Pantai Senggigi - WisataHits
wisatahits

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Meski di Lombok mulai bermunculan objek-objek wisata baru dengan berbagai atraksi dan konsep kekinian ala anak zaman sekarangmiliknya sendiri, namun wisata tepi laut tetap menjadi idola.

Wisata pantai di Lombok banyak yang terlihat seperti wisata Pantai Peru, Wisata Pantai Kuta dan Wisata Pantai Senggigi. Pantai Senggigi masih belum tidak peka dan tetap mampu mencuri hati para turis untuk datang dan mengunjunginya.

Sebagai salah satu tempat wisata legendaris tertua di seantero Sasak Gumi, Pantai SenggigiSepertinya saya telah mengambil alih hati para pelancong seperti keterikatan kenangan cinta pertama.

Sehingga meski tempat wisata lain mulai bermunculan dan memancarkan godaan, Pantai Senggigi tak pernah kehilangan penggemar dan pengunjung setianya.

perahu-pantai-senggigi

Menarik untuk mengetahui mengapa Pantai Senggigi selalu menerima banyak wisatawan akhir pekan dan liburan panjang. Apa sebenarnya yang menjadi magnet dari pantai ini sehingga pesonanya tak pernah pudar termakan waktu?

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi Lombok termasuk salah satu tempat wisata tertua di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di utara Kabupaten Lombok Barat. Sejak kemunculannya, pantai ini langsung ledakan dan merupakan salah satu tempat wisata utama di Nusa Tenggara Barat.

Pantai Senggigi NTB menawarkan keindahan berupa suasana pantai yang enak dipandang mata dan nyaman bagi tubuh. Memasuki kawasan tersebut untuk pertama kali, Anda akan disambut hamparan pasir bersih bergradasi hitam putih khas Pantai Senggigi.

Banyak traveler yang mengatakan keindahan panorama alam yang mereka miliki Pantai Senggigi tak kalah dan bahkan hampir mirip dengan pantai kuta di pulau bali.

Air lautnya yang jernih dan ombaknya yang tenang menjadikannya tempat yang aman untuk berbagai aktivitas wisata. Anda dapat menemukan hal yang sama di Pantai Kuta Lombok di Desa Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

jogging-track-pantai-senggigi

Kemudian, semakin menyusuri kawasan pantai, Anda akan menyadari bahwa Pantai Senggigi memiliki garis pantai yang sangat panjang. Ternyata pantai ini terdiri dari selaras pantai teluk lainnya masing-masing dengan pesona dan karakternya sendiri.

Tapi dari semua pantai yang dimiliki Pantai Senggigi, yang paling terkenal adalah Pantai Makam Batu Layar dan Pantai Pura Batu Bolong. Karena merupakan tempat yang disakralkan, kedua tempat ini selalu ramai pengunjung setiap harinya, baik setelah maupun sebelum mengunjungi Pantai Senggigi.

Pantai Batu Layar yang terletak di ujung selatan menjadi objek wisata agama yang selalu dikunjungi saat hari besar Islam. Misalnya saat Lebaran Topat, lokasi pantai ini akan dipadati ratusan pengunjung yang datang berziarah sekaligus kunjungan ke makam Batu Layar.

Di sekitar pantai ini memang terdapat makam seorang mantan ulama dari Lombok yang akan menjadi orang yang cukup layak untuk menyebarkan Islam di pulau seribu masjid.

Lalu ada juga Pantai Pura Batu Bolong yang merupakan bagian dari Pantai Senggigi. Dinamakan demikian karena di pantai ini terdapat sebuah pura kuno yang dibangun di atas batu besar yang memiliki lobang (lobang) di sisi bawahnya.

Pantai ini juga merupakan tempat suci dimana umat Hindu terkadang datang untuk melakukan ritual pemujaan di pura kuno tersebut.

matahari terbit-pantai-senggigi

Setelah atau sebelum ke pantai Senggigi, tidak ada salahnya jika anda juga singgah di kedua tempat tersebut diatas. Anda bisa berziarah ke makam Batu Layar terlebih dahulu, kemudian mencari foto di pantai pura Batu Bolong.

Lokasi Pantai Senggigi

Sudah tertulis di atas bahwa Pantai Senggigi berada di posisi sebelah utara Kabupaten Lombok Barat. Kawasan tersebut masih masuk dalam wilayah administrasi pemerintah kabupaten Lombok Barat yang beribukota di Mataram.

Adapun alamatnya, pantai terfavorit di Lombok yang banyak diburu wisatawan lokal maupun mancanegara ini beralamat lengkap di Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Akses ke Pantai Senggigi

Mengenai akses ke Pantai Senggigi, jika Anda datang dari pusat kota Mataram yang berjarak sekitar 19 kilometer dari pantai ini, akan memakan waktu sekitar 30 hingga 50 menit dengan mobil untuk sampai.

Lamanya perjalanan tentunya tergantung situasi di perjalanan, namun biasanya karena kondisi jalan yang sudah bagus maka waktu tempuh dari kota Mataram ke Senggigi tidak lebih dari 1 jam.

Lalu, bagi Anda yang berasal dari luar kota, akses menuju Pantai Senggigi sangat mudah. Dengan asumsi Anda suka Lombok terbang dan mendarat di Bandara Internasional Lombok, anda tinggal naik taksi dari bandara untuk mengantarkan anda ke pantai Senggigi atau hostel yang anda pesan tadi.

Waktu tempuh yang diperlukan jika Anda memilih untuk langsung menuju Pantai Senggigi dari Bandara Internasional Lombok kurang lebih 1-1,5 jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 50,8 kilometer.

matahari terbenam-pantai-senggigi

Tak perlu khawatir, meski terbilang panjang, jalan yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok hingga Pantai Senggigi sudah sangat bagus. Selain permukaan jalan yang telahhotmic semuanya, lebar jalan telah ditambah sehingga Anda atau pengemudi Anda lebih fleksibel selama perjalanan.

Selain itu, hijaunya tanaman dan pepohonan di pinggir jalan juga akan membuat perjalanan anda tidak membosankan dan terasa lama, anda pasti akan menikmati perjalanan yang seru. BIL di Pantai Senggigi.

Oh ya, dalam perjalanan ke Pantai Senggigi Anda juga akan sering menjumpai atau ikut dengan cidomo, kendaraan tradisional masyarakat Sasak. Objek ini pasti akan menjadi hiburan yang menyenangkan dan unik sebelum Anda tiba di Pantai Senggigi.

Jangan lupa mampir ke Pantai Ampenan atau Pantai Kebon Roek yang letaknya sebelum pantai Pura Batu Bolong. Anda bisa membeli beberapa kebutuhan Anda dari pasar ini terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Senggigi

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Senggigi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp.15.000 hanya. Harga tersebut berlaku setiap hari pada hari kerja dan hari libur nasional.

Setelah melewati pintu masuk, pastikan untuk memarkir kendaraan Anda di tempat parkir yang disediakan untuk keperluan tersebut. Cukup merogoh kocek beberapa ribu rupiah demi keamanan kendaraan Anda selama liburan di pantai Senggigi.

Fasilitas wisata dan wahana di Pantai Senggigi

Sebagai tempat wisata yang terkenal dan melegenda, Pantai Senggigi tentunya didukung dengan adanya fasilitas dan wahana yang lengkap.

Selain tempat parkir, tempat ibadah, toilet dan warung pedagang, di sekitar pantai ini juga terdapat restoran, resort, hotel/penginapan, pusat hiburan, pusat perbelanjaan hiburan. suvenirhingga toko yang khusus menjual kebutuhan wisata.

landscape-pantai-senggigi

Aktivitas Seru di Pantai Senggigi

Tentu saja, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi liburan pantai Senggigi Anda. Beberapa dari mereka sedang berenang, tuba, berselancarkano, bermain kakak, berselancar, jogingpenangkapan ikan, matahari terbenam-dan kuliner.

Renang

Kegiatan ini menjadi hal yang lumrah saat kita mengunjungi sebuah pantai, begitu juga saat mengunjungi Pantai Senggigi. Di sini Anda bisa berenang sepuasnya menikmati air laut yang segar dan bersih.

Snorkeling

Kegiatan yang saat ini populer di kalangan wisatawan. Ya, di pantai ini juga bisa tuba explore keindahan bawah laut Pantai Senggigi.

Bagi anda yang belum memiliki peralatannya atau belum pernah mencobanya tubaAnda bisa menyewa peralatan sekaligus dipandu oleh instruktur tuba berpengalaman di pantai ini.

Berselancar

Arus ombaknya tidak begitu kencang bahkan relatif tenang di pantai Senggigi, sangat memungkinkan untuk berselancar. Kamu bisa berselancar berkeliling laut sambil menikmati panorama yang sangat indah di sekitar pantai Senggigi menarik.

matahari terbenam-pantai-senggigi

Berselancar

Jika Anda menyukai olahraga air ini, di pantai Senggigi Anda juga bisa melakukannya. Padahal sudah tertulis sebelumnya bahwa ombak di pantai Senggigi tidak besar.

Namun di beberapa titik, ombak yang Anda temukan juga bisa mendorong papan selancar. Jadi Anda bisa memilih untuk berselancar di titik-titik tersebut.

Matahari terbenam

Pesona matahari terbenam di pantai Senggigi yang begitu indah di sore hari menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang datang ke pantai ini. Letaknya yang menghadap ke barat daya, memungkinkan Anda mengamati proses matahari terbenam dengan sangat sempurna.

kuliner

Pantai Senggigi juga ideal untuk digunakan sebagai tempat berburu kuliner. Di sekitar pantai banyak dijumpai penjual makanan dan minuman dengan berbagai pilihan menu yang tersedia.

Di sini Anda tidak hanya bisa mencicipi hidangan khas lokal, tapi juga menu-menu istimewa Eropa banyak dijual di sekitar kawasan pantai ini.

Baca juga : Wisata Pantai Nipah Lombok

Pantai Senggigi Lombok memang sebuah tempat wisata yang terbilang kuno jika diukur dari umurnya. Tapi jangan salah, pantai ini selalu menarik dan tetap bersangkutan sebagai tempat liburan yang baik selama beberapa generasi tua serta generasi sekarang.

Pantai ini dengan segala pesonanya akan selalu mempesona dan menjadi legenda, terlepas dari zaman di mana ia berada.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button