Festival salatiga akhir pekan kami, ada pameran gastronomi dan pesta durian - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Festival salatiga akhir pekan kami, ada pameran gastronomi dan pesta durian – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga Valentino T. Haribowo (keempat dari kiri) menggelar konferensi pers Festival Kita Salatiga dan Travelmart pada Rabu (16/11) di Gedung Papak, Balai Kota Salatiga Tahun 2022 ) . (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jawa Tengah) mengadakan acara bertajuk Festival dan Travelmart Salatiga Kita akhir pekan ini, Jumat-Minggu (18-20/11/2022). Acara yang digelar di pelataran kantor pemerintahan Kota Salatiga dan DPRD Kota Salatiga ini akan dimeriahkan oleh puluhan UMKM dan 10 pengusaha kuliner legendaris asal Salatiga.

Tak hanya itu, acara tersebut juga akan dihadiri puluhan biro perjalanan yang akan mempromosikan gastronomi kota Salatiga, termasuk festival durian.

Iklan Daihatsu Rocky Mobil Harga Rp 200 Jutaan Hanya Rp 99.000

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Salatiga, Valentino T. Haribowo mengatakan, festival tersebut merupakan salah satu yang bertujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat, khususnya para pelaku UMKM pascapandemi Covid-19.

“Kegiatan ini merupakan representasi Kota Salatiga yang siap melakukan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, kenaikan harga BBM dan lain-lain. Kami berharap masyarakat dapat menikmati rangkaian kegiatan Salatiga Kita Festival dan Travelmart,” kata Valentino saat jumpa pers di Gedung Pakpak Balai Kota Salatiga, Rabu (16/11/2022).

Kegiatan yang bertemakan “One Stop Show, Competition, Business & Service” ini menurut Valentino juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Ini termasuk pameran Travelmart, pameran gastronomi, warisan kuliner, peluncuran buku, pameran tie-dye, atraksi tie-dye, parade kebaya, parade budaya dan festival hias.

Baca Juga: Ratusan Warga Salatiga Ikuti Karnaval Budaya HUT Pemuda Pancasila

Selain itu, akan ada Salatiga Singer Got Talent, Parade Musik, Pameran Kuliner Kontemporer, Salatiga Fashion Expo dan Parade Desainer Indonesia.

“Tidak ketinggalan, ada juga kegiatan sosial donor darah, pemacu vaksinasi dan cek kesehatan. Juga disimpan Hari bebas mobil, flashmob dengan 1.000 siswa, sepeda menyenangkan, jalan-jalan menyenangkanPameran lukis, lomba foto, lomba bertema, dan lomba menggambar dan melukis,” ujarnya.

Ketua Panitia Travelmart Dewi Lystiawati mengaku pihaknya akan memulai kegiatan terlebih dahulu pada Kamis (17/11/2022) dengan mengundang puluhan dinas pariwisata di Pulau Jawa untuk mengunjungi rangkaian wisata khas Pulau Jawa yang dilakukan Kota Salatiga. Kunjungan wisatawan dikhususkan untuk destinasi yang berkaitan dengan wisata gastronomi.

Baca juga: Berwawasan Kota Gastronomi, Kota Salatiga Latih Pelaku Kuliner

“Wisata ini tidak hanya mengunjungi tempat-tempat kuliner, tetapi juga berkaitan dengan proses pembuatannya, seperti Tumpang Koyor, Kampung Susu, Pusat Cinderamata, Ronde Ny Ong, Keramik Naruna dan lain-lain. Program tersebut kemudian dipromosikan dan dijual untuk mewujudkan potensi wisata dari Salatiga,” katanya.

Sementara itu, Pj Pemimpin Cabang BNI Salatiga, Widiastuti Aribawanti mengumumkan akan menghadirkan UMKM binaan BNI dan launching buku gastronomi oleh Pj Walikota Salatiga, Sinoeng Rachmadi. Grup Band BNI Salatiga turut mendukung penampilan Sinoeng Rachmadi di acara tersebut Jamming bersama Mas Sinung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button