Pantai di Bantul ini menyajikan masakan seafood yang enak - WisataHits
Yogyakarta

Pantai di Bantul ini menyajikan masakan seafood yang enak

Bantul, IDN Times – Pantai di Kabupaten Bantul merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan khususnya pantai Parangtritis. Namun, beberapa pantai di Bumi Projotamansari tidak hanya memamerkan keindahan pantainya, tetapi juga kulinernya yang lezat Makanan laut.

Lantas, pantai mana saja yang harus dikunjungi wisatawan yang ingin menyantap masakan seafood sambil menikmati keindahan pantai di Bantul?

1. Pantai Depok paling banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati masakan seafood

Pantai di Bantul ini menyajikan masakan seafood yang enakStand seafood di Pantai Depok. (IDN Times/Daruwaskita)

Markus Purnomo Adi, Kepala Dinas Promosi Pariwisata dan Destinasi Dinas Pariwisata Bantul, mengatakan setidaknya ada empat pantai yang menyajikan menu. makanan laut yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

“Ada empat pantai dengan pemandangan pantai yang indah tapi juga sebagai tempat bersantai sambil menikmati menu kuliner seafood,” ujarnya, Minggu (30/10/2022).

Yang pertama, kata pria yang akrab disapa Ipung ini adalah Pantai Depok yang masih tak jauh dari Pantai Parangtritis. Di Pantai Depok terdapat puluhan restoran atau warung ikan dengan harga yang relatif terjangkau di kantong Anda.

“Wisatawan bisa memilih warung ikan yang langsung menghadap ke laut. Makan seafood sambil menikmati keindahan laut tentu sangat menyenangkan,” ujarnya.

Ipung mengaku Pantai Depok merupakan pantai yang banyak dikunjungi wisatawan, terutama yang ingin makan Makanan laut. Bahkan, kandangnya makanan laut di Pantai Depok sudah memiliki pelanggan tetap yang perlu dikunjungi pelanggan tetap setiap bulannya.

“Sabtu dan Minggu adalah hari tersibuk bagi wisatawan, bersama dengan hari libur nasional, liburan sekolah, liburan Idul Fitri dan liburan panjang akhir tahun,” katanya.

2. Pantai Gua Cemara menyajikan menu seafood dan memiliki penangkaran penyu

Pantai di Bantul ini menyajikan masakan seafood yang enakProperti Wisata Pantai Goa Cemara Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Pantai lain yang juga memiliki warung seafood adalah Pantai Goa Cemara di Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul. Pantai yang juga memiliki penangkaran penyu ini juga memiliki puluhan warung makan yang menawarkan menu seafood.

Namun sayangnya, wisatawan yang menyantap seafood tidak bisa melihat langsung keindahan lautnya. Karena jarak antara stand ikan dengan pantai terdekat sekitar 200 meter.

“Untuk harga menu kuliner seafood juga tidak jauh berbeda dengan penawaran kuliner seafood di Pantai Depok,” ujarnya.

Baca Juga: Kitesurfing Bakal Jadi Wahana Wisata Baru di Pantai Depok

3. Pantai Kuwaru booming 10 tahun lalu, alternatif lain untuk wisatawan makan seafood

Pantai di Bantul ini menyajikan masakan seafood yang enakPantai Kuwaru (Instagram.com/nurinswasti)

Pantai lain di Bantul yang juga memiliki warung seafood adalah Pantai Kuwaru yang terletak di Kapanewon Srandakan. pantai sama sekali ledakan Satu dekade lalu juga ada warung seafood di sana, meski tidak sebanyak di Pantai Depok atau Pantai Gua Cemara.

“Begitu menginjakkan kaki di Pantai Kuwaru, wisatawan bisa memilih warung seafood sesuai selera masing-masing,” ujarnya.

4. Pantai baru dengan menu kuliner seafood yang terus berkembang

Pantai di Bantul ini menyajikan masakan seafood yang enakPantai Bantul Baru (dok. pribadi/Dita Restuti)

Yang terakhir bagi wisatawan yang akan menyantap seafood adalah Pantai Baru yang hanya berjarak sekitar 300 meter di sebelah barat Pantai Kuwaru.

Menurutnya, Pantai Baru merupakan pantai yang kini berkembang cukup pesat. Bahkan puluhan nelayan di laut dapat menyediakan ikan laut untuk dikonsumsi oleh nelayan dalam kondisi sangat segar.

“Wisatawan bisa membeli langsung di Lapangan Pelelangan Ikan (TPI) atau di Pasar Ikan yang terletak di sebelah selatan TPI,” ujarnya.

Diakui Ipung, tidak semua ikan yang diolah menjadi masakan ikan dipasok oleh nelayan di Bantul. Namun lebih banyak yang didatangkan dari luar daerah mengingat jenis ikan yang diburu wisatawan tidak semuanya bisa dipasok oleh nelayan di Bantul.

“Cumi, bonito, udang dan kepiting sebagian besar dipasok oleh pedagang dari luar daerah,” katanya.

Nah, pantai-pantai di Bantul yang sayang untuk dilewatkan jika Anda hobi berburu kuliner makanan laut. Mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali?

Baca Juga: Pantai Bantul Baru: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button