

Menjelajahi wisata khusus pendaki gunung di pemerintahan Pangandaran

WAKTU INDONESIA, PANGANDARAN – Selain tempat wisata laut dan sungai, Kabupaten Pangandaran juga memiliki tempat wisata khusus pendakian gunung.

Panorama alam pegunungan di Kabupaten Pangandaran juga sangat eksotis dan bisa dikembangkan menjadi wisata khusus bagi para pendaki.

Acep, aktivis pendaki gunung asal Pangandaran, mengatakan pegunungan di Kabupaten Pangandaran cocok untuk pendaki pemula. “Pendaki gunung kebanyakan melakukan aktivitas pendakian karena hanya ingin menyatu dengan alam,” kata Acep, Senin (14/11/2022).

Berikut beberapa gunung yang cocok sebagai area pendakian bagi pemula:

Pegunungan Pilar Hill.

Pegunungan Bukit Pilar terletak di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Suasana pegunungan ini menawarkan berbagai panorama alam seperti persawahan, hutan dan pemandangan pantai barat Pangandaran.

Dari lokasi Gunung Bukit Pilar, alam Pangandaran dapat terlihat dengan sangat jelas. Untuk menuju lokasi ini, dibutuhkan waktu 45 menit berkendara ke arah utara Jalan Kecamatan Cigugur menuju Kecamatan Langkaplancar dari Alun-alun Parigi.

Gunung Godogan.

Gunung Gedogan terletak di Dusun Cimenjeti Kaler, Desa Jayasari, Kecamatan Langkap Halus, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Jarak dari Bundaran Pangandaran Marlin hanya 1 jam 41 menit (53,2 km) melalui Jl. Raya Cijulang ke Jalan Parigi, lalu belok kanan di lampu merah hingga mencapai Langkaplancar.

Perjalanan Anda akan disuguhkan dengan panorama persawahan dan hutan pinus di kanan kiri jalan. Penduduk setempat mengakui bahwa nama Gedogan memiliki arti kandang kuda.

Gunung ini sangat cocok untuk didaki, meski tidak sebanyak gunung indah lainnya di Jawa Barat yang sering dikunjungi para pendaki. Puncak di Gunung Godogan semakin eksotis karena masih jarang dijamah oleh para pendaki.

Gunung Harendong.

Gunung Harendong terletak di Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Yang paling unik dari Gunung Harendong adalah letaknya yang berdampingan dengan Kabupaten Ciami.

Lokasi sangat direkomendasikan untuk mencapai puncak Harendong Pangangonan atau puncak PHP. Tempat perkemahan juga sering disebutkan di lokasi ini.

Gunung Haur

Gunung Haur terletak di Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran. Gunung Haur adalah geologi yang berasal dari batuan breksi Formasi Jampang yang diperkirakan terbentuk 18 juta tahun yang lalu.

Gunung di Cigugur ini menawarkan panorama keindahan saat Anda melihat matahari terbit dan terbenam. Pendaki yang menginap bisa menikmati keindahan alam sambil berkemah. Meski memiliki jalur yang cukup terjal, pendaki bisa dihadapkan dengan panorama bebatuan breksi yang indah.

Gunung Parang

Gunung Parang terletak di Desa Jayasari, Kecamatan Lkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Gunung Parang paling sering digunakan oleh pendaki dari berbagai daerah. Selain panorama alamnya yang eksotis, Gunung Parang bisa melihat keindahan Pantai Pangandaran.

Gunung dengan ketinggian 758 MDPL ini menjadi magnet bagi pecinta alam di kalangan mahasiswa dan mahasiswa.

Selain itu, di puncak Gunung Parang terdapat makam keramat bersejarah yang dikenal dengan nama Astana Panjang, tempat dimakamkannya Sendora dan Sembada, yang erat kaitannya dengan sejarah pemerintahan Pangandaran dan wilayah Sunda.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram Update TI. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button