Pantai Pelangi Muara Badak, pantai yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan - WisataHits
wisatahits

Pantai Pelangi Muara Badak, pantai yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan

Pantai Pelangi Muara Badak, pantai yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan
Harga tiket: Rp30.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanjung Limau, Kec. Muara Badak, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Ada banyak jenis tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi di pulau kalimantan. Pulau Kalimantan memiliki banyak kubangan air yang menakjubkan, sehingga pulau tersebut akhirnya mendapat julukan pulau seribu sungai. Di tempat ini, menemukan pasar terapung tidaklah sulit.

Salah satu destinasi wisata populer yang menarik perhatian wisatawan adalah Pantai Pelangi di Muara Badak, Kutai Kartanegara. Pantai ini sudah lama dikenal sebagai spot favorit para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini tak lepas dari panorama alam menakjubkan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini.

Anda yang datang berkunjung bisa bersantai bersama keluarga atau teman sambil menikmati keindahan alamnya. Plus, ada banyak kesenangan yang bisa didapat. Berikut ini kami akan mempertimbangkan lebih detail apa saja atraksi itu, harga tiket atraksi, dll.

Daya Tarik Pantai Pelangi

Atraksi Pantai PelangiKredit gambar: Google Maps Murdi

1. Panorama alam yang indah

Pantai Pelangi Muara Badak merupakan sebuah pantai yang terletak di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur. Tidak sedikit wisatawan dari luar daerah yang datang mengunjungi tempat ini. Tentunya hal ini tidak lepas dari daya tarik yang ditawarkan Pantai Pelangi. Salah satu daya tariknya adalah panorama alam yang luar biasa.

Anda tidak perlu meragukan keindahan alam tempat ini. Warna pasir putih bersih dan birunya laut merupakan perpaduan yang begitu indah sehingga tidak akan pernah bisa Anda lupakan. Saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai, Anda akan terpesona.

Di tepi pantai, Anda akan menemukan pohon pinus yang tertata rapi, seolah menyambut kedatangan wisatawan. Keindahan pulau ini benar-benar bisa Anda rasakan, terutama menjelang matahari terbit dan terbenam. Di momen-momen tersebut, pantai akan mengeluarkan pesonanya yang luar biasa.

2. Berkemah di lokasi

Daya tarik selanjutnya yang juga ditawarkan oleh Pantai Pelangi adalah Anda akan menemukan tempat camping. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang terdapat di kawasan Kalimantan Timur, di Pantai Pelangi Anda bisa menikmati kegiatan berkemah untuk lebih meningkatkan kebersamaan.

Menikmati keindahan pantai di malam hari melalui tenda dan ditemani api unggun merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Bagi Anda yang sangat senang melakukan aktivitas tersebut, sangat disarankan untuk mengikuti aktivitas ini di Pantai Pelangi.

3. Hutan bakau

Seperti kita ketahui bersama, Pulau Kalimantan memang merupakan pulau terbesar di Indonesia, dan juga disebut-sebut sebagai paru-paru dunia, karena lahan hijau yang dimilikinya terbentang lebih dari empat juta hektar. Anda juga akan menemukan ruang hijau yang membentang hingga Pantai Pelangi ini.

Hutan mangrove yang begitu indah akan memukau siapa saja yang melihatnya. Keberadaan hutan mangrove ini memang memberikan dampak yang sangat positif bagi produksi udara bersih bagi lingkungan sekitar. Selain itu, di pinggir pantai banyak terdapat pohon pinus yang menambah kesejukan kawasan.

Nah dari situ, bagi anda yang penduduk kota dan jarang menghirup udara segar, maka dengan mengunjungi tempat ini anda bisa menikmati udara segar. Anda bisa bersantai di tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat: Pantai Pelangi Muara BadakKredit gambar: Google Maps Yusuf Arif Setiawan

Pantai Pelangi memang diakui sebagai salah satu tempat wisata yang sangat menakjubkan. Seperti yang telah disebutkan di atas, Pantai Pelangi terletak di Kalimantan Timur yaitu di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Jika anda memulai dari kota Samarinda maka jarak tempuh menuju tempat wisata sekitar 58 km.

Akses jalan yang harus Anda lalui juga cukup mudah, karena jalanan sudah diaspal. Namun nantinya Anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan perahu motor. Dari kota Samarinda untuk sampai ke pantai ini, dibutuhkan waktu setidaknya 1,5 jam. Dengan rincian sekitar 1 jam perjalanan dari Samarinda dan sekitar 30 menit dari pantai.

Meski perjalanan terasa agak panjang dan melelahkan, namun semua lelah dan penat Anda akan terbayar lunas sesampainya di tempat wisata. Untuk mengunjungi pantai ini, nantinya Anda harus memulai perjalanan dengan kendaraan roda dua dari kota Samarinda menuju dermaga di desa Pangempang.

Setelah sampai di dermaga, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju kabupaten Muara Badak dengan menggunakan perahu motor. Dengan menggunakan perahu, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Pantai Pelangi kurang lebih 30 menit. Selama perjalanan Anda bisa melihat keindahan alam sekitar.

Meski perjalanannya cukup panjang, nyatanya tidak sedikit wisatawan yang mau mengunjungi tempat ini. Karena wisatawan sudah familiar dengan atraksi yang ditawarkan Pantai Pelangi, mereka tidak main-main sehingga tidak ragu untuk menempuh jarak yang cukup jauh.

Bagi Anda yang masih bingung dengan rute menuju dermaga, Anda bisa menggunakan Google Maps. Dengan menggunakan fitur Google ini pasti akan memudahkan Anda dalam menemukan lokasi.

Harga tiket masuk wisata pantai

Bagi anda yang berencana mengunjungi Pantai Pelangi Muara Badak, nantinya akan dikenakan biaya masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena harga masuknya cukup terjangkau.

Anda hanya perlu menyiapkan budget Rp 30.000 untuk biaya penyeberangan kapal motor dari dermaga ke pantai. Harganya cukup bersahabat dan tidak akan menguras kantong Anda. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi Pantai Pelangi saat liburan tiba.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Pelangi

Kegiatan Menyenangkan Pantai PelangiKredit gambar: Google Maps Azhari Al-Batawi

1. Nikmati pemandangannya

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di Pantai Pelangi. Salah satu kegiatan tersebut adalah menikmati pemandangan yang disajikan oleh pantai.

Seperti yang sudah dibahas di atas, Pantai Pelangi menawarkan panorama yang begitu luar biasa dan mampu memikat semua wisatawan yang berkunjung.

Wajar saja, karena di sanalah Anda akan menemukan pasir putih yang begitu halus dan juga deretan pohon pinus yang berdiri kokoh seolah menantang ombak. Wisatawan bisa melihat hamparan lautan.

Jika Anda datang bersama keluarga, Anda bisa bersantai sambil menikmati semilir angin yang sejuk. Suara deburan ombak membuat suasana begitu santai. Di tempat ini juga terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk duduk bersantai bersama keluarga atau pasangan.

2. Berkemah di sekitar pantai

Kegiatan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah berkemah. Kegiatan inilah yang membedakan Pantai Pelangi dengan pantai-pantai lain di Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Kegiatan berkemah diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Muara Badak.

Bersamaan dengan kegiatan camping bersama, sangat berpengaruh untuk meningkatkan rasa kebersamaan. Bagi Anda yang ingin mengikuti kegiatan camping di tepi Pantai Pelangi, sangat dipersilahkan.

3. Berburu foto keren

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini pasti tidak akan kehilangan aktivitas hunting fotonya. Banyak spot foto Instagrammable yang bisa kamu temukan di Pantai Pelangi.

Salah satunya adalah pohon bakau yang tumbuh subur di tepi pantai. Memotret dengan latar belakang pohon bakau akan menghasilkan gambar yang begitu indah. Untuk itu, saat Anda memutuskan untuk mengunjungi Pantai Pelangi, jangan lupa untuk membawa kamera Anda.

4. Menginap di area pantai

Di kawasan pantai Pelangi Muara Badak juga terdapat berbagai jenis penginapan yang menawarkan fasilitas lengkap. Dengan adanya hostel ini tentunya pengunjung yang bermalam tidak perlu merasa kerepotan. Anda dapat menikmati fasilitas seperti wi-fi gratis, parkir yang luas, shower air panas, AC, dll.

Selain itu, pelayanan yang ditawarkan pihak hostel juga sangat optimal. Anda benar-benar akan dimanjakan seperti seorang raja. Harga akomodasi di pantai ini cukup terjangkau. Oleh karena itu, Anda dijamin tidak akan kecewa saat bermalam di pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Pelangi Muara BadakKredit gambar: Google Maps Widodo Hermanto

Sebagai salah satu pantai yang dikelola secara profesional, Pantai Pelangi memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Meski letak pantai ini jauh dari pusat kota Samarinda, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah fasilitas tersebut.

Fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, dan mushola tersedia di tempat-tempat tersebut. Selain itu, disediakan gazebo bagi pengunjung yang ingin bersantai bersama orang tersayang.

Ada juga warung makan yang menyajikan makanan khas daerah dari Kalimantan Timur. Menikmati sajian khas pulau Kalimantan sambil memandangi pantai adalah hal yang tak boleh dilewatkan.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Pantai Pelangi Muara Badak yang perlu Anda ketahui. Jika Anda kebetulan sedang berkunjung ke Kalimantan Timur, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak ke pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button