KPID Dorong Peran LPPL Jatim Dalam Optimalisasi Penyebaran Informasi Pembangunan Jatim - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

KPID Dorong Peran LPPL Jatim Dalam Optimalisasi Penyebaran Informasi Pembangunan Jatim – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

KPID mendorong peran LPPL Jatim dalam optimalisasi penyebaran Informasi Pembangunan Jatim

Diunggah pada: 21 Sep 2022 15:10:55 2

Kegiatan Focus Group Discussion secara online dengan Lembaga Penyiaran Layanan Masyarakat Daerah (LPPL) se-Jawa Timur, Rabu (21/9/2022).

Ruang Berita Jawa Timur – Komisi Penyiaran Daerah Indonesia (KPID) Jawa Timur menggelar diskusi kelompok terfokus online dengan Lembaga Penyiaran Layanan Umum Daerah (LPPL) se-Jawa Timur, Rabu (21/09/2022). Ketua KPID Jatim Immanuel Yosua Tjiptosoewarno mengatakan LPPL perlu membangun optimisme publik melalui konten siaran yang menggambarkan kebangkitan Jatim pascapandemi.

“Bicara komitmen, LPPL Jatim harus ikut dalam sosialisasi pembangunan. LPPL perlu dilibatkan dalam menyampaikan informasi pembangunan kabupaten/kota ke Provinsi Jawa Timur,” kata Joshua membuka diskusi kelompok terfokus.

Lebih dari 30 peserta LPPL dari seluruh Jawa Timur mengikuti diskusi ini. Dalam beberapa pekan terakhir, KPID Jatim juga menggelar berbagai diskusi dengan peserta dari stasiun TV swasta lokal, radio lokal, dan radio komunitas se-Jawa Timur. Tujuannya untuk menyebarkan informasi pembangunan dan memperkuat komunitas penyiaran lokal.

Diskusi ini merupakan upaya KPID Jatim untuk mendorong kolaborasi dan peningkatan kapasitas antara masyarakat dan industri penyiaran. KPID Jawa Timur berkomitmen untuk menciptakan iklim penyiaran yang sehat untuk mendukung pembangunan daerah dan mencerdaskan masyarakat Jawa Timur.

Perlunya diseminasi informasi pembangunan ditegaskan oleh Arvie Hendrawijaya dari LPPL Radio Malowopati Bojonegoro. Pihaknya aktif memberikan informasi perkembangan di daerah, bahkan radio swasta menyiarkan berita dari Malowopati. Radio ini juga memperkuat potensi UMKM di Bojonegoro yang selama ini jarang terlihat oleh radio swasta.

Koordinator Konten Siaran KPID Jatim, Sundari, mengatakan diskusi ini mempertemukan tantangan penyiaran publik lokal dengan best practice yang dilakukan LPPL. Ia mengatakan, konten yang disiarkan di LPPL harus mengedukasi masyarakat tentang informasi palsu atau hoax di media sosial.

“LPPL dapat bersinergi atau bekerja sama dengan RRI dan TVRI Jatim untuk menyebarluaskan informasi tentang pembangunan dan potensi daerah,” kata Ndari.

Asisten Sekretaris Persatuan Radio LPPL Jawa Timur Risma Erina. Pengurus Radio Persada Blitar mengatakan ada program siaran bersama tentang pembangunan di Jawa Timur. Misalnya Buletin Jawa Timur yang tayang setiap sore Senin sampai Jumat. Ada pula potret Jawa Timur yang membicarakan potensi wisata, budaya, dan kulinernya pada Sabtu dan Minggu.

“LPPL yang belum bergabung, mari bergabung dalam paguyuban dan aktif berbagi program pembangunan dan potensi lokal daerahnya masing-masing. Kami juga sering mengupgrade SDM untuk pengiriman,” kata Risma.

KPID Jawa Timur mempromosikan penyebaran informasi tentang perkembangan dan potensi lokal Jawa Timur. KPID Jatim berkomitmen untuk menciptakan iklim penyiaran yang sehat dan menanggapi keluhan dan kontribusi Komunitas Penyiaran Jatim secara Cepat, Efisien, Efektif, Responsif, dan Transparan (CETAR).(sti)

#Diskominfo Jatim #KPID

Source: kominfo.jatimprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button