Pantai Perancak, nikmati keindahan pantai dalam suasana tenang di Jembrana Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Perancak, nikmati keindahan pantai dalam suasana tenang di Jembrana Bali

Pantai Perancak, nikmati keindahan pantai dalam suasana tenang di Jembrana Bali

Salah satu cara untuk menikmati pemandangan pantai adalah saat matahari terbenam. Kunjungi Pantai Perancak untuk melihat pemandangannya matahari terbenam terbaik.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 09.00-17.00 WITA, Alamat: Percak, Kec. Jembrana, Kab. Djembrana, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Dibandingkan dengan daerah lain di Bali seperti bagian selatan, tempat wisata di Bali Barat memang belum banyak dikenal. Padahal pantai-pantai di Bali Barat tak kalah indah dan mempesona. Salah satunya adalah Pantai Perancak Jembrana yang sebenarnya menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Salah satu penyebab destinasi wisata di Bali Barat kurang dikenal wisatawan adalah aksesnya yang relatif jauh. Jika wisatawan datang dari Bandara Ngurah Rai, butuh waktu lama untuk bisa sampai ke daerah di Bali Barat seperti Jembrana. Selama ini wisatawan yang berkunjung ke sini kebanyakan wisatawan lokal.

Sedangkan wisatawan yang datang dari luar negeri biasanya lebih memilih untuk berkunjung ke Bali Selatan, seperti Pantai Sanur dan Pantai Pandawa. Padahal pantai-pantai di kawasan Bali Barat juga memiliki keunikan dan keistimewaan yang sangat menarik. Nah berikut informasi Pantai Perancak yang harus diketahui wisatawan.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Perancak

Objek wisata pantai PerancakKredit gambar: Google Maps

Bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana pantai yang tenang dan tidak ramai, Pantai Perancak adalah pilihan terbaik. Karena seperti yang dikatakan sebelumnya, pantai cantik ini belum banyak diketahui orang. Sementara jumlah wisatawan yang datang masih sedikit. Berikut berbagai daya tarik pantai ini.

✦ Nikmati keindahan pantai dalam suasana yang tenang

Daya tarik pertama dari pantai cantik ini adalah keindahan pemandangan alam yang bisa dinikmati dalam suasana yang sangat menenangkan. Mengunjungi pantai Jembrana ini, wisatawan akan merasakan sisi lain dari Bali yang terasa asri, alami dan memukau. Jika wisatawan berkunjung pada sore hari, Anda akan melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

✦ Pemandangan nelayan di laut

Bisa dibilang Desa Perancak Jembrana sendiri cukup jauh dari hiruk pikuk kota yang pengap. Karena mayoritas penduduk lokal di sini berprofesi sebagai nelayan dan berjualan ikan bakar di pinggir pantai. Dengan demikian, saat berkunjung ke pantai ini, wisatawan bisa langsung melihat aktivitas para nelayan laut.

Jika Anda ingin melihat para nelayan melaut, Anda harus mengunjungi pantai indah ini di pagi hari. Dan bagi wisatawan yang datang ke pantai pada sore hari untuk melihat matahari terbenam, mereka akan melihat para nelayan kembali melaut.Siluet kapal di bawah sinar matahari sore adalah pemandangan yang sangat indah.

✦ Penangkaran penyu

Daya tarik lain yang juga sangat istimewa dari pantai cantik ini adalah adanya penangkaran penyu. Penangkaran Kurma Asih merupakan tempat penyu bertelur. Jenis penyu yang ada di penangkaran antara lain penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan masih banyak lagi lainnya.

Jika berkunjung pada waktu yang tepat, wisatawan bisa langsung melihat ikut serta dalam kegiatan pelepasan penyu ke laut Perancak Turtle Hatchery juga bekerjasama dengan World Wide Fund for Nature. Organisasi yang berfokus pada penangkaran berbagai jenis satwa liar dan pelestariannya.

✦ Warung ikan bakar Bali

Terakhir, bagi pecinta kuliner wajib mengunjungi pantai di Desa Perancak ini. Karena di kawasan pantai dekat penangkaran penyu terdapat warung ikan bakar yang diolah dengan bumbu khas Bali. Ikan bakar khas desa ini diolah dengan bumbu yang didominasi rasa asin dan manis.

Ada banyak pesona tersembunyi di Pantai Perancak Bali yang hingga kini belum banyak diketahui orang. Mengunjungi pantai ini, wisatawan dapat merasakan suasana yang berbeda, alami, asri dan tenang. Selain itu juga ada penangkaran penyu, warung ikan bakar dan pemandangan pemancing laut yang tak kalah menarik.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai PerancakKredit gambar: Google Maps Dwi Rizki Mayang Ardhia (Kiki)

Bagi wisatawan yang bertanya-tanya di mana tepatnya Pantai Perancak? Pantai cantik ini terletak di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Jika wisatawan berangkat dari bandara Ngurah Rai, jarak yang harus ditempuh sekitar 109 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Sementara bagi wisatawan yang memulai perjalanan ke ibu kota Kabupaten Jembrana, Kota Negara, jarak tempuh sekitar 9,6 kilometer. Dari Kota Negara ke pantai desa Perancak, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit. Untuk rutenya, Anda tidak perlu bingung karena jalan menuju lokasi pantai sudah diaspal hingga ke bibir pantai.

Untuk biaya masuk ke pantai indah ini, wisatawan tidak perlu membayar alias gratis. Namun jangan lupa untuk menyiapkan uang untuk keperluan lain seperti biaya parkir, biaya makan dan pengeluaran lainnya. Misalnya, harga tiket ekowisata mangrove bagi wisatawan yang berminat hanya Rp 5.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai PerancakKredit gambar: Google Maps Jongos Empatlima

Pantai yang berada di Desa Perancak ini memiliki suasana yang cukup berbeda dengan pantai-pantai lain di Bali. Nah, pengalaman yang akan kamu dapatkan pasti akan berbeda dan ada banyak hal keren yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

1. Rasakan indahnya suasana pantai dan desa

Disini wisatawan bisa merasakan suasana pantai dan pedesaan yang masih sangat asri, alami dan jauh dari hiruk pikuk kota. Suasananya sangat tenang dan sangat kondusif untuk menjernihkan pikiran dari berbagai masalah atau penat sejenak.

2. Mencicipi kuliner ikan bakar khas desa Perancak

Selain itu kegiatan yang tidak kalah menariknya adalah wisata kuliner, karena disini terdapat menu ikan bakar dengan bumbu khas Bali yang sangat terkenal. Kuliner khas Pantai Perancak memang sangat istimewa. Karena ikan yang dimasak berasal langsung dari nelayan yang merupakan warga setempat.

3. Mengunjungi penangkaran penyu

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat langsung penangkaran penyu. Karena kapan lagi wisatawan bisa langsung melihat penyu dalam jumlah banyak. Bahkan jika berkunjung pada waktu tertentu, wisatawan juga bisa melihat penyu yang dilepasliarkan ke laut.

Tidak hanya menikmati pemandangan pantai yang indah, di sini wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain yang tak kalah menarik. Seperti merasakan suasana pedesaan dan pantai yang sepi, berwisata kuliner dengan ikan bakar khas Bali hingga mengunjungi penangkaran penyu.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai PerancakKredit gambar: Google Maps Lanang Laghawa

Meski wisatawan bebas mengunjungi pantai ini, namun fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Sehingga wisatawan dapat dengan nyaman menikmati pemandangan pantai. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Perancak.

1. Area parkir

Fasilitas pertama yang tersedia di pantai indah ini adalah tempat parkir mobil yang luas dan mudah diakses. Untuk parkir, wisatawan cukup menyiapkan uang sekitar Rp 5.000 saja. Setelah itu proses parkir kendaraan akan dihadiri dan diatur oleh petugas.

2. Toilet dan kamar mandi

Selain itu, toilet dan kamar mandi juga disediakan dan dapat digunakan wisatawan secara gratis. Meski gratis, tidak perlu khawatir karena bersih dan dapat digunakan dengan nyaman.

3. Stand Ikan Bakar

Hidangan khas di pantai cantik ini adalah ikan bakar dengan bumbu khas Bali. Di sekitar pantai, wisatawan bisa menjumpai banyak warung makan yang menawarkan menu spesial ini. Selain ikan bakar, warung ini juga menawarkan menu makanan lainnya.

4. Pura Gede Perancak

Terakhir, bagi wisatawan yang ingin mencoba mengunjungi pura, bisa mengunjungi Pura Gede Perancak yang berada di dekat pantai. Pura ini merupakan tempat wisata spiritual yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Namun dengan catatan, saat berkunjung, wisatawan harus menjaga kesopanan yang baik.

Liburan dan menenangkan diri sejenak sangat penting, agar pikiran bisa lebih rileks. Pantai Perancak bisa menjadi pilihan terbaik bagi wisatawan yang mencari tempat liburan dengan suasana tenang dan damai. Rasakan ketenangan pepohonan hijau, ombak yang tenang dan angin sepoi-sepoi di pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button