Pantai Ide, tempat terbaik untuk menikmati masakan sunrise di Luwu Timur - WisataHits
wisatahits

Pantai Ide, tempat terbaik untuk menikmati masakan sunrise di Luwu Timur

Pantai Ide, tempat terbaik untuk menikmati masakan sunrise di Luwu Timur

Pantai Ide merupakan salah satu pantai unik yang terletak di kota Sorowako. Banyak hal keren yang bisa dilakukan dengan fasilitas lengkap yang tersedia.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Magani, Kec. Nuha, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan tidak hanya memiliki wisata alam pegunungan. Sejumlah wisata pantai juga didorong ke sana oleh wisatawan dan warga sekitar, termasuk Pantai Ide dengan keunikan tersendiri.

Mengapa disebut “ide”? ternyata ada sedikit sejarah bahwa wisata pantai ini dijadikan sebagai tempat wisata menyegarkan bagi masyarakat setempat dan karyawan PT INCO. Terutama mencari ide-ide baru, kapan tenggat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pantai ini memiliki banyak keistimewaan yang masih termasuk dalam zona PT INCO sehingga membedakannya dengan pantai-pantai lain di Sorowako dan sekitarnya. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Daya tarik Pantai Ide

Objek Wisata Pantai IdeKredit gambar: Google Maps Ardlian Z

Bagi yang belum pernah berwisata ke Pantai Ide, tentu penasaran Bagaimanapun daya tarik pantai atau sering juga disebut Telaga Ide ini? Sehingga wisatawan ingin datang dan melihat sendiri keindahannya.

1. Airnya jernih dan segar

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang airnya kotor karena sampah dan polusi, kondisi air di tempat wisata ini masih sangat jernih. Anda bahkan bisa melihat berbagai flora dan fauna dengan mata telanjang dari pantai.

Mengingat Sorowako terletak di dataran tinggi, pantai ini juga memiliki iklim yang sejuk, meski seharian berada di sana, angin sejuk akan menjadi teman setia Anda.

2. Buah Dengen yang banyak

Bagi yang penasaran dengan buah dengen, salah satu buah khas yang hanya ada di Luwu Timur ini bisa datang ke pantai ini. Deretan pohon dengen menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, bahkan jika beruntung bisa memetik buah matang yang kulitnya terbuka secara alami.

Rasa buah ini sangat asam meski sekilas terlihat seperti jeruk. Sebagian besar dimanfaatkan dengan mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan atau digunakan sebagai bahan penghasil energi listrik alami.

3. Matahari terbit dan terbenam yang indah

Jika Anda datang di pagi hari sebelum matahari terbit, akan sangat sempurna untuk dilihat Matahari terbit dengan bentuk yang bagus. Bentang alamnya sangat menggugah dan begitu banyak energi positif penyemangat untuk beberapa orang.

Juga untuk melihat matahari terbenam di sore hari, jika Anda berada di Pantai Ide melihat yang juga terlihat sangat indah dan sayang sekali jika tidak terekam jepretan kamera.

4. Danau Matano dan pegunungan Verbeek

Pantai cantik ini terhubung langsung dengan Danau Matano yang juga sangat terkenal di Sorowako, pemandangan unik yang hanya bisa Anda dapatkan saat berada di sana.

Selain itu, dari pantai ini Anda juga bisa melihat Pegunungan Verbeek yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan. Deretan pegunungan yang indah menjadi pemandangan yang dapat merelaksasikan pikiran, mengurangi penat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat rentang ideKredit gambar: Google Maps Rahmad Pa’Rah Hidayat

Pantai Ide terletak di Dusun Magani, Luha, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Jika dimulai dari pusat kota Sorowako, jaraknya sekitar 9 km yang dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan sepeda motor atau kendaraan roda empat seperti mobil atau bus umum.

Rute terbaik menuju lokasi dari pusat kota Sorowako bisa melalui Jalan Raya Malili – Sorowako, menuju Jalan Brojonegoro dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Setelah itu Anda bisa langsung menemukan Pantai Ide dengan mudah.

Sedangkan dari Bandara Sorowako jaraknya hanya sekitar 3,2 km yang bisa ditempuh hanya dalam waktu enam menit. Anda bisa mengambil Jalan Sumantri Brojonegoro ke Jalan Jawa dan kemudian sampai ke objek wisata tanpa harus terjebak macet.

Harga tiket masuk wisata pantai

Berbeda juga dengan banyak objek wisata lainnya, untuk bisa menikmati keindahan pantai maupun danau tidak perlu tiket masuk alias gratis. Anda bisa datang di pagi hari atau bahkan sepanjang hari dan Anda tidak akan dikenakan biaya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah mengikuti aturan dari wisata indah ini, salah satunya adalah menjaga kebersihan dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan. Sehingga keadaan pantai tetap terjaga.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Ide

Aktivitas menarik di Pantai IdeKredit gambar: Google Maps Hamris Darwis

Selain menikmati pemandangan alam di sekitar Pantai Ide, banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu di tempat wisata tersebut. Diantaranya adalah:

1. Berenang

Pantai air tawar ini menawarkan hamparan air yang bersih dan jernih, yang bisa dijadikan tempat berenang bagi anak-anak dan keluarga. Tersedia area berenang seperti lompat dari jembatan yang tersedia untuk sensasi renang yang lebih memacu adrenalin.

2. Bola Air

Ada juga wahana bola air yang disediakan pengelola panggung, cocok untuk anak-anak mencoba mendekat ke air. Namun tentunya Anda harus didampingi oleh orang tua Anda agar tetap aman.

3. Wahana banana boat

Ada juga wahana perahu pisang yang bisa digunakan untuk explore Pantai Ide, harganya tidak mahal hanya puluhan ribu untuk satu orang dan tentunya sudah lengkap dengan alatnya keamanan sepanjang kegiatan.

4. Berkano

Jika ingin mencoba berperahu di tengah pantai, Anda tinggal menyewa kano yang tersedia di dermaga pantai. Bagi yang tahu cara mendayung, tidak perlu didampingi petugas boating. Tapi, jika tidak bisa, sebaiknya minta petugas untuk menemani.

5. Perahu bebek

Aktivitas romantis bersama pasangan juga bisa dilakukan di sini, salah satunya mengayuh bebek kapasitas dua orang. Dengan menggunakan perahu ini, waktu berkualitas bersama orang-orang tersayang bisa dimaksimalkan saat menjelajahi pesisir tengah.

6. Berfoto di spot yang instagramable

Bagi yang suka berfoto selfie dan mengunggahnya ke media sosial atau memiliki hobi fotografi, bisa mengambil foto dalam berbagai kegiatan tempat pantai yang menawan ini unik. Anda tidak perlu banyak perubahan Dimana untuk menggunakan tersaring berlebihan karena latar belakang tentu saja pantai ini sudah sangat menarik.

7. Memancing

Ada juga tempat khusus bagi pengunjung yang ingin melakukan hobi mancing, berbagai jenis ikan bisa didapatkan asal sabar dan memberikan umpan yang tepat.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Ide Fasilitas PantaiKredit gambar: Google Maps Hanung Nugroho (Hanung)

Untuk memudahkan berwisata di Pantai Ide, disediakan berbagai fasilitas pendukung agar pengunjung bisa lebih puas menghabiskan waktu di sana. Ingin tahu apa saja fasilitasnya?

1. Restorasi

Tak perlu khawatir jika perut terasa lapar saat Anda sudah berada di dalam tempat tur terbaik yang telah ada dalam beberapa tahun terakhir. Ada sejumlah restoran dengan berbagai pilihan menu.

Kebanyakan menawarkan minuman dan berbagai jenis makanan ringan untuk teman bersantai di pantai. Mulai dari gorengan khas Sorowako, sosis aneka rasa, hingga minuman yang sedang viral saat ini.

2. Masjid

Bagi pengunjung yang ingin salat, disediakan mushola di salah satu area dengan ruang wudhu untuk pria dan wanita.

3. Toilet

Untuk membersihkan badan setelah berenang dan mencoba wahana yang tersedia, tersedia toilet untuk membersihkan badan. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau dengan berjalan kaki.

4. Penyewaan Peralatan

Ingin berenang tapi tidak punya jaket pelampung? Ada agen yang menyediakan persewaan alat renang dengan harga terjangkau.

Sudah tahu berbagai hal menarik tentang pantai Ide? Sepertinya sudah waktunya untuk mengambil cuti liburan tahun ini untuk berkunjung ke sana. Anda bisa mengajak keluarga dan orang tersayang untuk melihat secara langsung keindahan pantai sekaligus danau yang indah ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button