Pantai Mbirit, sebuah pantai cantik yang diapit tebing eksotis di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Mbirit, sebuah pantai cantik yang diapit tebing eksotis di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Krembil Sawit, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Ada banyak keindahan di penjuru nusantara, Pantai Mbirit salah satunya. Merupakan objek wisata bahari yang terletak di Jogja, tepatnya di Gunung Kidul. Pesonanya sangat indah, meski saat ini masih sepi pengunjung. Wisatawan yang datang ke sini masih jarang karena berbagai alasan.

Akses jalan yang buruk menjadi salah satu penyebabnya. Pengunjung harus menempuh jarak yang cukup jauh dari tempat parkir menuju lokasi. Jalannya juga tidak terlalu bagus, sebagian besar masih tanah dan kerikil. Namun semua itu tidak bisa menutupi kemegahan panorama alam yang tersembunyi di baliknya.

Jogja merupakan daerah yang memiliki banyak pantai, selain Bali tentunya. Gunung Kidul dan Bantul merupakan kabupaten yang banyak menyumbang pantai dengan pemandangan yang indah dan indah. Meski jumlahnya banyak, namun semuanya memiliki ciri khas yang membuat mereka berbeda. Ciri-ciri tersebut biasanya sekaligus menjadi daya tarik.

Daya tarik itu milik pantai Mbirit

Objek Wisata Pantai Mbirit Gunung KidulKredit Gambar: Google Maps Rumah Tin Homestay

Namanya memang asing dan tidak terdengar asing, namun Pantai Mbirit tidak boleh dianggap remeh. Hal ini terlihat dari pengunjung yang kembali karena merindukan suasana tempat tersebut. Selain itu, pasti ada alasan lain karena daya tarik yang dimiliki.

1. Diapit oleh tebing karang yang eksotik

Daya tarik pertama yang patut dibanggakan dari pantai jogja ini adalah adanya tebing karang. Tebing ini mengapit posisi pantai tepat di tengah dan menghadap ke lautan. Cukup tinggi tentunya, juga dipenuhi dengan berbagai jenis pohon yang tumbuh subur. Untuk mencapai puncak bukit, pengunjung harus terlebih dahulu mendaki jalan setapak.

Di atas bukit tampak lautan luas yang tak kalah indahnya. Ombak yang mengejar pantai terlihat seperti buih putih yang mengalir. Banyak wisatawan yang menuju ke puncak bukit untuk melihat pesonanya. Banyak juga yang mencoba mengabadikan momen dengan foto atau video.

2. Pantai Mbirit yang Damai

Ketenangan Pantai Mbirit bukan satu-satunya titik lemahnya. Beberapa pengunjung justru memanfaatkannya karena kondusif untuk penyembuhan. Seperti yang kita tahu, alam selalu bisa kita andalkan untuk mengobati rasa lelah akibat aktivitas sehari-hari yang terkadang membosankan.

Selain itu, lokasi obyek wisata pantai di Gunung Kidul ini tidak terlalu luas. Berbeda dengan pantai terkenal lainnya yang garis pantainya membentang ratusan meter. Tempat wisata ini hanya memiliki luas sekitar beberapa puluh meter dari satu tebing ke tebing lainnya. Angin yang datang berangin membuat suasana semakin tenang.

3. Air laut yang jernih dan biru

Daya tarik lain Pantai Mbirit Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Wiratri Rahmawerdani

Birunya air laut yang indah juga menjadi daya tarik lain dari Pantai Mbirit. Garis pandang di depannya penuh dengan warna biru cerah. Pantulan langit biru ditemani awan putih semakin memperindah pemandangan. Sementara gulungan ombak pun menghiasi seolah menjadi buih di tengah lautan luas.

Deru terdengar nyaring saat ombak datang menerjang tebing berbatu. Ini menandakan angin kencang dan membawa gelombang tinggi. Sebenarnya tidak terlalu mengherankan, karena pantai cantik ini merupakan salah satu deretan Pantai Selatan yang terkenal dengan ombaknya yang tinggi.

4. Tempat hunting foto

Wisatawan yang datang ke Pantai Mbirit tidak hanya ingin menikmati pesona alamnya yang indah. Mereka juga tidak hanya ditujukan untuk menyegarkan semangat akibat penat dari aktivitas sehari-hari. Apalagi, tujuan lain mereka datang adalah untuk mengabadikan momen indah selama liburan. Memang tidak tersedia spot foto dan pengelola sengaja membuatnya.

Namun dilihat dari panorama secara keseluruhan, hampir semua titik lokasi tersebut cocok dijadikan spot foto. Misalnya di atas bukit dengan latar belakang biru laut terbuka. Bisa juga di tepi laut dengan latar perbukitan yang hijau dan eksotik. Bagi kaum milenial, berburu spot foto di sini adalah suatu keharusan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Mbirit Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Willy Heramus

Gunung Kidul merupakan salah satu daerah di Jogja yang memiliki banyak bukit. Untuk mencapai pantai Mbirit harus melalui jalan yang berkelok-kelok, tidak ada akses jalan yang mudah dan lurus. Meski begitu, keindahannya tetap mampu memukau para wisatawan yang datang betah berlama-lama di tempat itu.

Alamat tempat wisata ini berada di Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Jika dimulai dari pusat Gunung Kidul, maka jarak yang ditempuh sekitar 35 kilometer. Jarak ini memakan waktu lebih dari 1 jam dengan kecepatan rata-rata kendaraan bermotor.

Memang banyak jalan yang bisa ditempuh, namun yang tercepat adalah melalui Jalan Raya Panggang Wonosari. Jalan selanjutnya menuju Jalan Krambilsawit dan Jalan Pantai Ngedan. Perjalanan masih sekitar 5 kilometer, tetap ambil jalan utama karena sudah tersedia rambu-rambu sebagai petunjuk lokasi.

Harga tiket masuk pantai Mbirit

Tiket Pantai Mbirit Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Willy Heramus

Selama ini Pantai Mbirit belum resmi menjadi objek wisata yang dikelola oleh instansi atau pemerintah, sehingga tiket masuknya sebenarnya gratis. Namun perlu diingat bahwa objek wisata ini masih berada di kawasan yang sama dengan Pantai Butuh. Artinya, Anda harus masuk ke dalam pantai agar bisa sampai ke tempat wisata yang dituju.

Harga tiket masuk ke Need Beach adalah 10.000 rupee yang otomatis menjadi harga tiket masuk ketika Anda mengunjungi pantai yang dikelilingi perbukitan ini. Biaya tambahan hanya untuk parkir kendaraan, Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam penuh, silahkan datang kapan saja.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Mbirit

Aktivitas di Pantai Mbirit Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Willy Heramus

Setelah mengetahui daya tarik Pantai Mbirit dan juga beberapa informasi mengenai lokasinya, saatnya kita membahas aktivitas yang bisa dilakukan disana. Beberapa aktivitasnya tentu saja mirip dengan mengunjungi pantai lain.

1. Menikmati pesona pantai

Karena keindahannya tidak bisa ditemukan di tempat lain, hal pertama yang dilakukan di sini adalah menikmati pesonanya. Secara keseluruhan pantai ini sangat menawan dan memiliki perpaduan yang sempurna. Sebut saja birunya air laut, putihnya buih ombak, hijaunya pepohonan dan bukit-bukit yang eksotik.

2. Mainkan air

Saat berkunjung ke Pantai Mbirit, banyak wisatawan yang ingin bermain air dan merasakan sensasi mandi di laut, ingat yang cocok disini adalah mandi di pantai, bukan berenang. Pasalnya, seringkali gelombang yang masuk cukup tinggi sehingga membahayakan keselamatan.

3. Memancing

Pantai Jogja yang indah ini tidak hanya memiliki bukit karang yang menjulang tinggi. Sepanjang pantai yang tidak terlalu luas ini juga dipenuhi bebatuan karang kecil. Di sinilah biasanya wisatawan menyalurkan hobi memancingnya saat berlibur. Tidak ada tempat persewaan joran di pantai Mbirit, jadi bawalah sendiri dari rumah.

4. Kamp

Kegiatan terakhir yang layak dilakukan di sini adalah berkemah. Pengunjung yang datang dan punya banyak waktu kebanyakan ingin menginap. Tempat yang dipilih bisa di atas bukit atau di dekat pantai. Tentu sangat berbeda jika Anda berkemah di pegunungan. Sensasi bermalam di pantai ini sangat unik, suara ombaknya cukup jernih.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Mbirit Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Arif Budhiarto

Dari segi fasilitas, pantai Mbirit tidak bisa dikatakan lengkap. Kami bahkan dapat mengatakan bahwa tidak ada fasilitas yang akan Anda temukan di sini. Tapi jangan khawatir, fasilitas yang kamu butuhkan ada di Need Beach. Fasilitas yang dimaksud antara lain kamar kecil, mushola, tempat parkir dan warung-warung kecil untuk mengisi perut lapar.

Traveling bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder atau tambahan bagi sebagian orang. Ada juga yang menjadikan pariwisata sebagai kebutuhan wajib untuk kepentingan tertentu. Dilihat dari ulasan di atas, Pantai Mbirit sepertinya cocok sebagai tempat liburan untuk segala keperluan, seperti melepas penat, melakukan hobi, atau berpetualang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button