Pantai Plengkung, pantai eksotis dan spot surfing favorit di Banyuwangi - WisataHits
wisatahits

Pantai Plengkung, pantai eksotis dan spot surfing favorit di Banyuwangi

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Nama Pantai Plengkung diambil oleh penduduk lokal Banyuwangi karena bentuk pantainya yang melengkung. Dilihat dari satelit, pantai ini berbentuk huruf G terbalik. Posisi ini membuat ombak di pantai ini sangat tinggi, bahkan hingga 8 meter. Justru dengan ombaknya yang tinggi pantai ini dikenal sebagai tempat terbaik untuk aktivitas selancar.

Pantai ini juga sering disebut sebagai G-land. Alasan kenapa ada beberapa versi, bukan hanya karena bentuknya seperti huruf G terbalik. Ada yang mengatakan bahwa G-land berasal dari nama teluk, yaitu Grajagan. Ada juga yang beranggapan bahwa G-land berasal dari kata Green karena pantai ini dikelilingi oleh hutan tropis. Ada juga yang menyebut G-land dari kata big karena ombaknya yang tinggi.

Pantai Plengkung sendiri dikelola oleh PT. Plengkung Indah Wisata sejak tahun 1990. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Karena pantai ini sudah terkenal hingga ke mancanegara, beberapa fasilitas seperti akomodasi, bar dan lain-lain menggunakan dolar AS sebagai pembayarannya.

Atraksi Pantai Plengkung

Objek Wisata Pantai PlengkungKredit gambar: Google Maps Barra 110117

Pantai Plengkung adalah salah satu pantai yang paling terkenal di kalangan peselancar di dunia. Sebagai ajang kompetisi selancar internasional, daya tarik pantai ini juga patut dikunjungi karena keindahannya. Berikut beberapa objek wisata yang menjadikan pantai ini sebagai primadona baik lokal maupun mancanegara.

1. Gelombang

Daya tarik utama Pantai Plengkung adalah ombaknya yang sangat cocok sebagai tempat berselancar. Bahkan ombak di pantai ini merupakan spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan termasuk 7 besar di dunia. Ombak di pantai ini besar dan konstan, bahkan setinggi 4-8 meter dengan panjang 2 kilometer.

Ada tiga tingkat ombak di pantai ini. Yang pertama adalah Kong Waves, ketinggian ombaknya mencapai 6-8 meter. Level kedua adalah Speedis Waves yang memiliki ombak setinggi 5-6 meter. Level terakhir adalah Many Track dengan ketinggian 3 sampai 4 meter. Level terakhir ini biasanya digunakan oleh para pemula untuk menyempurnakan kemampuan surfing mereka.

2. Keindahan pantai

Pantai ini memiliki keindahan yang sangat menawan. Dengan pasir putih, pengunjung yang tidak tahu cara berselancar bisa duduk di tepi pantai untuk menikmati keindahan yang ada. Pemandangan ini jauh lebih indah saat matahari terbenam. Dengan matahari yang kekuningan mulai tenggelam di antara lautan, pemandangan ini sangat mempesona bagi pengunjung.

3. Cantik

Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, sehingga banyak terdapat pepohonan yang membuat kawasan ini asri. Jika tidak menggunakan transportasi yang disediakan oleh pengelola taman nasional, pengunjung dapat melacak. Perjalanan akan lebih sulit dan sekaligus Anda bisa merasakan suasana hutan di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PlengkungKredit gambar: Google Maps mohammad taufiqurahman

Pantai Plengkung Banyuwangi terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menggunakan dua jalur, yaitu jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur darat bisa menggunakan kendaraan pribadi, motor dan mobil. Selain itu, angkutan umum berupa bus juga tersedia.

Jika Anda datang dari Banyuwangi di Jawa Timur, Anda bisa menuju Kalipahit yang berjarak sekitar 60 kilometer. Tujuan selanjutnya adalah Pasar Anyar naik sekitar 4 kilometer. Dari Pasar Pancar, Anda bisa menuju Pos Pancur yang berjarak sekitar 15 kilometer. Pos ini merupakan perhentian terakhir untuk kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Kemudian Anda dapat memilih perjalanan menuju lokasi dengan dua pilihan yaitu berjalan kaki sekitar 9 kilometer atau menggunakan kendaraan khusus yang telah disediakan oleh pengelola Taman Nasional Alas Purwo. Kendaraan ini hadir dalam bentuk mobil pikap yang telah dimodifikasi untuk penumpang, yang merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat sekitar.

Sedangkan untuk jalur laut, Anda bisa menggunakan speedboat selama 1 jam perjalanan atau kapal nelayan selama 2 jam dari Grajagan. Pantai Plengkung juga dapat diakses dari Bali menggunakan speedboard. Biasanya turis asing yang mengambil jalur laut ini dari Bali.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai PlengkungKredit Gambar: Google Maps W Nazaria

Tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Plengkung tidaklah mahal. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Namun, Anda tetap perlu menyiapkan dana untuk membawa mobil pick up ke lokasi.

Pickup ini bisa diisi 10 sampai 12 orang. Tarifnya Rp 250.000 untuk pulang pergi. Harga ini dihitung per trip, jadi makin banyak penumpang makin murah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Plengkung

Aktivitas di Pantai PlengkungKredit gambar: Twitter febunmerMALANG

Menghabiskan waktu di pantai memang menyenangkan, apalagi jika bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Jika Anda berkunjung ke Pantai Plengkung, Anda tidak akan bosan karena akan ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Berikut beberapa kegiatan menyenangkan yang banyak dilakukan.

1. Berselancar

Surfing merupakan salah satu kegiatan yang menarik banyak pengunjung, terutama dari luar negeri, untuk mengunjungi pantai yang indah ini. Jika Anda menyukai kegiatan ini atau ingin mempelajari cara melakukannya, Anda bisa datang dan mencobanya. Perlengkapan selancar Anda sendiri sudah tersedia, jadi Anda tidak perlu khawatir membawa perlengkapan selancar Anda.

Ombak pantai ini tidak selalu cocok untuk aktivitas selancar. Ombak terbaik hanya dapat ditemukan pada bulan-bulan tertentu. Biasanya ombak akan naik pada bulan April hingga Oktober, terutama pada bulan Agustus. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan ombak terbaik untuk berselancar, Anda bisa datang pada bulan-bulan tersebut.

2. Memancing

Kegiatan ini pasti menyenangkan, apalagi jika Anda sangat enjoy melakukannya. Anda bisa membawa peralatan memancing dan mencari tempat untuk melakukan aktivitas ini. Ikan yang Anda tangkap akan cukup bervariasi, tetapi pasti akan memuaskan hobi Anda melakukan aktivitas menyenangkan ini.

3. Bersepeda

Aktivitas Menarik di Pantai PlengkungKredit gambar: Google Maps Sonia Chubby

Pantai ini merupakan tempat yang asyik untuk bersepeda. Sambil bersepeda di pantai, Anda tidak hanya bisa berolahraga, tetapi juga merasakan keindahan pantai dan udaranya yang segar. Kedekatan pantai ini dengan hutan membuat pantai ini terasa sejuk sehingga cocok untuk berolahraga seperti bersepeda.

4. Kunjungan

Keindahan pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa datang dan menikmati keindahan pantainya. Bahkan pengelola sudah merencanakan sebuah menara agar pengunjung bisa menikmati panorama dari atas. Tak hanya pantai, dari menara ini pengunjung juga bisa melihat pemandangan hutan Alas Purwo.

Matahari terbit tidak terlihat bagus dilihat dari pantai Plengkung karena tertutup pegunungan. Situs-situs menarik akan terlihat mulai pukul 9 pagi. Selama jam-jam ini pantai akan mulai berombak sehingga Anda dapat melihat para peselancar beraksi.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai PlengkungKredit gambar: Google Maps Sholeh DS

1. Perkemahan Selancar Bobby

Hostel ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan hostel lain di G-land. Namun fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap dengan akomodasi yang bersih dan pelayan yang ramah. Hostel ini juga menawarkan beberapa fasilitas hiburan seperti snorkeling dan berwisata ke hutan Taman Nasional Alas Purwo.

2. Kamp Selancar Hutan G-Land

Bangunan hostel ini terlihat sederhana, namun kamar di dalamnya bersih dan nyaman. Dekat dengan alam, jadi sejuk dan asri. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan akomodasi lainnya.

3. Kamp Selancar Joyo

Ini adalah alternatif untuk menginap dan sangat dekat dengan pantai, hanya sekitar 100 meter. Ada beberapa tipe kamar yang bisa dipilih, semuanya memiliki fasilitas yang sangat memadai bagi pengunjung. Selain kamar, hostel ini juga memiliki bungalow yang cukup luas dengan beberapa kamar tidur.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai PlengkungKredit gambar: Google Maps alan nobita

Sebagai pantai yang terkenal di mancanegara, Pantai Plengkung menawarkan fasilitas yang sangat lengkap dan memadai bagi pengunjungnya. Selain itu, pantai ini telah dikelola dengan baik sejak tahun 90-an.Fasilitas umum seperti pos jaga untuk kendaraan pribadi, serta akomodasi untuk kendaraan khusus menuju lokasi pantai tersedia.

Selain itu, ada juga akomodasi, restoran, bar, dll. Fasilitas ini menggunakan pembayaran dolar AS karena biasanya digunakan oleh wisatawan asing. Ada juga peralatan selancar yang bisa disewa pengunjung.

Beberapa wisatawan domestik tinggal di daerah ini karena cukup mahal. Mereka lebih memilih pulang. Namun, ada juga fasilitas yang bisa digunakan, seperti bangku untuk beristirahat di bawah rindangnya pepohonan. Juga, pantainya tetap bersih, jadi nyaman untuk ditonton.

Pantai Plengkung di Banyuwangi atau yang biasa dikenal dengan G-land merupakan pantai yang sudah terkenal di mata dunia karena ombaknya. Pantai ini juga menjadi tempat kompetisi selancar internasional sehingga tidak hanya pengunjung domestik tetapi juga banyak turis asing.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button