Pantai Manalusu Garut, keajaiban zamrud dari selatan - WisataHits
Jawa Barat

Pantai Manalusu Garut, keajaiban zamrud dari selatan

Pantai Manalusu Garut, keajaiban zamrud dari selatan

Pantai Manalusu merupakan objek wisata di Desa Cigadog, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Meski kawasan Garut Selatan memiliki beberapa pantai, namun masing-masing pantai memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan Pantai Manalusu adalah tebing karang hijau yang menghiasi bibir pantai. Karena warnanya yang hijau, banyak yang menyebut pantai ini sebagai “Zamrud” Garut Selatan.

Zamrud sendiri merupakan jenis batu mulia yang harganya lebih mahal dari berlian dan bisa membawa cinta dan harapan. Tak heran, siapapun yang berkunjung ke Pantai Manalusu akan merasa beruntung.

Baca juga: Pantai Santolo Garut, berpasir putih dengan ombak yang tinggi

Rute menuju Pantai Manalusu Garut

Untuk menuju lokasi, wisatawan dapat menempuh rute dari pusat kota dengan melewati Jalan Raya Garut – Cikajang – Ciparay. Kemudian masuk ke Jalan Raya Cihurip – Cisompet – Cilauteureun.

Jalan Cilauteureun merupakan penghubung jalur Trans Jawa Barat sehingga banyak bus yang melintas. Lokasi Pantai Manalusu tidak jauh dari jalur Trans Jawa Barat, sehingga tidak memakan waktu lama untuk sampai ke tempat tujuan.

Karang hijau seperti zamrud

Tiket masuk kawasan wisata dikenakan biaya Rp 10.000 untuk pengendara sepeda motor dan Rp 20.000 untuk yang datang dengan mobil.

Pantai Manalusu Garut sebenarnya cukup dekat dengan pemukiman penduduk, namun karena keterbatasan fasilitas, kawasan ini masih sepi dibandingkan Santolo dan Sayang Heulang.

Baca juga: Candi Cangkuang Garut, wisata alam peninggalan sejarah

Meski demikian, Pantai Manalusu tetap diminati wisatawan berkat tebing karang hijaunya yang indah.

Orang Eropa menggambarkan keindahannya sebagai zamrud, yang merupakan nama lain dari zamrud. Kondisi alam Pantai Manalusu di Garut masih sangat bagus karena tidak terlalu ramai, cocok untuk introvert yang sesekali butuh refreshing.

Bisa makan seafood murah

Di sekitar pantai terdapat kolam-kolam air laut setinggi pinggang untuk orang dewasa. Namun, sangat penting untuk berenang di kawasan ini karena dikhawatirkan akan mengganggu kehidupan laut. Beberapa hewan yang bisa kita jumpai adalah kepiting, bintang laut dan ikan.

Bagi wisatawan yang menyukai seafood, Pantai Manalusu Garut memiliki warung-warung kecil dengan menu seafood.

Tersedia ikan bakar, cumi dan aneka seafood lainnya dengan harga terjangkau. Menyantap seafood sambil melihat deburan ombak tentunya menjadi wisata hemat biaya yang cocok untuk Anda dan keluarga. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button