Pantai Florida Anyer, pantai yang indah dengan panorama sunset yang mempesona - WisataHits
wisatahits

Pantai Florida Anyer, pantai yang indah dengan panorama sunset yang mempesona

Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Raya Anyer Sirih, Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten; Kasus: Verifikasi lokasi

Wilayah Banten memang dikenal sebagai daerah yang memiliki wisata alam berupa pantai. Pantai kawasan Banten tidak hanya satu, melainkan banyak. Tidak jarang masyarakat ibu kota datang ke pantai untuk melepas penat dan beban semangat yang dirasakan akibat aktivitas atau pekerjaan sehari-hari.

Pantai Florida merupakan salah satu wisata pantai di daerah Banten yang memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan wisata pantai lainnya. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan dari ibu kota maupun masyarakat dari luar daerah. Tak kalah indahnya dengan pantai lainnya, sehingga pantai indah ini selalu ramai pengunjung.

Tak bisa dipungkiri suasananya sangat tenang dan damai. Padahal, masyarakat yang tinggal di sekitar tempat itu terkenal dengan keramahannya. Tak heran jika wisata pantai menjadi destinasi favorit para wisatawan. Fasilitasnya cukup lengkap, aksesnya mudah, lokasinya strategis, penduduknya ramah dan panoramanya luar biasa.

Daya Tarik Pantai Florida

Gaya pantai FloridaKredit gambar: Google Maps saefullah _14

Beberapa kawasan wisata pantai di kawasan Banten memiliki daya tarik tersendiri. Wisatawan yang gemar menjelajah pantai tentu mengetahui atraksi apa saja yang disuguhkan oleh masing-masing pantai. Pantai bernuansa romantis ini memiliki beberapa daya tarik yang bisa memikat hati para wisatawan, antara lain.

1. Memiliki nama yang mirip dengan ibu kota Miami, USA

Salah satu pantai di kawasan Banten ini terlihat menarik karena diberi nama Pantai Florida. Florida sendiri adalah ibu kota Miami, salah satu pulau di Amerika Serikat. Beberapa wisatawan yang mendengar nama pantai ini namun belum pernah mengunjunginya secara langsung pasti penasaran.

Memang benar nama ‘Florida’ yang disematkan di pantai ini bukan sembarang nama. Dinamakan ‘Florida’ karena panorama yang disajikan di sana menyerupai pantai-pantai Amerika. Pasir pantainya putih dan bersih. Padahal, saat musim panas, air di pantai ini terlihat begitu jernih dan bersih.

2. Memiliki beberapa wahana air

Daya tarik berikutnya adalah fasilitas yang disediakan pihak pengelola pantai. Saat mengunjungi pantai-pantai yang mirip dengan pantai-pantai di kawasan Florida Amerika Serikat, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas seru dan menarik. Selain berenang, wisatawan juga difasilitasi dengan beberapa wahana air.

Atraksi air yang dimaksud adalah banana boat, surfing, dan snorkeling. Luas Pantai Florida sangat luas sehingga wisatawan dapat berkeliling dengan bebas menggunakan fasilitas beberapa wahana air yang disediakan oleh pihak pengelola pantai. Karena anak harus selalu dalam pengawasan orang tua.

3. Hadirkan pemandangan sunset yang berbeda dari pantai lainnya

Pantai Florida terkenal dengan matahari terbenamnya yang indah. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai cantik ini pada sore hari. Suasana romantis akan menyambut semua wisatawan yang berkunjung di sore hari. Yang menarik adalah lokasi matahari terbenam di tepi pantai.

Deretan pantai di kawasan Banten mayoritas menyuguhkan pemandangan sunset atau pemandangan matahari terbenam dengan posisi matahari di sebelah kiri. Berbeda dengan pantai romantis ini yang menyuguhkan pemandangan sunset unik dengan posisi matahari tepat berada di tengah pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai FloridaKredit gambar: Google Maps Lucas Steffen

Pantai terindah di wilayah Banten ini terletak di kota Serang, tepatnya di kecamatan Sindanglaya. Terletak di desa Ciparay, tepat di tengah antara pantai Pasir Putih Sirih dan pantai Karang Bolong. Pantai indah ini sangat dekat dengan hotel Acacia Anyer sehingga wisatawan bisa menggunakan hotel ini sebagai referensi untuk menuju ke sana.

Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jaraknya hanya sekitar 130 kilometer dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 2,5 hingga 3 jam. Sedangkan jarak tempuh dari pusat kota Serang, Banten sekitar 47 km dengan waktu tempuh hampir 2 jam.

Wisatawan yang berangkat dari Jakarta ke Pantai Florida bisa menempuh dua rute. Rute pertama adalah dari Jakarta ke Serang melalui jalan tol Jakarta-Merak. Kemudian ambil jalan yang mengarah ke kota Palima. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Batukuwung. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Batukuwung.

Sedangkan jalur kedua yang bisa ditempuh dari Jakarta adalah melalui tol Jakarta-Merak menuju kota Serang. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju kota Pandeglang hingga sampai di Labuan. Ikuti rambu-rambu karena lokasi pantai tidak jauh dari Labuan.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai FloridaKredit gambar: Google Maps Anissa Abdurahman

Harga tiket terjangkau sehingga tidak menjadi beban bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai. Setiap pengunjung pantai akan dimintai tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Selain itu, jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 30.000 untuk mobil.

Namun jika wisatawan datang berombongan dengan menggunakan bus maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 500.000 hingga Rp 1 juta yang sudah termasuk tiket masuk pantai. Jika wisatawan ingin menikmati suasana di pinggir Pantai Florida ini, mereka bisa menyewa tikar dengan membayar biaya sewa sekitar Rp25.000.

Hal yang dapat dilakukan di pantai Florida

Aktivitas Pantai FloridaKredit gambar: Facebook BPBD Kabupaten Serang

1. Duduk santai dan nikmati suasana di pantai

Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai indah ini hanya untuk melepas penat. Di sekitar pantai terdapat beberapa tempat persewaan tikar dengan biaya sewa sekitar Rp 25.000. Wisatawan yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi dan mendengarkan suara ombak di pantai bisa menyewa matras di sini.

2. Mainkan banana boat

Sementara itu, wisatawan yang ingin beraktivitas di sana dengan bermain berbagai wahana air juga akan terfasilitasi dengan baik. Keseruan akan didapat dengan bermain banana boat. Balon berbentuk pisang ini bisa dinaiki oleh 4-5 orang dan ditarik menggunakan speed boat untuk menguji adrenalin.

3. Mainkan selancar

Selain banana boat, wisatawan juga bisa menggunakan wahana air seperti selancar. Di area pantai, persewaan papan selancar. Ombak di Pantai Florida memang tidak sebesar itu, namun para peselancar cukup senang berselancar di sana. Pantai ini terbilang aman bagi para pemula yang ingin belajar selancar.

4. Berenang

Pengelola pantai menyediakan perlengkapan renang yang bisa disewa wisatawan untuk berenang. Air lautnya cukup tenang, sehingga tergolong aman untuk berenang. Menariknya, wisatawan juga bisa menyelam ke dasar laut menggunakan alat selam agar aman.

5. Main sepeda gunung

Aktivitas yang harus dilakukan Pantai FloridaKredit gambar: Google Maps Nyai Nurjanah

Jika wisatawan tidak ingin bermain air, fasilitas penyewaan sepeda gunung bisa digunakan di pinggir pantai. ATV bisa dikendarai di sepanjang tepi pantai, tentunya kegiatan ini tidak kalah serunya dengan bermain wahana air, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mencoba ATV ini.

6. Berolahraga dan bermain di pantai

Wisatawan juga dapat melakukan kegiatan olahraga seperti voli pantai, sepak bola, dan bermain membangun istana menggunakan pasir dari pantai. Pantainya terdiri dari hamparan yang luas sehingga banyak digunakan wisatawan untuk berolahraga atau bermain pasir di tepi pantai Florida Beach.

7. Berburu Foto

Karena pantainya yang indah, banyak wisatawan yang menyukai fotografi mengunjungi pantai ini untuk hunting foto. Di setiap sudut pantai menyajikan panorama yang estetik. Bahkan, tidak sedikit pasangan yang melakukan pemotretan prewedding di sana. Lautan biru berpadu dengan pasir putih menjadi backdrop foto yang indah.

8. Menikmati keindahan sunset

Rona langit senja yang kuning dan jingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menikmati sunset. Pemandangan sunset di sini cukup unik karena posisi matahari berada di tengah pantai. Sedangkan sunset di pantai lain biasanya sesuai dengan posisi matahari di sisi kiri pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pesisir FloridaKredit gambar: Google Maps Idham Dahlan

Kawasan Pantai Florida tidak hanya dikenal dengan pemandangan pantainya yang menyerupai pantai-pantai di Florida, Amerika Serikat. Namun fasilitas yang ada di pantai ini juga cukup lengkap membuat wisatawan merasa terfasilitasi dengan baik.

Wisatawan yang ingin mencoba wahana air dapat memanfaatkan fasilitas wahana air seperti banana boat, boogie board untuk surfing, dan scuba gear untuk diving.

Selain itu, terdapat persewaan tikar, tempat parkir yang luas, warung makan, toilet, tempat ibadah, dan kamar mandi. Wisatawan juga bisa menikmati keseruan bermain sepeda gunung dan olahraga seperti voli pantai atau sepak bola.

Berwisata ke Banten tidak perlu khawatir dengan destinasi wisata. Berkunjung ke pantai Florida ini, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik duduk di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin dan menenangkan pikiran dengan mendengarkan deru ombak.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button