Pantai Tanjung Karang, tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset di Lombok - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Karang, tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset di Lombok

Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 06.00-07.00 WIB, Alamat: Jl.Sultan Kaharudin, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu cara untuk menyegarkan kembali semangat agar bisa kembali beraktivitas profesional dengan semangat adalah dengan pergi berlibur. Liburan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menjaga kewarasan dan semangat kita. Di Indonesia sendiri, ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata menarik yaitu Lombok. Pulau ini kaya akan tempat-tempat indah yang menawarkan panorama indah. Baik wisata pantai, wisata gunung maupun wisata buatan. Pergi ke Pulau Lombok akan langsung menyegarkan semangat Anda.

Pantai Tanjung Karang, Lombok sangat direkomendasikan. Pantai ini memang tidak sepopuler dan setenar Pantai Senggigi. Namun, pantai ini juga menyuguhkan beragam keindahan. Untuk informasi yang lebih lengkap, berikut ini akan dibahas lebih detail.

Objek Wisata Pantai Tanjung Karang

Objek Wisata Pantai Tanjung KarangKredit gambar: Google Maps Muhammad Azam Zami

1. Banyak spot foto

Saat seseorang pergi berlibur, tentunya salah satu hal yang mereka cari adalah spot foto yang menarik. Anda yang ingin mengunjungi Pantai Tanjung Karang akan menemukan spot-spot foto yang instagrammable. Karena pemandangan yang disajikan sangat indah, tempat ini memiliki banyak spot foto.

Banyak orang juga datang ke pantai untuk berfoto selfie. Latar belakangnya adalah lautan biru dengan gulungan ombak yang indah, akan sangat sempurna saat Anda mengabadikan foto.

2. Berbagai Porsi Kuliner

Bagi penikmat kuliner, daya tarik yang satu ini tentu tidak bisa dipungkiri. Seperti yang Anda tahu, Lombok menawarkan beragam kuliner yang bisa menggugah lidah Anda. Anda juga bisa menemukan ini di Pantai Tanjung Karang. Beragam kuliner yang tersedia bisa membuat Anda ketagihan.

Harga menu-menu yang ditawarkan di warung sekitar pantai juga relatif terjangkau. Anda bisa mencicipi hidangan seperti plecing terong, plecing kangkung, ikan bakar, sate dan berbagai kuliner lainnya. Dan tentunya juga berbagai jenis seafood yang bisa anda santap.

3. Pemandangan dari perahu nelayan

Di sekitar pantai juga banyak dijumpai deretan perahu nelayan yang berjejer rapi. Perahu nelayan menjadi daya tarik utama pantai ini. Perlu diketahui, pantai ini memang merupakan kawasan tempat bersandarnya perahu-perahu nelayan.

Bahkan tak sedikit orang di sekitar tempat itu menyebut Pantai Nelayan Pantai Tanjung Karang. Karena memang pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling padat aktivitas nelayan di kota Mataram. Tidak jarang perahu nelayan disewakan kepada wisatawan yang berkunjung dan ingin berkeliling.

4. Ada fasilitas untuk anak-anak

Yang tak kalah menarik adalah di pantai ini Anda bisa menikmati fasilitas bermain anak. Di sinilah tempat bermain anak-anak seperti seluncuran, ayunan dan berbagai jenis permainan lainnya nantinya berada. Selain itu, ada juga taman baca yang disediakan di tepi pantai.

Tempat ini menyimpan berbagai macam buku yang sangat menarik untuk dipelajari. Buku-buku ini tidak hanya diperuntukkan bagi warga sekitar, namun pengunjung juga dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan. Bahkan ada yang menggunakan Taman Baca untuk belajar bersama anak-anak.

5. Area memancing tersedia

Atraksi ini sangat cocok bagi Anda yang gemar memancing. Dijelaskan, di pantai Tanjung Karang banyak terdapat nelayan. Jadi jangan heran jika Anda bisa menemukan tempat memancing di sana. Tidak hanya digunakan oleh penduduk setempat, tetapi juga oleh wisatawan.

6. Dekat dengan pusat kota

Padahal, jarak antara pantai dan pusat kota sangat dekat. Kedekatan lokasi tersebut memberikan pesona tersendiri bagi pantai ini. Sehingga wisatawan tidak perlu jauh-jauh jika ingin melihat pemandangan pantai di pusat kota Mataram.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pantai Tanjung KarangKredit gambar: Google Maps Muhammad Azam Zami

Pantai Tanjung Karang Lombok seperti yang telah dijelaskan di atas cukup dekat dengan pusat kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Akses menuju pantai ini sudah sangat bagus. Anda dapat menggunakan transportasi umum. Namun, agar perjalanan lebih menyenangkan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Kendaraan pribadi bisa roda dua atau roda empat. Soal rutenya sendiri, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Lewat sini, nanti tinggal ikuti saja arah yang ditunjukkan oleh Google Map. Lokasi Tanjung Karang tepatnya berada di jalan lingkar selatan di kecamatan Sekarbela.

Jika Anda berada di pusat kota Mataram, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja untuk mencapai kawasan wisata tepi laut ini. Pantai ini hanya berjarak sekitar 6 km dari kota Mataram. Pantai ini terletak di sebelah utara pantai Loang Baloq.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai Tanjung KarangKredit gambar: Google Maps Ibnul Sahgianto

Pantai Tanjung Karang termasuk dalam salah satu pantai atau wisata murah Mataram. Padahal, untuk bisa menikmati keindahan alam pantai ini, Anda tidak membutuhkan biaya masuk sama sekali. Tiket hanya akan dikenakan pada kendaraan pribadi yang Anda bawa.

Meski begitu, biaya parkir kendaraan juga cukup murah. Biaya parkir mobil sendiri adalah Rp 5.000. Sedangkan jika membawa kendaraan roda dua, biaya parkirnya hanya Rp 2.000. Anda dapat mengunjungi pantai ini setiap hari mulai pukul 06.00 dan akan tutup pada pukul 19.00.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Tanjung Karang

Aktivitas Wisata di Pantai Tanjung KarangKredit gambar: Google Maps Muhammad Azam Zami

1. Perburuan Suvenir

Tentunya kegiatan liburan tidak akan lengkap jika tidak pulang dengan membawa kenangan. Anda bisa pulang membeli perhiasan mutiara yang merupakan oleh-oleh khas Lombok. Di tempat ini banyak terdapat toko perhiasan yang menjual berbagai macam mutiara asli.

Anda juga akan menemukan area di sini yang merupakan pusat manik-manik nomor satu. Tidak sedikit wisatawan yang datang dari luar daerah, bahkan wisatawan mancanegara yang berburu mutiara di tempat ini.

Oleh karena itu, jika kebetulan berkunjung ke Mataram, tidak lengkap rasanya jika pulang kampung tanpa membeli mutiara. Harga mutiara yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 300.000 kamu sudah bisa membawa pulang 1 gram mutiara.

2. Manfaatkan fasilitas anak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pantai Tanjung Karang memiliki fasilitas tempat bermain anak. Yang perlu Anda ketahui, fasilitas bermain anak hanya ada di pantai ini. Sarana bermain anak dibuat semenarik dan seindah mungkin, agar anak kecil tertarik untuk memainkannya.

Wahana bermain yang dapat digunakan seperti perosotan, ayunan, dll. Dengan taman bermain ini Anda bisa membawa si kecil dan mereka akan sangat senang.

3. Keliling pantai dengan perahu

Anda juga bisa menyewa perahu nelayan yang berlabuh di pantai. Dengan perahu ini Anda bisa berkeliling pantai dan memanfaatkan keindahan pantai Tanjung Karang di Lombok. Biaya sewanya sendiri tidak terlalu mahal. Anda juga bisa memancing dengan menyewa perahu dan pergi ke tengah pantai.

4. Menikmati matahari terbenam

Satu hal yang juga menjadi andalan adalah pemandangan matahari terbenam. Menjelang sore, Anda akan menemukan pantai yang ramai dikunjungi wisatawan. Pemandangan sunset yang begitu indah akan membuat pantai eksotis ini semakin memukau di sore hari.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melihat matahari terbenam dalam mimpi anda dan lupakan mengabadikan momen dengan jepretan kamera. Bagi Anda yang lapar, Anda bisa memanfaatkan sajian kuliner yang ditawarkan warung sekitar. Menikmati makanan lezat sambil menyaksikan matahari terbenam jelas merupakan ide yang menarik.

Bagi yang ingin membeli ikan segar juga bisa melakukannya di sini. Nelayan yang pulang dari melaut tentu akan membawa pulang ikan segar dan bisa anda beli dari nelayan tersebut. Tentunya harga yang bisa Anda dapatkan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang harus Anda beli di pasar ikan.

5. Berburu Foto

Berburu foto adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Pantai Tanjung Karang memang merupakan pantai yang unik karena memiliki nuansa indah yang cenderung tidak biasa.

Apalagi di senja senja, pantai akan menampakkan keelokan aslinya. Pastikan saat berkunjung ke pantai ini, Anda sudah menyiapkan kamera terlebih dahulu.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Wisata di Pantai Tanjung KarangKredit gambar: Google Maps Dilyanti Maya Putri

Tanjung Karang merupakan pantai yang dikelola dengan cukup baik. Suasana di pantai ini begitu nyaman dan bersih. Hal inilah yang membuat wisatawan juga betah di sana. Tak hanya itu, dari segi fasilitas, tempat ini juga memiliki fasilitas yang memadai.

Selain bisa menemukan wahana permainan anak, di pantai ini juga terdapat gazebo bagi yang ingin bersantai. Bagi Anda yang ingin sholat, juga telah disediakan mushola. Anda tidak perlu khawatir mencari ruang ganti atau toilet, karena di sana juga tersedia.

Bagi yang ingin menginap, ada banyak hotel yang bisa dipilih. Pasalnya, lokasi pantai ini memang dekat dengan pusat kota Mataram. Akomodasi juga cukup bervariasi dari yang termurah hingga yang termahal.

Demikian ulasan lengkap tentang Pantai Tanjung Karang Lombok. Jika Anda kebetulan mengunjungi Mataram, Lombok, maka luangkan waktu untuk mengunjungi pantai. Dijamin Anda tidak akan rugi menghabiskan waktu di tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button