Hanging Hotel Purwakarta, hotel tertinggi di dunia dengan panorama eksotis - WisataHits
wisatahits

Hanging Hotel Purwakarta, hotel tertinggi di dunia dengan panorama eksotis

Hanging Hotel Purwakarta, hotel tertinggi di dunia dengan panorama eksotis
Harga: Dari 4.000.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa, Kec. Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika menurut Anda menginap di hotel sudah biasa, Anda bisa mencoba menginap di Hotel Gantung di Purwakarta. Seperti namanya, hostel ini berada di atas ketinggian. Bukan setinggi lantai seperti kamar hotel pada umumnya, melainkan digantung di atas tebing terjal setinggi lebih dari 500 meter.

Bisa dibayangkan bagaimana rasanya bermalam di tempat tinggi yang bergelantungan di tebing. Pasti seram dan tidak layak untuk dijadikan tempat peristirahatan. Tapi jangan salah, semuanya sudah sesuai standar dan dijamin aman di hostel. Inilah alasan mengapa hotel ini menjadi semakin populer.

Hotel yang menghadap ke Gunung Parang ini awalnya hanya memiliki satu kamar. Namun karena banyaknya permintaan pemesanan reservasi, pengelola secara berkala menambah jumlah kamar. Sejauh ini, ada 11 aula gantung yang bisa dinikmati wisatawan yang ingin memompa adrenalin.

Daya tarik hotel yang ditangguhkan di Purwakarta

Daya tarik hotel yang ditangguhkan di PurwakartaFoto oleh Reqnews.com di Instagram

Akomodasi ekstrem ini sebenarnya bernama Skylodge Padjajaran Anyar. Namun karena lokasinya yang berada di Purwakarta dan posisinya yang ditangguhkan, maka lebih mudah untuk menyebutnya Hotel Gantung. Walaupun ini hanya satu hotel, banyak hal yang tidak biasa dari hotel pada umumnya. Ini juga menjadi daya tarik utama.

✦ Hotel tertinggi di dunia

Kebanggaan apa yang akan segera muncul ketika Anda berada di hotel tertinggi di dunia. Dengan ketinggian lebih dari 500 meter, hotel ini dinobatkan sebagai yang tertinggi di dunia. Memang pada dasarnya ini bukan hotel pertama yang ditangguhkan karena di Peru sudah ada hotel serupa dengan konsep yang sama, tetapi di Peru tingginya hanya sekitar 120 meter.

✦ Pemandangan indah di ketinggian

Ketinggian 500 meter di atas tanah menawarkan banyak pemandangan indah. Hal itu pula yang menjadi daya tarik Hotel Gantung, di mana wisatawan bisa melihat hamparan sawah hijau yang luas, pegunungan yang berdiri kokoh, dan deretan rumah warga di sekitar lokasi.

Selain itu juga terdapat pemandangan yang tidak terhalang dari pagi hingga sore yaitu Waduk Jatiluhur. Di atas ketinggian tersebut Anda bisa melihat dengan jelas kontur waduk dengan air yang tenang seperti jalan beraspal. Di malam hari, lampu-lampu yang menghiasi rumah-rumah penduduk dan jalan raya menjadi pesona indah tersendiri.

✦ Perjalanan yang sulit untuk mencapai kamar hotel

Jangan pernah membayangkan lift atau eskalator untuk mencapai kamar Hanging Hotel Purwakarta. Semua rute dilakukan secara manual, termasuk memanjat bebatuan. Dari bawah, Anda harus mendaki tebing setinggi 500 meter. Jaraknya cukup dekat jika jalurnya mendatar, namun kali ini harus mendaki.

Namun jangan khawatir, setiap 200 meter telah disediakan tempat peristirahatan yang nyaman, meski masih ditangguhkan. Selain itu, keamanan dalam pendakian juga selalu diperhatikan dan dijamin oleh pengelola. Setelah naik ke ketinggian sesuai kamar hotel yang dipesan, Anda pun harus menyebrang untuk menuju kamar.

Tidak dapat disangkal bahwa itu sangat menakutkan. Namun bagi mereka yang berjiwa petualang dan ingin memacu adrenalin, perjalanan ini justru dianggap sebagai daya tarik. Apalagi jika pada akhirnya mereka memiliki pengalaman dan perasaan tinggal yang tidak biasa.

✦ Konsep kamar tidur yang unik

Hotel Gantung memiliki konsep kamar unik yang ternyata menjadi daya tarik tersendiri. Berbentuk kapsul, dinding biliknya terbuat dari polikarbonat, sejenis kaca plastik transparan yang sangat tebal. Lantainya dilapisi kayu halus agar pengunjung yang bermalam merasa lebih nyaman.

Luas ruangan sekitar 2,5 meter dan panjang 6 meter. Karena tingginya cukup bagus, sekitar 2,4 meter. Desainnya minimalis dengan menempatkan kamar tidur dan toilet dalam satu ruangan. Setiap kamar dilengkapi dengan gorden atau penutup yang berfungsi untuk melindungi dari sinar matahari.

Uniknya, semua kamar sudah dilengkapi listrik sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang membutuhkan listrik. Ukuran kasurnya cukup besar dan dilengkapi dengan bantal, guling dan selimut. Selain bisa memacu adrenalin, hostel ekstrim ini juga memperhatikan kenyamanan Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat hotel ditangguhkanGambar oleh MSNIndonesia di Twitter

Ingin menginap di Hanging Hotel atau Skylodge Padjajaran Anyar? Tentunya perlu diketahui terlebih dahulu alamatnya yaitu di Desa Tegal Waru, Pasanggrahan, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Lokasinya mudah ditemukan dan dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat atau dua.

Untuk rute yang bisa ditempuh, Anda bisa menggunakan starting point pusat kota Purwakarta. Arahkan kendaraan ke selatan hingga menuju Masjid Jami Al-Ikhlas. Pastikan untuk mengambil jalan Cikampek – Padalarang yang kemudian berlanjut ke Jalan Sukatani. Ambil arah yang menuju Jalan Raya Cilalawi hingga tiba di Pasar Restu Cilalawi.

Dari pasar belok kanan menuju Jalan Pananggayan. Di jalan ini selalu diusahakan untuk berhati-hati karena banyak tikungan tajam dengan kondisi jalan yang tidak terlalu lebar. Silakan ikuti jalan utama hingga tiba di kawasan Gunung Parang. Manfaatkan petunjuk arah hingga menemukan lokasi hotel gantung.

Harga tiket masuk dan jam buka

Informasi mengenai biaya menginap di Hanging Hotel Purwakarta mungkin akan mengejutkan Anda. Memang tidak bisa dibandingkan dengan tempat penginapan lainnya karena Anda akan mendapatkan banyak perbedaan yang lebih seru. Dengan biaya sekitar 4.000.000 hingga 5.000.000 rupiah untuk satu malam, apakah sepadan dengan pengalaman mendebarkan yang Anda dapatkan?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, tentu setiap orang memiliki sudut pandang masing-masing. Minimal, harga tersebut sudah termasuk semua biaya catering selama menginap serta perlengkapan mendaki saat menuju kamar hotel. Ketentuan harga ini berlaku untuk ketinggian kamar yang dipesan, paling rendah sekitar 200 meter.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Hotel GantungFoto oleh Faridha Alghassani di Google Maps

Jika ditanya tentang aktivitas seru yang bisa dilakukan selama menginap di Hotel Gantung, tentu tidak banyak. Hanya saja banyak sensasi dan pengalaman unik yang didapat. Tapi bukan berarti tidak ada, setidaknya kamu bisa melakukan beberapa aktivitas berikut ini!

1. Nikmati pemandangan alam

Menginap di Skylodge Padjajaran Anyar sebenarnya tidak jauh berbeda saat berwisata di perbukitan atau pegunungan. Dari atas Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah dan mempesona. Seperti yang sudah diinformasikan, ada Waduk Jatiluhur yang menjadi salah satu tempat favorit para napi.

Perbukitan dan persawahan penduduk sekitar tebing juga sayang untuk dilewatkan. Jika mendung, pemandangan yang didapat adalah kabut tebal. Beberapa pemandangan utama mungkin hilang, tetapi kabut menggantikannya. Kumpulan awan putih ini cukup indah jika dilihat dari kejauhan.

Pada malam hari, suasana semakin romantis dengan lilin-lilin yang terlihat dari jauh. Bukan lilin sungguhan tentunya, melainkan lampu dari rumah-rumah penduduk yang dari jauh terlihat seperti lilin. Ini juga berlaku untuk tiang lampu yang terlihat jelas yang memanjang untuk menerangi jalan.

2. Melihat matahari terbit dan terbenam di Hotel Gantung

Aktivitas selanjutnya saat berada di hotel Gantung di Purwakarta adalah menikmati indahnya matahari terbit atau terbenam. Kegiatan seperti ini hanya bisa dilakukan di atas ketinggian atau area yang tidak terhalang oleh bangunan seperti pantai. Skylodge Padjajaran Anyar berada di atas 500 meter di atas permukaan laut, sehingga sangat cocok untuk melakukan aktivitas sesuai rencana.

Keindahan sinar matahari tidak langsung menerpa tubuh, melainkan terhalang oleh kaca tebal di dalam ruangan. Memberikan rasa yang berbeda, dimana pantulannya mampu mengungkap keindahan yang luar biasa. Saat matahari terbenam, atmosfer perlahan menjadi gelap dan digantikan oleh penerangan.

3. Mengamati bintang dan bulan

Keberangkatan mentari yang sedang beristirahat tidak serta merta menghilangkan keindahan di Hotel Gantung. Pasalnya, panorama tersebut langsung tergantikan oleh keindahan bulan dan bintang. Meski bukan untuk belajar, kehadiran bintang di angkasa bisa dijadikan momen indah selama Anda menginap.

4. Foto ketinggian alami

Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat liburan adalah berfoto. Apalagi saat ini harus mengeluarkan uang jutaan rupiah, berhenti dari aktivitas foto bisa rugi besar dan menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Ada banyak objek yang bisa dijadikan latar belakang, seperti pemandangan gunung, waduk, sawah, dan bukit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Hotel HantungGambar oleh Kunjungan ke Jaya Prima di Twitter

Hotel Gantung menawarkan fasilitas yang jauh dari standar artinya sangat lengkap. Wajar saja karena jumlah dana yang harus dikeluarkan mencapai jutaan rupiah. Selain kamar akomodasi, Anda kesulitan mendapatkan fasilitas lain seperti toilet atau kamar kecil. Selain itu, tidak perlu membawa TV dari rumah karena di sana juga tersedia.

Kalau ada TV berarti ada listrik di hostel. Ini adalah fasilitas lain yang dapat Anda gunakan untuk peralatan elektronik. Di tempat ini juga terdapat AC sebagai alat pendingin, serta microwave untuk Anda yang ingin membuat makanan. Setiap kamar juga dilengkapi dengan meja makan dengan liter air mineral.

Meski mahal, ternyata Hanging Hotel Purwakarta memberikan kesan yang menarik dan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, ada banyak atraksi yang membuat penasaran semua orang. Jika Anda tertarik, ingatlah untuk memesan kamar jauh dari waktu yang Anda tentukan untuk menghindari kamar penuh.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button