Lokasi, rute, dan info aktivitas - WisataHits
Jawa Tengah

Lokasi, rute, dan info aktivitas

Jika Anda tertarik mengunjungi wisata sejarah di Karanganya, tidak ada salahnya untuk mampir ke De Tjolomadoe. Wisata ini dulunya adalah pabrik gula yang berdiri 158 tahun yang lalu.

Meski sudah lama berdiri, bekas pabrik gula tua ini kini terlihat lebih modern dan menjadi salah satu tempat wisata di Karanganyar yang paling populer lho. Jika anda tertarik untuk berkunjung, berikut Informasi Wisata De Tjolomadoe Karanganyar yang harus anda ketahui.

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

De Tjolomadoe Karanganyar: informasi lokasi, rute dan kegiatanDe Tjolomadoe (instagram.com/galadriel_man)

Lokasi: Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah

Waktu aktif: setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB

Harga: Rp25-35 ribu

2. Mundur Seru di De Tjolomadoe

De Tjolomadoe Karanganyar: informasi lokasi, rute dan kegiatanDe Tjolomadoe (instagram.com/galadriel_man)

Ketika Anda mendengar kata pabrik, Anda mungkin memikirkan tempat yang sangat sibuk yang penuh dengan peralatan besar dengan kebisingan. Namun berbeda dengan De Tjolomadoe yang memiliki tampilan sangat modern dan menjadi tujuan wisata.

Berlokasi di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, pabrik ini dibangun oleh Mangkunegara IV sejak tahun 1861. Saat itu, De Tjolomadoe menjadi pabrik terbesar di Asia.

Pada tahun 1928 situs ini diperluas untuk mencakup area tebu dan secara arsitektur didesain ulang. Antara tahun 1925 dan 1930 disebut Pabrik Gula Colomadun.

Selama tahun-tahun itu, tempat ini menunjukkan prestasinya, yang berhasil menjadi pengekspor gula terbesar kedua di dunia. Sayangnya, PG Colomadu menghentikan produksinya pada tahun 1998.

3. Jalan Menuju De Tjolomadoe

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

De Tjolomadoe Karanganyar: informasi lokasi, rute dan kegiatanDe Tjolomadoe (instagram.com/galadriel_man)

Lokasi tempat wisata ini cukup strategis dan mudah ditemukan. Hanya sekitar lima menit dari Bandara Internasional Adi Sumarmo.

Dari Alun-Alun Surakarta Kidul jaraknya sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Ada banyak rambu-rambu untuk memudahkan wisatawan menemukan jalannya.

Baca Juga: 9 Potret Bukit Mongkrang di Karanganyar, Pemandangan Alamnya Mempesona!

4. Lakukan aktivitas yang menyenangkan

De Tjolomadoe Karanganyar: informasi lokasi, rute dan kegiatanDe Tjolomadoe (instagram.com/titantok)

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Pertama, kagumi bentuk megah bangunan era kolonial, lengkap dengan cerobong asap yang menjulang tinggi. Kemudian wisatawan dapat mengunjungi mereka iklan dan pelajari lebih lanjut tentang pabrik ini.

Tempat ini terbagi menjadi beberapa ruangan yang disesuaikan dengan proses pengolahan tebu. Wisatawan juga dapat melihat penanda di langit-langit yang bertuliskan Milling Station, Evaporation, Carbonation, dan Swallowing. Mesin bekas pakai masih diplester dan terlihat baru karena sudah dicat ulang.

Selain itu, situs ini juga menghadirkan lembaga pendidikan bagi pengunjung. Ada museum yang menampilkan berbagai kegiatan mulai dari pembuatan tebu hingga hama tebu. Semuanya tertata rapi, lengkap dengan foto dan barang-barang terkait.

5. Fasilitas De Tjolomadoe

De Tjolomadoe Karanganyar: informasi lokasi, rute dan kegiatanDe Tjolomadoe (instagram.com/vivovanders)

Pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas umum untuk membantu kenyamanan wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain kamar mandi, parkir dan mushola.

Ada juga ruang konser yang dapat menampung hingga 3.000 orang. Baru kemudian ada ruang konferensi dan pameran berkapasitas 1.000 orang.

De Tjolomadoe bisa menjadi tempat wisata penting saat Anda berkunjung ke Karanganyar. Tempatnya luas dan menarik untuk dikunjungi. Jika sedang berada di Karanganyar, jangan lupa untuk mampir ke wisata ini ya!

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Dekat Stasiun Solo Balapan, Ayo!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button