Pantai Logending Kebumen - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Logending Kebumen – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Kebumen Logending yang juga dikenal sebagai Pantai Ayah menawarkan berbagai pesona, hutan bakau dan tempat untuk menikmati matahari terbenam.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Argopeni, Kec. Ayah, Lingkungan. Kebumen, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Objek wisata Pantai Logending merupakan salah satu daya tarik Pantai Kabupaten Kebumen. Pantai ini sering dijadikan sebagai tujuan liburan keluarga atau pasangan di akhir pekan dan saat musim liburan tiba.

Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah dengan berbagai pesona dan daya tariknya. Pantai ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Wisatawan juga bisa menikmati liburan yang lebih nyaman dengan mengunjungi pantai yang indah ini.

Pantai yang juga dikenal dengan Pantai Ayah ini merupakan salah satu pantai di Kebumen yang selalu ramai dikunjungi pengunjung. Wisatawan yang datang ke Pantai Logending tidak hanya berasal dari Kebumen tetapi juga dari luar daerah.

Atraksi Pantai Logending

Objek Wisata Pantai LogendingKredit gambar: Google Maps Azzam Najib Habibie

Pantai Logending atau Pantai Ayah biasanya akan ramai di akhir pekan atau saat musim liburan. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pesona dan keindahan yang disuguhkan oleh berbagai atraksinya.

1. Pemandangan Samudera Hindia

Pantai Kebumen selalu menarik dengan pemandangan laut selatan yang unik. Salah satunya adalah Pantai Logending yang bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Kebumen bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan Samudera Hindia.

Hamparan laut lepas dengan ombaknya yang besar menjadi kesenangan utama pengunjung pantai ini. Panorama alam yang luar biasa indah ini sering digunakan wisatawan untuk menenangkan diri atau menghilangkan kebosanan.

2. Pantai panjang

Pantai Desa Ayah memiliki garis pantai yang cukup panjang. Pantainya landai dengan pasir hitam kecoklatan. Wisatawan bisa menikmati pemandangan laut dengan duduk santai di atas pasir pantai yang cukup bersih.

Meski tidak memiliki pasir putih, pantai ini selalu menarik dan tidak pernah sepi pengunjung. Pantai ini juga dikenal sebagai destinasi wisata keluarga yang ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau hari libur lainnya.

3. Dikelilingi oleh hutan

Salah satu daya tarik Pantai Logending adalah lokasinya yang bersebelahan dengan hutan jati. Memberikan suasana yang lebih sejuk dan cukup unik karena jarang ditemukan di pantai lain. Hutan milik Perhutani juga diserbu beberapa jenis tanaman lokal lainnya seperti mahoni Afrika yang cukup langka.

Pemandangan hijau di sekitar pantai ini tentunya menambah keindahan pemandangan yang bisa dinikmati wisatawan. Perbukitan hijau dan hutan serta laut biru adalah pesta yang menyegarkan untuk mata.

4. Muara Sungai Bodo

Selain keberadaan hutan, pantai ini juga terkenal memiliki aliran sungai yang mengalir ke kawasan ini. Masyarakat setempat menyebutnya Sungai Bodo. Aliran sungai tersebut merupakan batas antara Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap.

Sungai Bodo dikelilingi oleh banyak pepohonan yang rindang. Muara sungai di pantai ini membuat kawasan wisata Pantai Logending semakin menarik. Wisatawan dapat melihat pantai, sungai, dan hutan di satu tempat.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Logending

Alamat Rentang LogendingKredit Gambar: Google Maps Alen Hail

Tempat wisata ini terletak di desa Ayah atau sekitar 53 km dari kota Kebumen di Jawa Tengah. Lokasi mudah dijangkau dengan jalan yang bagus. Anda bisa menggunakan angkutan umum dari Terminal Kebumen menuju Pantai Logending.

Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, ambil jalan menuju Gua Jatijajar. Kemudian Anda bisa mengikuti petunjuk arah untuk menuju lokasi pantai tersebut. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 8 km dari Goa Jatijajar.

Pengunjung pantai ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Harga tiketnya yang cukup murah tentunya membuat tempat wisata ini ramai dikunjungi pengunjung. Banyak wisatawan yang sengaja membawa keluarganya agar bisa berlibur di tempat wisata murah ini. Namun jika ingin naik perahu, wisatawan harus membayar pajak lagi sebesar Rp 10.000 – atau sesuai perjanjian sewa perahu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Logending

Aktivitas menarik di Pantai LogendingKredit gambar: Google Maps Firmanita Ayu

1. Santai

Sebagian besar wisatawan yang datang ke objek wisata ini menghabiskan waktunya untuk bersantai. Menikmati liburan dengan duduk-duduk di tepi pantai bersama orang tersayang tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Tak jarang wisatawan Pantai Logending yang datang bersama anak-anak menikmati kunjungannya dengan bermain pasir di tepi pantai. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menggali pasir pantai yang hitam untuk bermain atau mencari binatang kecil seperti kepompong.

2. Berenang

Pantai pantai selatan terkenal dengan ombaknya yang besar. Tidak lengkap rasanya jika Anda mengunjungi pantai ini tanpa merasakan keseruan dengan deburan ombaknya. Tidak perlu terlalu dalam karena ombaknya cukup tinggi. Wisatawan bisa bermain dan berenang di pantai yang lebih aman.

Pengunjung Pantai Ayah diperbolehkan bermain di laut tetapi tetap berada di area aman yang telah ditentukan. Ombak di pantai ini terkadang bisa berbahaya dan lebih tinggi dari biasanya, sehingga wisatawan yang berenang di pantai harus mengikuti petunjuk atau peraturan dari pengelola pantai ini.

3. Menikmati matahari terbenam

Bagi pasangan muda yang berkunjung, sebaiknya luangkan waktu untuk menunggu matahari terbenam. Pesona keindahan sunset di tempat wisata ini sayang untuk dilewatkan.

Meski bukan spot favorit, pemandangan sunset di pantai ini tak kalah indahnya. Suasana semakin romantis dengan cahaya kuning keemasan di langit dan permukaan laut, wisatawan bisa menunggu matahari terbenam sambil menikmati es krim kelapa muda yang masih segar.

4. Perjalanan dengan kapal

Salah satu aktivitas favorit pengunjung Pantai Logending adalah naik perahu. Beberapa perahu tradisional bersandar di pantai untuk mengangkut penumpang yang ingin bergerak di tengah laut.

Perahu yang tersedia di tempat wisata ini cukup besar dan dapat menampung hingga 10 orang atau lebih. Jadi bagi anda yang liburan keluarga, anda bisa membawa rombongan anda naik perahu di tengah laut untuk pengalaman yang tak terlupakan.

5. Ambil gambar

Wisata Pantai Kabupaten Kebumen belum lengkap rasanya jika tidak berfoto-foto. Beberapa titik di Pantai Logending memberikan pemandangan indah yang bagus untuk latar foto.

Pilihan spot foto di pantai ini cukup banyak, mulai dari pantai, hutan, jembatan merah, sungai dan masih banyak lainnya. Jadi pastikan untuk membawa kamera atau peralatan fotografi Anda saat berlibur di pantai di Kebumen selatan ini.

6. Wisata Hutan

Salah satu kegiatan seru yang jarang dilakukan oleh wisatawan pantai adalah menjelajahi hutan. Namun, pantai ini berbeda, yang juga menawarkan wisata hutan. Namanya Hutan Logending yang berada di kawasan objek wisata yang juga dikenal dengan Pantai Ayah.

Pengunjung bisa masuk atau melihat hutan dari sisi selatan pantai ini. Banyak wisatawan mengunjungi Pantai Logending sambil menikmati hutan di pantai ini. Tidak jauh dari pantai juga terdapat hutan mangrove yang berfungsi untuk mencegah abrasi laut.

7. Menyusuri Sungai

Berperahu di tengah laut memang menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas seru lainnya seperti menyusuri sungai.

Wisatawan bisa memandangi pemandangan hijau sambil menikmati suasana hutan di dekat tempat wisata. Anda bisa berjalan-jalan santai di atas jembatan bambu menuju hutan mangrove Logending. Jika ingin lebih asyik, naik perahu bisa menjadi alternatif untuk menyusuri Sungai Bodo.

8. Makan

Liburan pantai ini akan lebih menyenangkan dengan berbaring di pinggir pantai dengan bantuan tikar. Anda dan rombongan bisa makan sambil menikmati pemandangan laut.

Makan bersama seperti ini adalah pemandangan yang biasa di Pantai Logending. Apalagi saat musim perayaan, seperti hari raya, banyak pengunjung yang menggelar tikar agar bisa makan bersama dan menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

Namun jangan khawatir jika tidak membawa bekal, Anda bisa membeli makanan dari warung-warung yang ada di sekitar pantai ini. Aneka makanan tradisional seperti bakso, batagor, soto, dll. dapat dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

9. Belanja oleh-oleh

Jika Anda sedang berlibur di Logending, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat pelelangan ikan. Wisatawan dapat melihat langsung ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Wisatawan juga bisa membeli ikan laut sebagai oleh-oleh.

Penginapan murah dekat pantai Logending

Penginapan murah dekat pantai LogendingKredit gambar: Google Maps Ira Oktafiani

1. Keluarga angkat Violet Jatijajar

Resepsionis 24 jam kami siap melayani Anda jika Anda ingin menginap di Ungu Homestay. Hostel di kawasan Ayah ini menawarkan fasilitas kamar dan juga wifi. Ada juga tempat parkir dan area bebas rokok.

2. Homestay Full House 4 kamar tidur A

Hostel yang terletak di desa Ayah ini menawarkan kamar yang nyaman dengan fasilitas standar. Fasilitas lain yang tersedia adalah tempat parkir untuk tamu yang menginap.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Logending Kebumen

Fasilitas Pantai Kebumen LogendingKredit gambar: Google Maps Anang rizcky

1. Parkir mobil luas

Tempat parkir di pantai ini cukup luas dan bisa menampung sepeda motor, mobil dan bus wisata. Namun, saat musim liburan panjang atau saat banyak pengunjung, tempat parkir di pantai ini akan penuh.

2. Katering

Tidak sulit untuk menemukan warung makan di Pantai Logending. Banyak warung sederhana yang berjejer menyediakan makanan dan berbagai minuman.

3. Tempat bermain anak

Salah satu sisi pantai dilengkapi dengan fasilitas permainan anak-anak. Selain di pantai, wisatawan juga bisa mengajak si kecil bermain di taman bermain anak yang disediakan.

4. Masjid

Pantai Logending merupakan salah satu objek wisata pantai yang sudah memiliki fasilitas lengkap. Anda bisa menemukan musholla di kawasan objek wisata ini.

5. Kamar mandi

Banyak kamar mandi atau ruang ganti tersedia. Meski kamar mandinya biasa saja, namun tempatnya cukup nyaman bagi Anda yang ingin berganti pakaian setelah bermain di laut.

6. Akomodasi

Fasilitas akomodasi di kawasan Ayah bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bermalam setelah berlibur di pantai ini. Fasilitas hotel atau homestay cukup nyaman untuk Anda beristirahat.

Berikut beberapa informasi menarik tentang objek wisata Pantai Logending di desa Ayah, Kebumen. Setelah menikmati pantai, Anda bisa berhenti di tempat wisata terdekat lainnya seperti Gua Jatijajar yang terkenal.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button