Pantai Tanjung Bira Bulukumba - Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Bira Bulukumba – Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Tanjung Bira di Bulukumba terkenal dengan keindahannya. Anda dapat menemukan banyak hal untuk dijelajahi, dari permukaan hingga bawah air yang mempesona.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Indonesia terbagi menjadi beberapa pulau yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Hal ini juga berlaku untuk pulau Sulawesi yang juga terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya. Tak heran jika bagian Indonesia ini juga mulai dilihat sebagai tujuan wisata. Menuju kawasan Bulukumba, Sulawesi, Anda akan menemukan keindahan pantai Tanjung Bira. Anda bisa menggunakan pantai ini sebagai salah satu alternatif untuk menghabiskan liburan Anda.

Atraksi Pantai Tanjung Bira

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai Tanjung BiraKredit gambar: Google Maps Andi Asdiana Ekasari

Setiap pantai atau tempat wisata dimanapun berada pasti memiliki keunggulan atau daya tarik tersendiri. Keberadaan objek wisata ini akan lebih disempurnakan oleh pengelola agar semakin banyak tempat wisata yang dikunjungi. Jika dilihat dari aspek pariwisata, maka akan lebih mudah untuk mengidentifikasi kemajuan suatu daerah. Jika Anda singgah di Bulukumba, Sulawesi Selatan, sebaiknya jadikan Pantai Tanjung Bira sebagai destinasi wisata Anda.

Tidak bisa dipungkiri jika Pantai Tanjung Bira memiliki pantai yang begitu bersih. Dilengkapi dengan pasir putih halus yang juga menjadi daya tarik tersendiri. Kelembutan pasir yang bersentuhan dengan kulit menjadi ciri khas andalan Pantai One. Dengan pasir yang lembut, aktivitas bermain pasir akan lebih menyenangkan. Belum lagi air lautnya yang begitu jernih sehingga Anda bahkan bisa menikmati air bawah laut dari permukaan.

Airnya seperti kristal, bahkan jika dilihat dari jauh, airnya membentuk 3 gradasi warna yang menawan. Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving karena dasar lautnya yang sangat indah. Belum lagi Pantai Tanjung Bira juga memiliki penduduk yang ramah. Jadi, setiap kali berhubungan langsung dengan masyarakat, tidak akan canggung. Mengingat pantai ini memang menjadi destinasi wisata unggulan yang sering dikunjungi wisatawan.

Tak hanya wisatawan lokal, banyak wisatawan asing juga terpesona dengan pantai ini. Suasana asri dan semarak menambah panjang daftar keunggulan pantai cantik ini. Anda tidak akan menyesal mengunjungi pantai yang satu ini karena memang banyak sekali yang bisa dieksplor. Deretan perahu tradisional juga hadir untuk memperindah panorama di pantai Tanjung Bira.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Tanjung Bira

Alamat Pantai Tanjung BiraKredit gambar: Google Maps Nadir Nahdi

Untuk alamat pantai ini berada di Jl.Tanjung Bira, Bonto Bahari, Bulukumba. Jika dilihat di google maps, lokasinya berada di ujung Sulawesi Selatan dan hampir di wilayah Flores. Mulai dari pusat Kabupaten Bulukumba, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 KM. Namun jika perjalanan dilakukan dari Makassar maka akan menempuh jarak sekitar 200 KM.

Untuk menuju pantai ini tidak sulit, karena selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakan kendaraan umum. Jalannya juga mulus sehingga memudahkan Anda untuk mencapainya. Rutenya bisa dilakukan dengan terlebih dahulu melewati Gowa. Setelah itu dilanjutkan ke Talakar dan Jeneponto. Lanjut ke Kabupaten Bantaeng yang artinya destinasi Anda di Tanjung Bira hanya berjarak beberapa kilometer saja.

Bagi Anda yang ingin bepergian dengan kendaraan umum, Anda bisa berangkat dari Bandara Sultan Hasanudin. Menggunakan Bus Damri ke Terminal Mallengkeri. Setelah itu turun ke lapangan Karebosi untuk melanjutkan perjalanan ke Gowa. Sesampainya di Gowa, Anda akan naik bus untuk menuju pelabuhan Bulukumba Selayar, Sulawesi Selatan. Dari pelabuhan ini Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau angkutan umum menuju pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung BiraKredit gambar: Google Maps Andy Feb

Pesonanya yang luar biasa tidak membuat harga tiket pantai ini mahal. Untuk bisa menikmati keindahannya, Anda hanya membutuhkan sekitar Rp 10 mil. Harga tiket ini akan berbeda untuk turis asing dan akhir pekan.

Harga tiket juga cenderung naik hingga 50% selama musim liburan. Harga tersebut belum termasuk harga parkir kendaraan. Kenaikan harga tiket juga bisa terjadi sewaktu-waktu, jadi siapkan uang lebih untuk menikmati pesonanya.

Kegiatan menarik dilakukan di Tanjung Bira.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira AktivitasKredit Gambar: Google Maps Adith & Lytha Story

Pantai Tanjung Bira merupakan pantai yang paling cocok untuk menikmati keindahan sunset dan sunrise. Bahkan bisa dikatakan bahwa matahari terbit dan terbenam di pantai ini paling ditunggu oleh para wisatawan. Meski begitu, kegiatan yang bisa dilakukan tidak hanya sekedar menyaksikan lukisan Maha Indah ini. Karena kegiatan lain tidak kalah menarik untuk dilakukan. Misalnya berenang atau snorkeling untuk menyapa kapal selam.

Melihat air yang jernih, siapa yang menolak untuk berenang. Jika Anda benar-benar tidak ingin berenang, Anda bisa bermain di tepinya saja. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga cukup aman untuk bermain di pantai. Berjalan di atas pasir juga bukan ide yang buruk. Pantai Tanjung Bira memiliki pasir yang lembut ketika menyentuh kulit kita. Akan menyenangkan untuk membangun istana pasir atau balapan di atasnya.

Snorkeling juga merupakan kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Ada spot yang sangat populer di pantai ini, yaitu Pulau Liukang. Hanya saja Anda harus menggunakan perahu motor selama kurang lebih 15 menit. Airnya yang jernih memungkinkan Anda untuk menyelam dengan mudah. Anda bisa menyapa ikan-ikan yang berenang, dan menikmati keindahan terumbu karang. Jangan lupa untuk mengambil foto bawah laut sebagai oleh-oleh.

Bagi Anda yang masih belum puas bermain judi, Anda bisa mencoba aktivitas yang memacu adrenalin Anda. Tanjung Bira menawarkan wahana berupa banana boat yang bisa Anda coba. Perahu karet berbentuk pisang ini masih populer hingga saat ini. Dapat menampung hingga 5 orang, yang membuat aktivitas yang menantang ini semakin menyenangkan. Anda bisa mencobanya bersama teman dan keluarga.

Wisatawan akan diajak naik ke hulu menggunakan perahu karet yang ditarik oleh perahu. Sekali per game, pengunjung akan diajak berkeliling sebanyak 3 kali. Selain aktivitas yang menantang ini, kawasan tanjung Bira yang landai juga sangat cocok untuk berlari. Pantai ini sering dijadikan tempat untuk kegiatan olahraga. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Bira Beach Run yang diikuti banyak pelari.

Kegiatan lain yang tak kalah seru adalah kunjungan ke tempat pembuatan Pinisi. Lokasinya tidak begitu jauh dari pantai eksotis ini. Jika enggan, Anda juga bisa memanfaatkan penawaran kuliner yang memanjakan lidah dan perut. Setelah puas dengan berbagai aktivitas, jangan lupa untuk mencari foto-foto keren. Ada beberapa spot instagramable yang bisa kamu manfaatkan.

Akomodasi di sekitar Pantai Tanjung Bira

Akomodasi Pantai Tanjung BiraKredit gambar: Google Maps Hadi Naibi

Anda tidak perlu khawatir jika ingin menghabiskan lebih banyak waktu di pantai ini. Karena fasilitas akomodasinya cukup lengkap. Akomodasi memang merupakan salah satu yang sangat dinanti dan dibutuhkan, terutama bagi wisatawan dari luar kota yang ingin tinggal lebih lama. Hotel dan villa di pantai Tanjung Bira menawarkan berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjungnya. Biasanya harganya sekitar Rp 300 ribu per malam.

Selain hotel, Anda juga bisa menginap di resort Tanjung Bira yang tentunya akan lebih mahal. Karena resort ini merupakan kawasan mewah dengan fasilitas yang lengkap. Ada juga losmen, homestay, dan vila yang menawarkan berbagai fasilitas untuk para tamunya. Anda dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi keuangan Anda. Yang jelas di Tanjung Bira Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Bira

Fasilitas Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung BiraKredit gambar: Google Maps Alfi

Selain keindahan dan pesonanya, fasilitas juga menjadi pertimbangan tempat wisata. Operator tur selalu berusaha memberikan fasilitas yang memanjakan pengunjungnya. Di Pantai Tanjung Bira, Anda dapat menemukan beberapa fasilitas selain akomodasi. Anda bisa menyewa alat snorkeling di pantai ini tanpa harus membawanya dari rumah. Ada juga kamar mandi yang bersih dan memadai.

Bagi Anda yang tidak sempat membawa bekal juga tidak perlu khawatir. Di sekitar pantai juga terdapat tempat makan yang cukup banyak. Aneka menu seafood bisa mengenyangkan perut. Selain seafood, Anda juga bisa menikmati kelezatan Konro dan Coto Makassar. Ada banyak tempat makan di sekitar pantai yang juga bisa dijadikan tujuan wisata kuliner. Hal ini tentunya akan membuat liburan semakin lengkap.

Pantai Tanjung Bira adalah salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Bulukumba. Pantai ini memiliki keindahan yang tidak akan pernah Anda lupakan. Apalagi bagi Anda yang menyukai liburan pantai. Alam yang masih terjaga lengkap dengan airnya yang jernih 3 gradasi warna, dari pasir putih hingga dasar laut akan menghilangkan segala kepenatan anda. Tertarik mengunjungi tempat indah ini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button