Pesona Keindahan Alam Eksotis Curug Parigi Bekasi - WisataHits
wisatahits

Pesona Keindahan Alam Eksotis Curug Parigi Bekasi

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Cikiwul, Kec. Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Bagi Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta dan Bogor yang terkenal dengan hiruk pikuknya, Anda pasti mendambakan liburan yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas yang tak ada habisnya. Oleh karena itu, bagi sebagian besar orang, berlibur di tempat dengan konsep wisata alam pasti akan menjadi pilihan yang tepat.

Namun bagi sebagian orang tentu menganggap sulit mencari tempat wisata alam di tengah kota yang penat. Jangan khawatir, ternyata masih ada beberapa tempat wisata alam yang terletak di dekat kota-kota besar. Salah satunya adalah Curug Parigi. Curug Parigi adalah air terjun eksotis di kota Bekasi.

Curug Parigi merupakan destinasi wisata alam yang bisa anda kunjungi di sela-sela liburan anda. Tidak perlu khawatir perjalanan jauh dan ekstrim, karena untuk mencapai kawasan air terjun Parigi cukup mudah dan tidak mempersulit tugas pengunjung. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa informasi seputar Curug Parigi sebagai berikut:

Lokasi Curug Parigi . yang menawan

Lokasi Curug ParigiKredit gambar: Google Maps Asep Dodi

Curug Parigi terletak di Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Merupakan salah satu air terjun yang paling banyak diminati oleh pengunjung karena lokasinya yang tentunya dekat dengan kota besar. Kawasan air terjun Parigi ini bisa dikatakan berbatasan dengan kota Bogor. Hal ini membuat kawasan Curug Parigi mudah ditemukan.

Perlu diketahui juga bahwa kawasan Curug Parigi berbatasan dengan desa Ciangsana yang termasuk dalam wilayah kecamatan Gunung Putri di kota Bogor. Lokasi ini pasti memungkinkan Anda untuk mengunjungi kawasan Kota Bogor. Atau Anda juga bisa dengan mudah mengunjungi beberapa tempat wisata alam lainnya di Kota Bogor.

Lokasi Curug Parigi juga dekat dengan TPU Bantar Gebang dan Nusa Indah Villas. Hal ini tentunya dapat memberikan gambaran bahwa lokasi Curug Parigi atau air terjun Parigi sangat mudah dijangkau.

Daya Tarik Curug Parigi, Bekasi

Objek Wisata Air Terjun ParigiKredit Gambar: Google Maps I Made Suryadi

Sering dikatakan bahwa air terjun Parigi merupakan miniatur dari Air Terjun Niagara. Tidak bisa dipungkiri karena panorama Curug Parigi menyerupai Air Terjun Niagara. Daya tariknya terletak pada bentuk air terjun yang lebarnya sekitar 20 meter. Air terjun Parigi memiliki ketinggian sekitar 2 meter.

Selain itu, Anda tentunya bisa memanjakan diri dengan bebatuan di bawah ini. Bebatuan ini tentunya menambah keindahan alam kawasan Curug Parigi. Anda dapat menggunakannya untuk bersantai dan berfoto. Apalagi di sekitar air terjun juga terdapat beberapa tanaman dan pepohonan yang tentunya menambah asri suasana sekitar.

Ada dua aliran di air terjun di Parigi ini, di sebelah kiri air terjun, airnya tidak terlalu deras, jadi Anda bisa bermain dan berenang di bawah air terjun. Sedangkan di sebelah kanan, airnya mengalir cukup deras. Oleh karena itu tidak disarankan bagi Anda yang tidak bisa berenang. Harus hati-hati di sisi kanan karena arusnya bisa cukup kuat.

Keindahan Curug Parigi semakin menarik bila Anda kunjungi saat musim hujan. Memang, debit air di air terjun lebih tinggi daripada di musim kemarau. Namun, tetap perlu diperhatikan bahwa tempat ini tidak boleh dikunjungi jika hujannya sangat deras, karena arusnya akan membahayakan pengunjung.

Keindahan Curug Parigi sudah banyak dikenal masyarakat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak pecinta alam dan fotografi mengunjungi wilayah ini untuk mencari panorama yang menakjubkan. Kawasan Curug Parigi juga kerap menjadi lokasi pilihan untuk pemotretan atau lokasi syuting prewedding.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Parigi

Tiket Air Terjun ParigiKredit Gambar: Google Maps khoirul wisnu adi

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Parigi, Anda tidak perlu khawatir dengan tiket masuknya. Karena untuk masuk ke kawasan Curug Parigi tidak dipungut biaya. Hal ini terkesan tidak masuk akal mengingat keindahan Curug Parigi yang begitu memesona. Memang, pengelolaan administrasi Curug Parigi belum dirancang dengan baik.

Diketahui kawasan air terjun Parigi termasuk dalam tanah milik pribadi. Sehingga pemerintah daerah belum bisa berperan penuh dalam mengelola kawasan ini. Hal inilah yang membuat warga Curug Parigi berinisiatif mengelola kawasan ini dengan moderasi.

Dengan tiket masuk sebesar Rs 2.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rs 5.000, ini adalah biaya yang dipungut oleh penduduk setempat untuk memelihara kendaraan yang diparkir dan untuk menjaga lingkungan Curug Parigi agar tetap bersih dan ramah bagi pengunjung. Hal ini tentu saja membuat pengunjung tidak ragu untuk sering berkunjung.

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Parigi

Fasilitas Air Terjun ParigiKredit gambar: Google Maps Ari Widiyanto

Untuk saat ini, fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun masih minim. Yakni, hanya ada beberapa tempat makan milik warga sekitar. Beberapa warga yang tinggal di sekitar air terjun membuka tempat makan bagi wisatawan agar mereka merasa nyaman berada di Curug Parigi.

Saat Anda berkunjung ke Curug Parigi, Anda bisa mencicipi kelezatan kuliner masyarakat setempat. Masakan rumahan yang disediakan pasti akan terasa lezat. Jadi jangan ragu untuk mencoba keahlian memasak di sekitar air terjun. Selain itu, Anda juga bisa makan sambil menikmati keindahan air terjun yang mempesona.

Anda bisa mengajak keluarga dan teman untuk mengunjungi air terjun Parigi ini. Bersantai di sekitar air terjun sambil menikmati kuliner yang lezat pasti akan membuat pengalaman liburan Anda berkesan. Jangan lupa abadikan momen lucu Anda dengan berfoto.

Kisah mistis Curug Parigi

Mitos Curug ParigiKredit gambar: Google Maps Nando Resky

Curug Parigi dikenal memiliki sejarah mistis yang dikenal luas oleh masyarakat sekitar. Konon di Curug Parigi terdapat sosok mistis yang selalu meminta tumbal atau sesajen. Sehingga konon ada orang yang hilang atau meninggal di kawasan Curug Parigi sebagai bentuk persembahan kepada sosok tersebut.

Hal ini membuat banyak orang mengira bahwa kawasan Curug Parigi terkenal angker karena sejarahnya. Tapi selain itu, sebenarnya ada alasan yang lebih masuk akal. Yaitu orang yang meninggal atau hilang karena tersapu arus kuat di sisi kanan air terjun. Hal ini tentu saja memungkinkan seseorang berada dalam situasi yang berbahaya.

Namun cerita ini tidak membuat kawasan Curug Parigi sepi pengunjung. Pengunjung tentunya selalu ingin datang dan melihat keindahan Curug Parigi yang juga tidak bisa diatasi dengan cerita mistis saja.

Demikian informasi tentang Curug Parigi. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya? Jika Anda berkunjung di sela-sela liburan Anda, tentunya Anda akan memiliki pengalaman yang tak kalah berkesan. Apalagi kalau mengajak keluarga atau kerabat pasti lebih seru. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button