Pantai Dewi Mandapa, pantai indah di Pesawaran dengan hutan bakau yang mempesona - WisataHits
wisatahits

Pantai Dewi Mandapa, pantai indah di Pesawaran dengan hutan bakau yang mempesona

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Dewi Mandapa salah satu tujuan wisata populer di Pesawaran, Lampung menyajikan panorama pohon mangrove yang indah. Warna air yang indahpulau cinta dan dermaga asmara menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gebang, Kecamatan. Lapangan Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Pantai Dewi Mandapa merupakan salah satu yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Terletak di Lampung, pantai ini seolah memiliki keindahan alam yang tidak akan mengecewakan masyarakat. Untuk memukau siapa pun dengan keindahannya.

Memiliki air yang biru jernih seolah menjadi ikon terpenting Dewi Mandapa. Apalagi birunya laut juga berbenturan dengan hijaunya pepohonan hutan mangrove yang sengaja ditanam di kawasan pantai. Kombinasi ini menunjukkan kesempurnaan pantai ini dengan cara tertentu.

Seolah belum puas dengan keindahannya, ada sebuah pulau bernama pulau cinta di tengah pantai ini. Dibentuk oleh tumpukan pasir putih, pulau ini memiliki bentuk hati yang menjadi nenek moyang dari nama Cinta.

Atraksi Pantai Dewi Mandapa

Objek Wisata Pantai Dewi MandapaKredit gambar: Twitter Yandhie GBC

Pantai Dewi Mandapa cocok sebagai referensi liburan keluarga saat berkunjung ke Lampung. Tampilan birunya air laut yang begitu jernih dan hijaunya pepohonan di hutan mangrove seakan memberikan gradasi warna yang menakjubkan. Hal inilah yang membuat kawasan pantai ini menjadi tujuan wisata yang sering dikunjungi banyak wisatawan.

1. Dermaga Romantis

Dermaga ini merupakan primadona Dewi Mandapa. Seperti namanya, Pier Asmara seolah memberikan suasana romantis dengan aksen kayu yang begitu khas. Wisatawan akan menemukan banyak hutan bakau di sekitar dermaga dan menutupi hampir seluruh tepi dermaga.

Untuk menikmati keindahan Dermaga Asmara, setiap orang harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000.00. Dermaga ini bisa dijadikan salah satu spot foto paling Instagramable. Kunjungi tempat ini pada pagi atau sore hari. Hal ini untuk menghindari paparan sinar matahari yang terik.

2. Hamparan mangrove

Hal selanjutnya yang tak kalah indah dari Dermaga Asmara adalah pepohonan di hutan mangrove. Sebagian besar wilayah pesisir ditanami mangrove. Selain membantu pantai mencegah abrasi, tanaman mangrove juga menjaga kebersihan udara di sekitarnya.

Berkunjung ke hutan mangrove saat mengunjungi Dewi Mandapa bersama keluarga akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki anak. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara mendidik anak sejak dini. Betapa pentingnya melestarikan alam dengan menanam mangrove.

3. Pesona Pulau Cinta

Daya tarik utama dari pantai ini tidak lain adalah Pulau Cinta. Pulau ini menjadi destinasi foto terpopuler selain Dermaga Asmara. Sesuai dengan namanya, pulau ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk hati. Pantai ini terbentuk secara alami dan masih ada sampai sekarang.

Pasti banyak wisatawan yang mengabadikan momen saat berkunjung ke pulau cinta tersebut. Foto diambil dari samping yang seolah memperlihatkan keindahan pulau ikonik Dewi Mandapa ini. Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan Pulau Cinta, Anda bisa menyeberangi jembatan kayu yang telah disediakan.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Dewi Mandapa

Alamat Pantai Dewi MandapaKredit gambar: Twitter pegipegiyuk

Pantai romantis ini terletak di kota Bandar Lampung. Tepatnya berada di Desa Gebang yang merupakan bagian dari Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Sebelum memasuki kawasan Dewi Mandapa, wisatawan akan melewati Pantai Sari Ringgung. Tidak hanya itu, Anda juga akan melewati Dermaga Ketapang.

Akses darat untuk menuju lokasi pantai masih dalam kondisi baik. Wisatawan yang datang dari luar Lampung bisa membawa kendaraan pribadi berupa kendaraan roda empat. Pengunjung dapat melewati Jalan Laksmana RE Martadinata dari Bandar Lampung.

Untuk sampai ke destinasi ini, wisatawan harus menempuh jarak 26 kilometer dari kota Bandar Lampung dengan perkiraan waktu satu jam. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Dewi Mandapa akan mempengaruhi waktu tempuh. Bisa lebih cepat atau lebih lambat.

Pantai ini dikenal banyak orang berkat keindahan Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Jumlah pengunjung dipastikan akan meningkat saat musim liburan, seperti akhir semester atau peringatan hari raya. Untuk itu, wisatawan harus bisa memperkirakan waktu keberangkatan agar tidak terjadi antrian.

Harga Tiket Masuk Pantai Dewi Mandapa Lampung

Harga Tiket Masuk Pantai Dewi Mandapa LampungKredit gambar: Twitter Pengemas pabrik kopi

Pantai Dewi Mandapa menetapkan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang untuk wisatawan yang berkunjung. Beberapa fasilitas juga dikenakan tarif, seperti layanan parkir dan wisata ke Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Tarif yang dibandrol juga berbeda antara weekday tour dan hari libur atau hari libur bank.

Saat hari libur atau pesta besar, layanan parkir akan jauh lebih mahal dari hari-hari biasa. Selama liburan, petugas parkir memungut biaya parkir sebesar Rp 15.000 untuk sepeda motor dan Rp 50.000 untuk mobil. Sedangkan pada hari biasa hanya Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 30.000 untuk mobil.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Dewi Mandapa

Aktivitas Seru di Pantai Dewi MandapaKredit gambar: Twitter chi einstein

1. Berkemah di dekat pantai

Menikmati gaya camping di pinggir pantai akan menjadi aktivitas yang mengasyikkan bagi pengunjung untuk dilakukan bersama keluarga atau teman. Anda bisa menggunakan Pantai Dewi Mandapa sebagai tempat camping bersama. Anda bisa menyewa perlengkapan camping yang disediakan pengelola pantai dengan biaya Rp100.000 per tenda per malam.

2. Menikmati keindahan matahari terbenam

Menikmati fenomena sunset adalah hal yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke pantai, apalagi pantai. Pengunjung bisa menikmati sunset di sore hari sambil bersantai. Jangan lupa untuk berfoto sambil menikmati fenomena sunset.

3. Berenang di dekat pantai

Dewi Mandapa masih termasuk dalam kategori pantai yang aman digunakan sebagai tempat pemandian. Wisatawan bisa berenang di sekitar pantai menikmati pemandangan indah perairan pantai di sekitarnya. Tetap ikuti aturan renang yang berlaku agar tetap aman dan nyaman.

4. Snorkeling

Aktivitas Seru di Pantai Dewi MandapaKredit gambar: Twitter Earth Hour Bandar Lampung

Pengelola menawarkan fasilitas persewaan snorkeling bagi pengunjung yang menikmati aktivitas ini. Untuk single snorkeling, pengunjung akan dikenakan biaya sewa peralatan sebesar Rp 40.000,00 per hari. Wisatawan dapat menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan kecil di perairan pantai ini.

5. Perburuan Foto Keren

Pantai Dewi Mandapa memiliki tempat yang wajib dan wajib dikunjungi oleh pengunjung yaitu Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto. Hamparan mangrove di sekitar pantai bisa menambah kesan estetis pada foto.

6. Pendidikan mangrove

Kegiatan ini sangat cocok untuk anak-anak usia sekolah dasar. Tidak hanya saat liburan, tapi juga bisa saat kuliah. Pembelajaran sederhana tentang mangrove ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka. Anda dapat menjelaskan pentingnya mangrove bagi wilayah pesisir.

Akomodasi Murah Terdekat ke Dewi Mandapa

OYO 3994 Wisma AmaliaKredit gambar: Twitter Booking.com

1. OYO 3994 Wisma Amalia

Menginap di hostel ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda selama menginap di Dewi Mandapa. Terletak di Jalan H. Umar, hostel ini menawarkan fasilitas berupa layanan lengkap 24 jam, Wi-Fi. Room service yang ramah dan teliti juga sangat membantu wisatawan yang menginap di OYO 3994 Wisma Amalia.

2. Wisma Penggali Pahoman Waroeng

Hostel ini direkomendasikan oleh banyak wisatawan yang pernah mengunjungi Dewi Mandapa. Interiornya hampir seluruhnya terbuat dari kayu, yang memberikan nuansa tradisional pada hostel ini. Pelayanan yang ramah dengan kamar yang selalu bersih namun banyak wisatawan yang memilih hostel ini.

3. Rumah Granada

Rumah Delima terletak di lokasi yang strategis, tepatnya di Jalan Amir Hamzah. Terlihat begitu sederhana dari luar, siapa sangka fasilitas yang ditawarkan cukup mewah dan memadai. Sejumlah fasilitas juga disediakan mulai dari tempat parkir mobil, Wifi dan kamar dengan AC.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Dewi Mandapa

Fasilitas Pantai Dewi MandapaKredit gambar: Twitter Universitas Malahayati

Fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung di Pantai Dewi Mandapa cukup lengkap. Dari tempat parkir yang luas, disediakan persewaan alat snorkeling atau camping. Tarif yang dikenakan tetap dalam batas wajar dan dapat dianggap terjangkau.

Daerah di sekitar pantai ini juga memiliki banyak restoran, warung dan restoran mini jika wisatawan merasa lapar. Toilet umum juga dapat dengan mudah ditemukan di area sekitar pantai. Fasilitas tersebut tentu saja sengaja disediakan untuk membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan senang.

Fasilitas gratis yang tak kalah menarik untuk dinikmati, yaitu pepohonan di hutan mangrove. Keindahan hutan bakau menjadi ciri khas Dewi Mandapa sendiri. Pepohonan mangrove yang rimbun ditanam di sekitar pantai membuat pantai ini terlihat alami dan asri. Penanaman mangrove bertujuan untuk mencegah abrasi pantai.

Objek wisata Pantai Dewi Mandapa di Pesawaran bisa menjadi pilihan Anda sebagai destinasi liburan keluarga atau kantor. Dengan biaya yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai romantis yang memiliki pesona pulau cinta dan dermaga Asmara ini. Bisa dipastikan Anda akan merasa nyaman menghabiskan waktu liburan di destinasi ini sendirian.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button