Temukan pesona tersembunyi di barat daya Jawa - WisataHits
Jawa Barat

Temukan pesona tersembunyi di barat daya Jawa

Menjelajahi wilayah Jawa Barat Daya, mulai dari kawasan pesisir yang meliputi Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya, banyak disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Pesona tersembunyi antara lain Pantai Cidaun, Santolo, Rancabuaya, Sayangheulang dan pantai lainnya.

Dari pusat kota Bandung, pantai-pantai ini dapat diakses melalui Ciwidey, Kabupaten Bandung, atau melalui Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Melewati jalur Bandung-Ciwidey, wisatawan disuguhi pemandangan Air Terjun Ceret yang terletak tak jauh dari tepi jalan raya di kawasan Naringgul, Cianjur Selatan.

Pantai-pantai di sepanjang jalur selatan Jawa Barat memiliki pesona tersendiri. Di Pantai Cidaun, Kabupaten Cianjur misalnya, Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah, juga banyak sapi liar yang merumput dengan bebas, yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang melewati kawasan tersebut.

Sedangkan pantai Pameungpeuk, Kabupaten Garut, menyuguhkan pantai berpasir putih dengan latar belakang kemegahan Gunung Papandayan. Di pantai yang dikenal dengan nama Pantai Santolo ini, puluhan penginapan murah dan toko suvenir bermunculan bak jamur.

Potensi pariwisata, termasuk yang ada di Jabar bagian selatan, menjadi fokus Pemprov Jabar untuk menggenjot perekonomian setelah dihantam pandemi COVID-19. Adanya Perpres Nomor 87 Tahun 2021 untuk percepatan pembangunan kawasan Rebana dan Jawa Barat bagian selatan juga menjadi angin segar bagi warga sekitar karena diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di sektor pariwisata.

Selain di daerah pesisir, pemandangan indah juga dapat dilihat di daerah pegunungan, yang juga memiliki potensi ekonomi di sektor agribisnis. Salah satunya adalah perkebunan teh yang membentang dari Rancabali, Kabupaten Bandung hingga Bale Gede, Kabupaten Cianjur. Teh dari perkebunan tersebut telah merambah pasar ekspor di seluruh dunia dan 10 negara tujuan teratas adalah Malaysia, Belanda, Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Polandia, Uni Emirat Arab, Rusia, Jerman dan Pakistan.

Selain teh, ada juga perkebunan strawberry di sepanjang jalan yang dimulai di kawasan Ciwidey. Berada di ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut, Ciwidey merupakan tempat yang cocok untuk menanam stroberi. Hasil panen strawberry rata-rata dijual oleh petani lokal ke kota Bandung tepatnya ke berbagai pusat oleh-oleh dan pusat perbelanjaan ternama.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini tengah berupaya mengembangkan wilayah selatan Jawa Barat dengan melakukan promosi untuk menarik investor lokal maupun asing. Menurut Noneng Komara Nengsih, Kepala Badan Penanaman Modal Terpadu Perizinan Terpadu Satu Pintu (DMPPTSP) Provinsi Jawa Barat, ada 81 program pembangunan di Jabar bagian selatan dengan total biaya Rp 108 triliun. Dari 81 program tersebut, terdapat 59 unit program pembangunan infrastruktur, 5 unit program pengembangan ekonomi pertanian, 8 unit program pengembangan kelautan dan perikanan, dan 9 unit program pengembangan pariwisata.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button