Pantai Pangandaran Karapyak: Harga Tiket Masuk, Lokasi & Atraksi - WisataHits
wisatahits

Pantai Pangandaran Karapyak: Harga Tiket Masuk, Lokasi & Atraksi

Pantai Karapyak Pangandaran – Liburan tahun baru tahun ini akan segera tiba namun menjelang liburan akhir tahun kali ini terlihat sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tidak lain karena masa pandemi yang masih dimanipulasi.

Pantai Karapyak Pangandaran
Foto: Elis Solihati

Hal ini tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa kawasan wisata yang masih terbuka untuk wisatawan seperti wisata Pangandaran dan tentunya ada pengaturan-pengaturan tertentu yang perlu dilakukan agar dapat menerima wisatawan yang datang berlibur.

Bagi yang tidak berniat berlibur di akhir tahun, mungkin ini bisa dijadikan referensi untuk berlibur. Pangandaran memiliki banyak destinasi wisata yang sebagian besar bernuansa pantai.

Mulai dari Pantai Mandasari, Pantai Karang Nini, Pantai Barat, Pantai Timur, Pantai Batuhiu dan beberapa lainnya, kali ini saya merekomendasikan salah satu pantai di kawasan wisata Pangandaran yang lain, dimana pantai ini memiliki dua warna air dari laut yang berbeda, yaitu Pantai Karapyak.

Pantai Karapyak Pangandaran
Foto: Elis Solihati

Atraksi Two-Tone Pantai Karapyak

Memiliki pesona tersendiri, Pantai Karapyak merupakan salah satu yang sayang untuk dilewatkan saat berwisata ke Pangandaran, Pantai Karapyak memiliki dua warna air laut yang berbeda dari pantai-pantai di sekitar Pangandaran.

Peristiwa ini sering terjadi di benua Eropa yang memiliki dua warna pantai. Untuk itu, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati keindahan pantai dengan dua warna ini, cukup di Pantai Karapyak Pangandaran.

Munculnya warna air laut yang berbeda ini disebabkan oleh bertambahnya aliran sungai Citanduy sehingga mengalir ke laut dan terdapat warna air laut yang sangat kontras. air yang kemudian menyatu dengan air laut yang berwarna biru, sehingga terlihat jelas perbedaannya.

Selain memiliki pemandangan pantai dua warna, di sisi lain Pantai Karapyak mampu menampilkan pemandangan Pulau Nusakambangan yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah kepada wisatawan. Pulau Nusakambagan dikenal luas sebagai pulau tempat tinggal para narapidana.

Bagi yang senang memancing, Pantai Karapyak merupakan tempat yang cocok untuk menangkap ikan dari perahu dan memancing di pinggir pantai adalah cara untuk menenangkan pikiran, sambil menikmati keindahan di sekitar pantai.

Pasir putih

Pantai Karapyak memiliki pasir putih yang panjangnya sekitar 5 kilometer, tidak seperti pantai lain di Pangandaran yang hanya memiliki dua pantai pasir putih, salah satunya adalah pantai Karapyak dan yang lainnya adalah pantai pasir putih yang terletak di kawasan Carag Alam.

Pantai yang penuh dengan bebatuan Pantai Karapyak ini sangat menawan, cukup menyenangkan jika anda mengajak keluarga anda untuk bermain pasir dan menemukan pecahan-pecahan kecil koral. Saat air laut surut, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah biota laut yang muncul di permukaan atau di balik permukaan karang di sekitar pantai.

Pantai Karapyak Pangandaran
Foto: Elis Solihati

Sejarah kasur

Di kawasan pantai Karapyak Pangandaran terdapat sebuah batu yang bernama Batu Kasur yang memiliki warna putih dengan ukuran panjang sekitar 2 meter dan lebar 1 meter ini disakralkan pada zaman dahulu dan menjadi kepercayaan beberapa warga desa Bagolo. .

Banyak yang percaya bahwa Batu Kasur memiliki kekuatan magis. Menurut penuturan warga sekitar, Batu Kasur dipercaya sebagai tempat peristirahatan seorang Kyai yang menyebarkan agama Islam dari kerajaan Mataram bernama Mbah Panjing Bener.

Makam Kyai Panjing sendiri terletak di sebuah bukit dekat Batu Kasur. Banyak orang yang berziarah mengharapkan sesuatu dari Batu Kasur, sedangkan asal usul nama Batu Kasur berasal dari bentuknya yang menyerupai kasur dan mengapung di tepi pantai, meski air laut surut, batu Kasur selalu tampak mengambang.

Fasilitas Pantai Karapyak

Fasilitas penunjang di Pantai Karapyak antara lain mushola, WC umum, kafe dan warung tradisional yang menawarkan berbagai kuliner khas. Selain banyak hidangan seafood, ada juga kuliner khasnya yaitu Pindang gunung. Pindang gunung adalah sop ikan dengan kuah kuning dan beberapa bumbu yang merupakan masakan khas Kabupaten Pangandaran.

Lokasi Pantai Karapyak

Pantai Karapyak terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jika Anda datang dari arah Kota Banjar, jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam dan untuk arah Pangandaran.

Biaya masuk

Tiket masuk ke pantai Karapyak untuk pengendara sepeda motor adalah Rp 10.000 per orang. Jika Anda mengendarai jeeb atau sedan harganya Rp 60.000, bus kecil seharga Rp 95.000 dan bus besar seharga Rp 135.000.

Bagi yang berada di luar daerah tidak salah lagi mencari penginapan karena banyak sekali penginapan di sekitaran pantai, salah satunya adalah Karapyak Glamping & Lodges Pangandaran yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai yang berada di Dusun Bagolo Kolot, Bagolo. Desa, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat.

berjarak sekitar 260 meter dari pantai karapyak sekitar 1 menit, untuk harga permalam mulai dari Rp 500.000. Demikian pendapat kami, jangan lupa follow blog parawisata.net untuk informasi terbaru.

Source: www.parawisata.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button